7 Persiapan Krusial Yang Harus Kamu Lakukan untuk Menghadapi MEA

Kawan-kawan Indonesia sudah siap?

Para pemimpin Asean telah sepakat untuk membentuk sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 mendatang. Pembentukan pasar tunggal ini disebut sebagai MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean. Dengan adanya MEA, maka satu negara akan lebih mudah menjual barang dan jasanya ke negara-negara lain yang ada di Asia Tenggara. Tentunya hal ini akan membuat kompetisi semakin ketat. Satu hal yang tak dapat dihindari juga adalah adanya perubahan. Nah, apa langkah yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA tersebut?

1. Semua orang terpacu belajar bahasa Inggris, bahkan sopir taksi sekalipun.

7 Persiapan Krusial Yang Harus Kamu Lakukan untuk Menghadapi MEASumber Gambar: dapurpacu.com

Pertama, semua orang akan terpacu untuk belajar Bahasa Inggris. Dalam rangka memperingati MEA ini, Bahasa Inggris tentunya akan lebih banyak digunakan untuk berkomunikasi verbal. Atau setidaknya memahami Bahasa Inggris tersebut akan memudahkan kita mengartikan informasi yang didapatkan secara visual, misalnya saat melihat produk atau jasa yang dipromosikan dengan Bahasa Inggris. Bahkan sopir taksi yang saya temui kemarin pun mengajak saya berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Saat saya tanya kenapa, dia menjawab bahwa itu dilakukannya untuk mempersiapkan diri dalam ajang MEA yang akan diselenggarakan akhir tahun nanti. Kalau dia tak bisa berbahasa Inggris maka dia akan ketinggalan dengan teman-temannya yang lain yang bisa berbahasa Inggris.

2. Produk-produk luar berpotensi merajai pasar Indonesia.

7 Persiapan Krusial Yang Harus Kamu Lakukan untuk Menghadapi MEASumber Gambar: tigervend.com

Produk-produk dari luar negeri juga akan berpotensi merajai pasar Indonesia. Tak perlu menunggu MEA diresmikan, sekarang saja jika kamu pergi ke supermarket pasti kamu akan melihat banyak produk-produk dengan brand luar yang dijajakan kepada pengunjung.

3. Budaya dalam negeri tertukar dengan budaya luar negeri.

7 Persiapan Krusial Yang Harus Kamu Lakukan untuk Menghadapi MEASumber Gambar: kemlugoid.com

Budaya dalam negeri akan tertukar dengan budaya luar negeri. Indonesia akan menerima dampak dari MEA ini dimana produk atau jasa yang ditawarkan juga membawa budaya dari negara lain tersebut yang masuk ke Indonesia. Sementara itu Indonesia juga demikian, akan mengenalkan budayanya ke negara lain.

4. Koneksi yang terbatas kini menjadi tanpa batas.

7 Persiapan Krusial Yang Harus Kamu Lakukan untuk Menghadapi MEASumber Gambar: dailysocial.com

Dulu koneksi termudah didapatkan hanya sebatas koneksi dalam negeri saja. Tapi jika MEA sudah diresmikan maka semua akan berubah! Koneksi akan menjadi tanpa batas. Antara satu orang  dari dalam negeri dengan orang lain di luar negeri akan lebih mudah  mendapatkan koneksi dengan cepat.

5. Banyak start-up bermunculan.

7 Persiapan Krusial Yang Harus Kamu Lakukan untuk Menghadapi MEASumber Gambar: levoleague.com

Beberapa Start Up juga nantinya akan bermunculan dalam mengembangkan produk atau jasa yang kreatif kepada para customer. Produk atau jasa yang terkesan biasa saja akan bisa disulap menjadi lebih elegan dan kreatif. Industri kreatif ini nantinya akan banyak didominasi oleh dunia muda yang tak mau kalah dengan perkembangan zaman yang terjadi saat ini.

6. Lapangan pekerjaan semakin banyak.

7 Persiapan Krusial Yang Harus Kamu Lakukan untuk Menghadapi MEASumber Gambar: indokerja.com

Banyak start-up, banyak pula lowongan kerja. Sebuah dampak yang bagus untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia. Di sisi lain, lapangan kerja yang banyak juga akan mengurangi angka kriminalitas. MEA memacu para pemilik modal untuk membentuk konsep bisnis yang sederhana atau yang Big Company sehingga bisa memberikan dampak yang signifikan untuk perkembangan Indonesia.

7.  Taraf hidup masyarakat lebih mudah terangkat.

7 Persiapan Krusial Yang Harus Kamu Lakukan untuk Menghadapi MEASumber Gambar: blog.ub.ac.id

Taraf hidup masyarakat dari berbagai kelas, mulai dari kelas bawah, mengenang, dan keatas akan lebih mudah terangkat. Masyarakat lebih mudah mendapatkan penghasilan dan kemampuan yang dimilikinya akan lebih mudah untuk diterapkan dengan baik.

Kamu siap menghadapi MEA? Jika belum, siapkan dirimu mulai dari sekarang!

Topik:

Berita Terkini Lainnya