Usai Anies-Cak Imin Deklarasi, Elektabilitas Prabowo Menurun di Jatim

Anies naik meski di bawah Ganjar dan Prabowo

Jakarta, IDN Times - Politika Research and Consulting (PRC) menyampaikan hasil survei elektabilitas tiga bakal calon presiden (capres), Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di Jawa Barat.

Survei dilakukan untuk mengetahui elektabilitas ketiganya setelah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) deklarasi menjadi pasangan capres-cawapres untuk Pemilu 2024.

PRC melakukan survei di 38 provinsi pada 7-12 September 2023 dengan melibatkan 1.200 responden. Margin of error dalam survei itu sekitar 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Ganjar Beberkan Visi Misi, Ada 7 Program Kunci Bangun Indonesia

1. Ganjar stabil di Jatim meski ada deklarasi Anies-Cak Imin

Usai Anies-Cak Imin Deklarasi, Elektabilitas Prabowo Menurun di JatimBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Dalam survei PRC, elektabilitas Ganjar Pranowo masih unggul meski deklarasi Anies-Cak Imin digelar di Jawa Timur. Elektabilitas Ganjar berada di 40 persen.

"Survei yang kami lakukan menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo masih mengungguli (Prabowo) Subianto dan Anies Baswedan," ujar Direktur Eksekutif PRC, Rio prayogo, dalam keterangannya, Minggu (17/9/2023).

Rio mengatakan, elektabilitas Ganjar stabil. Sebab, dari April 2023 angkanya 40,8 persen dan kini menjadi 40,4 persen.

Baca Juga: Andika Perkasa Merapat ke Ganjar, Agum Gumelar: Gak Masalah

2. Elektabilitas Prabowo turun

Usai Anies-Cak Imin Deklarasi, Elektabilitas Prabowo Menurun di JatimPrabowo Subianto (IDN Times/Aryodamar)

Dalam survei itu, elektabilitas Prabowo malah menurun. Menurut Rio, elektabilitas Prabowo turun dari 40,5 persen menjadi 32,3 persen.

Sedangkan, Anies Baswedan elektabilitasnya naik signifikan dari 14 persen menjadi 18,3 persen.

Baca Juga: Elektabilitas Anies Naik Tipis usai Deklarasi, Ganjar Masih Unggul

3. Elektabilitas Anies naik

Usai Anies-Cak Imin Deklarasi, Elektabilitas Prabowo Menurun di JatimBacapres dari Koalisi Perubahan untuk Indonesia, Anies Baswedan saat wawancara khusus di acara Real Talk with Uni Lubis, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Sementara itu, elektabilitas Anies Baswedan naik. Meski demikian, elektabilitas mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu masih di bawah Ganjar dan Prabowo.

"Sementara Anies Baswedan yang di April berada di angka 14 persen, kini meningkat menjadi 18,3 persen. Dalam waktu seminggu saja terjadi kenaikan sebesar 4,3 persen," kata dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/VoUtpv3-4tA

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya