Jelang Pemilu 2024, Ma'ruf Amin Tegaskan Aparat Negara Harus Netral

Wapres minta jajarannya mengedepankan kepentingan rakyat

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, meminta seluruh jajarannya untuk bersikap sesuai aturan dan tetap mengedepankan kepentingan rakyat, bukan kelompok. Seruan itu diutarakan Ma'ruf untuk mengingatkan netralitas aparat negara di pemilu 2024.

“Kita mengajak semua jajaran yang terlibat soal Pemilu untuk bertindak sesuai aturan, bersikap netral, dan tidak memihak kepada siapa pun,” ujar Mar'uf Amin usai menghadiri acara Silaturahim Nasional (Silatnas) ke-VII Kontak Santri Agribisnis Indonesia (KONSAIN) di Pondok Pesantren Syaichona Cholil Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (24/10/2023).

1. Wapres minta aparat hati-hati, patuhi aturan yang berlaku

Jelang Pemilu 2024, Ma'ruf Amin Tegaskan Aparat Negara Harus NetralIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Dia menegaskan, imbauan tersebut juga berlaku untuk semua aparat yang secara langsung dan tidak langsung bersinggungan dengan Pemilu 2024.

"Juga bagi semua pihak, baik itu pemerintah daerah sampai ke bawah, unsur keamanan, pihak penyelenggara Pemilu, dan pengawasanya bekerja dengan baik dan juga pimpinan partai politik harus berjalan apa yang ditetapkan aturan," jelasnya.

Baca Juga: Demi Pemilu Damai, Wapres Ingatkan Santri Tak Terprovokasi

2. Mar'uf Amin ingatkan capres dan cawapres agar tidak bertindak di luar ketentuan

Jelang Pemilu 2024, Ma'ruf Amin Tegaskan Aparat Negara Harus Netralinstagram/aniesbaswedan

Di sisi lain, Wapres mengingatkan capres dan cawapres yang telah mendaftar dan para pendukung masing-masing kontestan untuk tidak bertindak di luar ketentuan yang berlaku.

“Kemudian juga para kontestannya sendiri dan para relawan supaya juga jangan melampaui batas,” imbau dia.

3. Minta semua pihak berkomitmen agar pemilu berjalan dengan baik

Jelang Pemilu 2024, Ma'ruf Amin Tegaskan Aparat Negara Harus NetralDok. IDN Times

Menurutnya, jika semua pihak mampu berkomitmen pada aturan yang berlaku, maka pemilu akan berjalan baik tanpa ada kecurangan.

“Kalau semua berjalan di atas aturan, saya kira akan berjalan dengan jujur dan adil. Pengawas supaya lebih tegas siapa yg melanggar cepat diberi peringatan. Saya mengajak semua patuh pada aturan main yang telah disepakati,” kata Ma'ruf.

Baca Juga: Moeldoko Beberkan Capaian 4 Tahun Kinerja Jokowi-Ma'ruf

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya