Anies soal Roasting Kiky: Itu Kan Hiburan, Tak Usah Dimasukin ke Hati

Anies kena roasting ketika masih menjabat Gubernur Jakarta

Jakarta, IDN Times - Bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengaku tidak baper usai kena roasting komika Kiky Saputri di program yang tayang di stasiun Trans 7. Justru menurut Anies, program tersebut dianggap tidak lebih dari hiburan belaka. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menganggap program Lapor Pak! yang pernah dia hadiri, lucu dan menimbulkan gelak tawa. 

"Jadi, ketika dulu saya datang ke acara Lapor Pak, itu seru dan lucu memang. Itu sebagai acara hiburan, tidak usah dimasukin ke dalam hati. Namanya hiburan ya kalau kena roasting, biasa saja," ujar Anies di Jember, pada Minggu (29/10/2023). 

Ia mengaku menganut kebebasan berekspresi. Saat ia bersedia hadir di program tersebut, Anies mengaku sudah siap untuk ditanyakan mengenai apapun. 

Ia turut menambahkan tidak pernah membatasi jawaban apapun yang disampaikan oleh orang-orang di program tersebut. Menurutnya, respons yang diberikan tergantung pada pertanyaan yang diajukan. 

"Jadi, tidak boleh dilarang untuk bicara. Itulah prinsip yang saya pegang," kata dia lagi. 

Respons Anies itu sekaligus menjawab tanda tanya publik soal sikapnya usai kena roasting Kiky. Sebab, melalui akun media sosialnya, Kiky mengeluh ketika melempar roasting untuk bakal capres Ganjar Pranowo. Sebab, ketika tayang di stasiun televisi, roasting terhadap Ganjar tidak ditayangkan secara utuh. 

"Hahaha, sudah kuduga. Maafkan, saya ya teman-teman. Next-nya gak usah lagi-lagi dah," demikian cuit Kiky pada 24 Oktober 2023 lalu. 

1. Anies akui ada yang batasi agar scene roasting tidak ditayangkan utuh

Anies soal Roasting Kiky: Itu Kan Hiburan, Tak Usah Dimasukin ke HatiBakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat. (IDN Times/Santi Dewi)
Anies soal Roasting Kiky: Itu Kan Hiburan, Tak Usah Dimasukin ke HatiCuitan Kiky Saputri mengenai roasting Anies Baswedan. (www.twitter.com/@kikysaputri)

Lebih lanjut, Anies akui ada yang pernah menawarkan agar tayangan roasting Kiky tidak sepenuhnya ditayangkan utuh. Tetapi, ia menolaknya. 

"Pernah ada yang mau membatasi. Saya bilang, jangan, tidak usah. Sampaikan apa adanya, dimuat seperti kenyataannya dan biarkan sejarah yang menilai," katanya. 

Pernyataan Anies itu sejalan dengan komentar yang pernah disampaikan oleh Kiky di akun media sosialnya. Kiky memuji Anies karena menolak tawaran dari pihak protokoler yang ingin memotong sebagian scene di tayangan "Lapor Pak" tersebut. 

"Waktu protokolernya minta ke pihak TV ada yang dicut, Beliau dengan tegas bilang 'Gak usah ada yang di-cut. Tayangin aja semua. Ini salah satu bentuk kebebasan berbicara.'" demikian cuit Kiky di akun media sosialnya pada pekan lalu. 

Namun, karena keluhannya terkait materi roasting Ganjar yang tidak ditayangkan secara utuh, Kiky pun kena sasaran kemarahan para pendukung mantan Gubernur Jawa Tengah itu. Bahkan, lantaran memuji Anies, Kiky pun sempat dituduh merupakan pendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. 

Baca Juga: Anies Diundang Jokowi ke Istana, Jubir: Kami Harap Gibran Ikut Diajak

2. Kiky sentil Anies mulai dari program Formula E hingga kena reshuffle Jokowi

Anies soal Roasting Kiky: Itu Kan Hiburan, Tak Usah Dimasukin ke HatiDokumentasi - Anies Baswedan saat bernegosiasi mengenai Formula E di New York pada 2019. (facebook.com/Anies Baswedan)

Salah satu materi roasting Kiky menyentil program balap mobil listrik Formula E. Ketika itu Kiky menyentil kelanjutan dari program Formula E yang digelar di Ancol, Jakarta Utara. 

"Gak mungkin dong, saya gak tahu DKI 1, Bapak Anies Rasyid Baswedan. Nyapanya pun gak bisa dengan cara biasa. Kalau nyapa gubernur tuh gak bisa biasa, Pak Anies Formula E, apa kabar?" tanya Kiky yang langsung disambut tawa penonton termasuk Anies pada 22 November 2021 lalu. 

Anies pun tidak tinggal diam dan merespons roasting Kiky. "Eh, nanti kalau Formula E digelar, pada dateng gak? Dapet (tiket), yang ini juga dapet (tiket), ini gak (dapet tiket)," kata Anies merujuk ke Kiky. 

Materi roasting Kiky lainnya yang cukup menohok ketika ia menyinggung Anies termasuk jajaran menteri yang kena reshuffle Presiden Joko "Jokowi" Widodo di periode pertama. Kiky menyebut sebelum kena reshuffle, Anies sempat ditawari jabatan lain oleh Jokowi. Tetapi, jabatan itu ditolak oleh Anies. 

"Kenapa gak diambil, Pak? Takut ya dipecat dua kali?" tanya Kiky. 

3. Kiky sebut dapat pemberitahuan dari tim Ganjar tak boleh singgung isu Wadas hingga U-20

Anies soal Roasting Kiky: Itu Kan Hiburan, Tak Usah Dimasukin ke Hatiinstagram.com/kikysaputrii

Sementara, melalui akun media sosialnya, Kiky akhirnya membocorkan briefing yang ia dapat dari tim Ganjar ketika tampil di program Lapor Pak. Menurutnya, sejumlah isu tak boleh disinggung oleh Kiky sebagai materi roasting

"Dari tim yang diinfokan yang tidak boleh dibahas (isu) Wadas, (Piala Dunia) U-20, dan keluarga. Maka, saya tidak bahas," ujar Kiky di akun media sosialnya dan dikutip pada Senin (30/10/2023). 

Ia pun menepis bila diinformasikan oleh tim Ganjar tak boleh menyinggung pihak lain. Dalam tayangan tersebut, Kiky sempat menyinggung Gibran Rakabuming Raka yang menyeberang dari PDI Perjuangan ke kubu lain. 

"Nyenggol-nyenggol pihak lain tidak boleh? Kok bit soal Mas Gibran yang nyeberang malah ditayangkan? Sementara, roasting terhadap Beliau malah dicut?" tanya Kiky kepada warganet yang berkomentar di akun media sosialnya. 

https://www.youtube.com/embed/zCl38z3ne2c

Baca Juga: Anies: Tiap Kritik Rakyat Seharusnya Dijawab Data, Bukan Dilaporkan Polisi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya