Profil Kaesang, Putra Bungsu Jokowi yang Kini Gabung PSI

Kaesang lahir di Solo

Jakarta, IDN Times - Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep resmi bergabung ke Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang Pangarep, menjelaskan alasannya lebih memilih untuk bergabung menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ketimbang PDI Perjuangan. Menurut dia, PSI adalah partai yang diisi oleh anak-anak muda yang memiliki kompetensi dan semangat daya juang bagus.

"Waktu itu saya sempat mikir, kenapa gak diseriusin aja sekalian. Jadi, saya sudah berkomitmen dan memantapkan hati untuk berjuang bersama PSI," ujar Kaesang di depan rumah Jokowi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga: Respons Ganjar Pranowo soal Kaesang Gabung PSI

1. Profil Kaesang

Profil Kaesang, Putra Bungsu Jokowi yang Kini Gabung PSIKaesang Pangarep usai menerima KTA dari PSI. (IDN Times/Larasati Rey)

Dilansir dari laman resmi Kepustakaan Presiden, Kaesang lahir di Solo, pada 25 Desember 1994.

Kaesang sejak SMA sudah menempuh pendidikan di Singapura yakni Anglo-Chinese School International. Setelah lulus SMA, Kaesang melanjutkan kuliah di Singapore Institute of Management University.

Sejak masih kuliah, Kaesang aktif di media sosial. Dia juga sempat memiliki akun YouTube. Selain itu, Kaesang juga memiliki sejumlah bisnis usaha.

Baca Juga: Kaesang Resmi Gabung PSI, Deddy PDIP: Hanya Jadi Anggota, Gak Pantes

2. Kaesang mengaku memiliki kesamaan dengan PSI

Profil Kaesang, Putra Bungsu Jokowi yang Kini Gabung PSIPenyerahan KTA PSI Kaesang Pangarep di kediaman Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Kaesang mengaku memiliki kesamaan dengan PSI, yaitu ingin anak-anak muda lebih banyak terlibat di sektor publik. Apalagi setiap pemilu, anak muda hanya dijadikan obyek pasif. 

"Kami mau mereka menjadi objek aktif. Karena biar bagaimana pun masa depan Indonesia untuk anak muda Indonesia," tutur dia. 

Keputusan Kaesang akhirnya terjun ke politik praktis mengikuti rekam jejak sang kakak, Gibran Rakabuming Raka, dan kakak iparnya, Bobby Nasution. Namun, bedanya Gibran dan Bobby memilih maju menjadi kepala daerah dengan diusung PDIP. Sementara, Kaesang adalah anggota keluarga pertama Jokowi yang memilih bergabung di partai yang berbeda. 

3. PSI yang mendaftarkan Kaesang menjadi anggota

Profil Kaesang, Putra Bungsu Jokowi yang Kini Gabung PSIPenyerahan KTA PSI Kaesang Pangarep di kediaman Presiden Jokowi. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut Kaesang mengaku bukan ia yang mendaftar ke PSI menjadi kader. Sebaliknya, PSI yang mendaftarkan Kaesang menjadi anggota. 

"Didaftarkan (jadi anggota)," ujar Kaesang. 

Ketika ditanya kapan didaftarkan oleh PSI, justru yang memberikan respons adalah Wakil Menteri ATR, Raja Juli Antoni. Kini ia menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pembina PSI. 

"Sekitar satu minggu yang lalu (didaftarkan)," kata Raja yang berdiri di samping Giring di lokasi yang sama. 

Dalam kesempatan itu, Kaesang juga mengaku sempat meminta restu kepada Jokowi sebelum bergabung ke PSI. Namun, ia mengatakan, tidak ada pesan khusus dari Presiden RI itu. 

"Minta restu si pasti. Tapi, Beliau kan sibuk banget. Mentok-mentok dapat (waktu bicara) lima menit," katanya. 

Sementara, ketika mengirimkan pesan teks kepada sang kakak, Gibran, justru tidak direspons. 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya