Salat Jumat di Masjid Nabawi, Anies Terharu Pesan Sang Khatib

Warganet ikut terharu

Jakarta, IDN Times - Calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, yang tengah menuanaikan ibadah haji bersama keluarga, mengaku terharu dengan khutbah yang disampaikan sang khatib, saat salat Jumat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Hal itu diungkapkan Anies melalui akun Instagramnya, aniesbaswedan, Sabtu (8/7/2023). Dalam caption video yang diunggah tersebut, Anies dan jemaah haji yang lain merasa terharu dan mendapat pesan yang menyentuh sebagai bekal menjalankan hidup saat kembali ke Tanah Air.

"Ia tersedak. Kalimatnya terbata-bata. Terhenti. Suara khotib jadi parau, tapi ia paksakan untuk meneruskan khotbahnya. Mungkin mata dan pipinya telah basah. Suasana jamaah jadi haru," tulis Anies mengawali caption di IG-nya.

"Itulah suasana khotbah Jumat di Masjid Nabawi di Madinah Al-Munawarah siang tadi," sambungnya.

Baca Juga: AHY Lepas Keluarga Anies Baswedan Tunaikan Haji, Sempat Bahas Koalisi?

1. Anies mengutip pesan sang khatib

Salat Jumat di Masjid Nabawi, Anies Terharu Pesan Sang Khatib(Instagram/aniesbaswedan)

Dalam unggahan tersebut, Anies mengutip pesan-pesan menyentuh yang disampaikan sang khatib. "Di bawah ini cuplikan pesan-pesan yang menjadikannya terharu dan semua jamaah terbawa dalam suasana yang amat menyentuh," ujar dia.

Berikut kutipan khutbahnya:

Sesungguhnya untuk setiap kedatangan ada kepulangan dan untuk setiap pertemuan ada perpisahan. Begitulah sunnah Allah.

Setelah kami melihat para jamaah haji datang dari segenap penjuru dan negeri yang jauh, supaya mereka menyaksikan sebagai manfaat dan pembelajaran bagi mereka. Bahasa, warna kulit, negara, ras, dan usia mereka berbeda-beda.

Setelah musim haji selesai lalu para tamu Allah yang Maha Rahman berpisah dengan tempat terbaik, tanah suci, tapi hati mereka bergolak dengan perasaan yang mendalam.

Wahai hamba Allah, para jamaah haji itu telah mengucapkan selamat tinggal kepada Baitullah al-Haram, sedang lisan mereka mengucapkan: A‘iduun, aayibun, taaibun, lirabbina hamidun (kita kembali, sebagai hamba yang bertaubat, kita sebagai hamba yang memuji rabb kami).

Kegembiraan yang menghantarkan para haji kembali ke negerinya. Mereka telah menyelesaikan ibadah haji.

Mereka telah “kembali” seperti pada hari ibunya melahirkan mereka. Mereka pulang ke tanah airnya dengan membawa “harta rampasan” yang patut disyukuri dan dipuji, yaitu aib yg ditutupi dan dosa-dosa yang diampuni.

Maka sudah sepatutnya bagi mereka untuk memotivasi diri agar tabah, bertaubat dengan sungguh-sungguh, memperbarui perjanjiannya dengan Tuhan, dan istiqamah dalam ketaatan kepada Allah.

2. Pesan sang khatib menjadi bekal jemaah haji

Salat Jumat di Masjid Nabawi, Anies Terharu Pesan Sang Khatib(Instagram/aniesbaswedan)

Anies menyebut pesan bermakna tersebut menjadi bekal dirinya dan jemaah haji lain, ketika kembali ke Tanah Airnya masing-masing. Ia mengaku tak hanya mendengar dengan telinga, tapi meresap ke dalam kalbu.

"Itulah cuplikan pesan dalam khotbah yang membuat khotib terharu. Jamaah sholat Jumat di Masjid Nabawi yang mayoritas para haji, tidak hanya mendengarkan dengan telinga, kami semua mendengarkan dengan hati," ujar dia.

"Pesan yang disampaikan sepenuh hati oleh khotib itu masuk ke dalam hati setiap pendengarnya. Jadi bekal untuk pulang menempuh hidup pada etape berikutnya di tanah airnya masing-masing," sambungnya.

Baca Juga: Waketum PAN: Pendukung Anies Harusnya Bersyukur karena JIS Diperbaiki

3. Warganet turut terharu

Salat Jumat di Masjid Nabawi, Anies Terharu Pesan Sang Khatib(Instagram/@aniesbaswedan)

Warganet pun turut terharu membaca unggahan Anies. Seperti diunggah pemilik akun @yanisur5276, yang mengaku turut terharu. Dia berharap antrean haji bisa dipercepat.

"Saya pun terharu bacanya pak Anies😭, semoga antrian Haji RI dipercepat hingga kami tidak perlu menunggu puluhan tahun lagi, aamiin🤲🏻," tulisnya.

Sementara, warganet lain ada yang berkomentar politis, dengan memuji sikap Anies yang masih terlihat tenang menunaikan ibadah haji di tengah situasi politik di Tanah Air.

"Bisa setenang ini pak anies ketika karyanya lagi di obrak abriik dan dicari-cari kesalahannya. Bismillah 2024," tulis pemilik akun @jurnaliaditya.

"Saya yang cuma baca caption bapak saja seakan berada di Masjid Nabawi , turut mengaminkan setiap doa yg dipanjatkan disana. Masya Allah.Tabarakallah," timpal warganet lainnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/__KYm7POjd4

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya