PKB Desak Polri Usut Dugaan Aliran Narkoba untuk Pemilu 2024

PKB minta jangan ada penjahat narkoba di politik

Jakarta, IDN Times - Bareskrim Polri menemukan adanya dugaan aliran dana penjualan narkoba mengalir ke Pemilu 2024. Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid, meminta Polri segera usut dugaan tersebut.

"Segera diusut dan ditindak saja, sebab kalau diumumkan ada indikasi dan lain-lain, malah para penjahat narkoba akan mengantisipasi denga cara lebih rapi. Kejahatan yang terorganisir akan dapat mengalahkan kebaikan yang tidak diorganisir," ujar Jazilul kepada IDN Times, Jumat (2/6/2023).

Baca Juga: Bawaslu Gandeng Penegak Hukum Usut Dugaan Dana Narkoba untuk Pemilu

1. Berbahaya bila penjahat narkoba masuk permainan politik

PKB Desak Polri Usut Dugaan Aliran Narkoba untuk Pemilu 2024Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid angkat bicara terkait kabar PKB yang sedang menjalin komunikasi untuk berkoalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (IDN Times/Siti Nurhaliza).

Jazilul mengatakan, akan berbahaya bila penjahat narkoba masuk permainan politik. Karena itu, PKB mendesak Polri agar segera menangani kasus tersebut.

"Tolong tindak tegas bila ada kader atau caleg PKB yang terlibat peredaran narkoba. PKB tidak memberikan toleransi," kata dia.

Baca Juga: Polri Temukan Indikasi Dana Hasil Peredaran Narkoba untuk Pemilu 2024

2. Polri menemukan indikasi dana hasil peredaran narkoba digunakan untuk Pemilu 2024

PKB Desak Polri Usut Dugaan Aliran Narkoba untuk Pemilu 2024ilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Narkoba Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menemukan indikasi dana hasil peredaran gelap narkoba untuk kontestasi Pemilu 2024.

Wakil Direktur Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Kombes Jayadi, menyebut, indikasi itu muncul dari hasil penyidikan terhadap anggota legislatif di beberapa daerah yang ditangkap terkait peredaran narkotika.

“Dari hasil penangkapan yang dilakukan jajaran terhadap anggota legislatif di beberapa daerah, diduga akan terjadi penggunaan dana dari peredaran gelap narkotika untuk kontestasi elektoral 2024,” kata Jayadi.

3. Bareskrim Polri bakal gandeng PPATK

PKB Desak Polri Usut Dugaan Aliran Narkoba untuk Pemilu 2024Ilustrasi Gedung Mabes Polri (polri.go.id)

Bareskrim Polri masih mendalami indikasi aliran uang hasil peredaran narkoba untuk dana politik tersebut. Jayadi menambahkan, pihaknya bakal menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) untuk mendalami kasus ini.

“Jika datanya sudah akurat dan fakta hukum ada baru kita kordinasi,” ujar Jayadi.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/s9Xp0obDsrA

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya