Anies dan Tim Kecil Temui SBY di Pacitan, Sodorkan AHY Jadi Cawapres?

SBY akan bahas pemantapan strategi pemenangan

Jakarta, IDN Times - Tim kecil dan bakal capres Anies Baswedan menemui Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudoyono (SBY) di Pacitan, Jawa Timur pada Kamis (1/6/2023). Mereka juga bakal menemui Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Maka tak heran bila muncul dugaan dalam pertemuan itu, SBY bakal melobi Anies agar memilih putranya menjadi bakal cawapres. 

Konfirmasi pertemuan Anies, AHY dan SBY disampaikan oleh Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra. "Iya, betul ada pertemuan hari ini. Ini masih keliling museum (SBY-Ani). Setelah ini, mereka bertemu," ungkap Herzaky kepada IDN Times melalui pesan pendek pada sore ini. 

Ia mengatakan pertemuan SBY, AHY dengan Anies merupakan bagian dari upaya pemantapan strategi pemenangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). "Anies memang intens bertemu dengan Demokrat, NasDem, dan PKS. Untuk penguatan dan pemantapan strategi pemenangan. Pertemuan pada hari ini, juga merupakan bagian dari itu," tutur dia. 

1. PKS bocorkan tiga nama bakal cawapres Anies versi mereka

Anies dan Tim Kecil Temui SBY di Pacitan, Sodorkan AHY Jadi Cawapres?Bupati Situbondo saat bersama Gubernur Khofifah. Instagram.com/Khofifah.ip

Sementara, menurut Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, bakal cawapres Anies saat ini sudah mengerucut kepada tiga nama. Ketiganya yakni Khofifah Indar Parawansa, Ahmad Heriyawan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ia mengatakan nama bakal cawapres yang dipilih oleh Anies tidak akan jauh dari ketiga individu itu. 

Bakal cawapres semakin mengerucut ke tiga nama setelah didiskusikan oleh tim tim kecil di Koalisi Perubahan. "Kemungkinan selalu ada, tapi kalau saya bisa menyebutkan 80 persen tiga orang itu," ungkap Mardani pada 30 Mei 2033 lalu di Jakarta.

Namun, ia tak menampik masih ada kejutan nama tokoh yang dipertimbangkan menjadi bakal cawapres Anies di luar ketiga nama tadi. Tetapi, Mardani enggan membocorkannya ke publik. 

"Perkembangan satu dua hari ke depan tidak menutup kemungkinan ada nama kejutan," tutur dia.

Meski begitu, Mardani menyebut siapapun cawapres yang dipilih harus bisa mendongkrak elektoral dan punya chemistry dengan Anies. "Apapun dia, patokannya saat ini, satu menambah elektabilitas, yang kedua menambah chemistry kerja sebagai dua tunggal," ujarnya.

Baca Juga: PKS Ungkap 3 Nama Masuk Radar Cawapres Anies

2. Pengumuman capres-cawapres Koalisi Perubahan bakal dipercepat

Anies dan Tim Kecil Temui SBY di Pacitan, Sodorkan AHY Jadi Cawapres?Bacapares dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) ketika berada di Yogyakarta. (www.instagram.com/@aniesbaswedan(

Lebih lanjut, Mardani tidak menampik bahwa semula Anies dan cawapresnya bakal diumumkan pada Juli mendatang. Tetapi, pengumuman itu diprediksi bakal dimajukan dan menjadi lebih cepat. Ia pun membantah momentum tersebut lantaran mengintip pengumuman cawapres dari kandidat lain. 

"Kita tidak boleh bergantung, ini Mas Ganjar calonnya siapa, ini Pak Prabowo siapa? Gak ada. Kita yakin saja inilah calon terbaik bagi kita," katanya lagi. 

3. Para ketum Koalisi Perubahan bakal bertemu untuk bahas bakal cawapres Anies

Anies dan Tim Kecil Temui SBY di Pacitan, Sodorkan AHY Jadi Cawapres?Ketua DPP Partai Nasional Demokrat, Sugeng Suparwoto ketika ditemui di NasDem Tower, Jakarta Pusat pada Jumat, (3/2/2023). (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, Ketua DPP Partai NasDem, Sugeng Suparwoto, mengatakan calon wakil presiden yang bakal mendampingi Anies bakal ditentukan dalam waktu dekat. Momentumnya bakal ditentukan usai digelar pertemuan para ketua umum dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). 

Sugeng memastikan pertemuan para ketua umum partai itu akan memutuskan siapa Cawapres yang akan mendampingi Anies. Dia bahkan menyatakan mereka akan langsung mengumumkan namanya.

"Keluar langsung namanya, maka akan ada keputusan," ungkap Sugeng di Sekretariat Perubahan, Jakarta Selatan, pada 30 Mei 2023 lalu.

Sugeng masih enggan mengungkapkan nama-nama yang digodok oleh tim 8 Koalisi Perubahan sebagai cawapres. Menurut dia, sosok cawapres ini jadi bagian dari kejutan.

"Belum ada clue (petunjuk). Nanti kalau ada namanya bukan element of surprise (kejutan)," tuturnya. 

Baca Juga: Soal Cawapres Anies, NasDem: Beberapa Hari Ini akan Ada Surprise

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya