Safari Ramadan di Jakarta Timur, AHY Bicara Peningkatan UMKM-SDM

AHY singgung program Bidikmisi era SBY

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan safari Ramadan 1444 H/2023 M, di Pendopo HMS, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (27/3/2023). Dalam acara itu, AHY bicara mengenai peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menurut AHY, UMKM merupakan kekuatan ekonomi nyata masyarakat yang memberikan kontribusi sebesar 60 persen terhadap ekonomi nasional.

"Saya berharap seluruh kader Demokrat, baik di Jakarta maupun di seluruh pelosok Tanah Air terus membina pelaku UMKM, agar ekonomi kita semakin kuat. Kita tahu, dampak pandemik COVID-19 masih dirasakan di sana sini," ujar AHY dalam keterangannya.

1. AHY bicara soal peningkatan SDM

Safari Ramadan di Jakarta Timur, AHY Bicara Peningkatan UMKM-SDMKetua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono melakukan safari Ramadan (dok. Partai Demokrat)

Dalam kesempatan itu, AHY juga berbicara mengenai peningkatan sumber daya manusia (SDM). Dia menerangkan, salah satu peningkatan SDM dengan cara memberikan pendidikan yang baik bagi generasi muda.

"Dengan demikian, semacam program beasiswa Bidikmisi, sekarang namanya KIP akan terus dilanjutkan. Semangatnya adalah memberikan akses seluas-luasnya kepada generasi bangsa untuk menempuh pendidikan tinggi," ucap dia.

"Melalui program Bidikmisi, kita berhasil meningkatkan jumlah penerima beasiswa dari 6,3 juta pada 2005 menjadi 11,3 juta pada 2013. Kita tahu, kebodohan adalah sumber dari kemiskinan. Kita tak ingin ada yang miskin dan bodoh di negara kita. Indonesia untuk semua, tidak boleh hanya untuk satu gelintir kelompok saja," sambung AHY.

Bidikmisi merupakan program beasiswa untuk mahasiswa yang kurang mampu di era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca Juga: Demokrat Ngotot Ingin AHY Jadi Cawapres Anies, Nasdem: Ini Bukan Utang

2. Ada 2.400 UMKM binaan Partai Demokrat se-DKI Jakarta

Safari Ramadan di Jakarta Timur, AHY Bicara Peningkatan UMKM-SDMKetua DPD DKI Jakarta Partai Demokrat, Mujiyono (dok. Partai Demokrat)

Dalam kesempatan itu, Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono, mengatakan ada 2.400 UMKM binaan partainya se-DKI Jakarta. Dia berharap, UMKM yang tergabung bisa meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

"Ada 2.400 UMKM Binaan Partai Demokrat Jakarta yang selalu konsisten membantu kami di setiap wilayah seperti membranding Demokrat Bina UMKM sejak pandemik COVID-19 lalu, terlibat aktif dalam KTA-nisasi dan sebagainya. Alhamdulillah, ada 50 UMKM skala rumah tangga yang sekarang mendapat penghargaan dari Ketum AHY," ujar Mujiyono.

Baca Juga: Anies Ditanya soal Kedekatan dengan AHY: Selalu Dekat di Hati

3. Demokrat sudah bantu lebih dari 7 ribu mahasiswa mendapatkan program Bidikmisi di Jakarta

Safari Ramadan di Jakarta Timur, AHY Bicara Peningkatan UMKM-SDMKetua DPD DKI Jakarta Partai Demokrat, Mujiyono (dok. Partai Demokrat)

Di depan AHY, Mujiyono menyampaikan DPD DKI Jakarta Partai Demokrat telah membantu lebih dari 7 ribu mahasiswa kurang mampu untuk mendapatkan program Bidikmisi.

"Dalam kick off Safari Ramadan 1444 H ini, mas Ketum AHY juga memotivasi generasi bangsa untuk mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, termasuk kepada 600 mahasiswa Bidikmisi perwakilan yang ada di Jakarta Timur ini. Kualitas SDM selalu menjadi prioritas kami agar bangsa ini bisa bersaing dengan bangsa lain ke depannya," ujar dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya