TPN Ganjar: MKMK Pulihkan Kepercayaan Publik ke MK

Belakangan ini MK dinilai bikin langit hukum RI gelap

Jakarta, IDN Times - Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid mengapresiasi Majelis Kehormatan Mahakaman Konstitusi (MKMK) yang memutuskan Anwar Usman dicopot dari jabatannya sebagai Ketua MK. Arsjad mengatakan, putusan itu mengembalikan kepercayaan publik terhadap MK.

"MKMK telah memulihkan kembali trust atau kepercayaan kepada MK. Semoga MK akan bisa benar-benar menjadi the guardian of the constitution, penjaga konstitusi. Semoga MK bisa menjadi harapan kita semua dalam menjamin pemilu dan pilpres yang jujur dan adil," ujar Arsjad dalam konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Arsjad mengatakan, dalam beberapa pekan terakhir, MK telah membuat langit hukum Indonesia ditutupi awan hitam. Dia menyebut, MK di bawah kepemimpinan Anwar Usman telah menginjak-injak konstitusi.

"Dalam beberapa minggu terkahir ini, kami merasa bahwa awan hitam menutupi langit hukum di negara kita," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Arsjad berharap Anwar Usman dipecat dari Hakim Konstitusi, sehingga Anwar tak lagi berada di lingkungan MK.

"Kami sebetulnya berharap agar MKMK memutuskan Ketua MK Anwar Usman bukan hanya diberhentikan sebagai Ketua MK, tetapi diberhentikan juga sebagai hakim MK," kata dia.

Baca Juga: Ketua MK Anwar Usman Dicopot karena Terbukti Lakukan Pelanggaran Etik 

Topik:

  • Rochmanudin
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya