Elektabilitas Menurun Usai Deklarasi, Anies Akui Tak Ambil Pusing

Tak terpaku pada hasil survei, Anies fokus mewadahi aspirasi

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan mengatakan tidak ambil pusing soal perolehan elektabilitas berdasarkan hasil survei yang belum mampu menyaingi Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di wilayah Jawa Timur.

"Kami yang penting menjangkau, bertemu, silaturahim, dan memberikan penjelasan soal tujuan pada semua masyarakat. Angka-angka itu kan bisa gonta-ganti," ujar Anies di acara Sidosermo Bersholawat Dalam Rangka Maulid Akbar Sekaligus Haul Assayyid Sulaiman Mojoagung Jombang di lingkungan Pondok Sidosermo, Surabaya, dilansir dari ANTARA, Selasa (3/10/2023).

1. Soal hasil survei, Anies tak ambil pusing sudah pengalaman sejak Pilkada Jakarta

Elektabilitas Menurun Usai Deklarasi, Anies Akui Tak Ambil PusingBacapres-bacawapres Anies-Cak Imin menyambangi kantor DPP PKS (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Anies mengatakan, sering kali dirinya mendapatkan pertanyaan soal perolehan elektabilitas pada tabel survei untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya, survei merupakan kondisi atau potret angka yang terjadi sebelum berlangsungnya agenda konstelasi politik.

"Sementara pemilu itu potret di tanggal 14 Februari, surveinya boleh naik turun," ucapnya.

Perolehan elektabilitas pada hasil survei Pilpres 2024 disebutnya sama ketika dirinya mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Pengalaman kami ketika Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta tidak ada satu survei pun yang pernah menempatkan kami nomor dua, apalagi nomor satu, semuanya menempatkan nomor tiga," ucapnya.

"Apakah benar hasilnya seperti itu? Ternyata tidak," lanjutnya.

Baca Juga: Ini Respons Jokowi Usai Dikritik Anies soal Proyek Strategis Nasional

2. Hasil survei LSI: elektabilitas Anies alami penurunan pascadeklarasi berpasangan dengan Cak Imin

Elektabilitas Menurun Usai Deklarasi, Anies Akui Tak Ambil PusingAnies Baswedan bersama Muhaimin Iskandar (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA terbaru menunjukkan bahwa elektabilitas Anies Baswedan mengalami penurunan setelah mendeklarasikan diri berpasangan dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (Anies-Muhaimin alias AMIN).

"Anies elektabilitasnya justru turun pasca-deklarasi memilih Cak Imin sebagai cawapres," ujar Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam tayangan rilis survei secara daring dipantau melalui kanal YouTube LSI DENNY JA OFFICIAL, Jakarta, Senin (02/10/2023).

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 4--12 September 2023 dengan menggunakan metodologi multi-stage random sampling dengan teknik wawancara tatap muka dan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan terhadap 1.200 responden dengan margin of error sekitar 2,9 persen.

Dia memaparkan elektabilitas Anies sebesar 19,7 persen dari survei yang dilakukan pada Agustus kemudian mengalami penurunan sebesar 5,2 persen, sehingga menjadi 14,5 persen pada survei September setelah mendeklarasikan Cak Imin sebagai bakal cawapres-nya.

3. Elektabilitas Anies di urutan ketiga dalam perolehan survei di Jawa Timur

Elektabilitas Menurun Usai Deklarasi, Anies Akui Tak Ambil Pusinghttps://www.idntimes.com/news/indonesia/muhammad-ilman-nafian-2/survei-smrc-anies-keok-bila-prabowo-dan-ganjar-maju-jadi-capres

Sementara, hasil survei dari Indikator Politik Indonesia yang sudah rilis menempatkan Anies Baswedan berada di urutan ketiga dalam urusan perolehan elektabilitas di Jawa Timur dengan persentase 14,4 persen, melalui simulasi tiga nama.

Elektabilitas Anies berada di bawah bakal calon presiden Ganjar Pranowo dengan 43,9 persen dan Prabowo Subianto dengan 33,8 persen. Sedangkan sebanyak 8,0 persen menyatakan tidak memilih atau tidak menjawab.

Survei tersebut dilakukan mulai tanggal 14-20 September 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 1.810 orang. Survei ini menggunakan metode simple random sampling, dengan margin of error sekitar 2,4 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Anies menyatakan tak mau terpaku pada hasil survei, melainkan ingin fokus bersama Muhaimin Iskandar dan para jajaran partai di Koalisi Perubahan untuk mewadahi aspirasi rakyat dan menyusun langkah pemenangan di Pilpres 2024.

Baca Juga: Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar Naik, Prabowo dan Anies Turun

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya