Bahlil Beri Kode Siap Maju Jadi Ketua Umum Golkar di Munaslub 2023

Bahlil prihatin elektabilitas Golkar tersisa 6 persen

Jakarta, IDN Times - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, memberikan kode ia siap turun ke gelanggang pencalonan ketua umum Partai Golkar, seandainya digelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) pada 2023.

Bahlil mengaku prihatin dengan kondisi elektabilitas Partai Golkar yang terus menurun hingga di angka 6 persen. Padahal, pada 2014 hingga 2019, elektabilitas partai beringin masih ada di angka 12 persen. 

"Sebagai kader Golkar, ketika melihat partainya dalam kondisi yang membutuhkan uluran tangan kader yang merasa bertanggung jawab, saya yakin semua akan punya perasaan itu (siap maju jadi ketua umum). Tapi tetap harus melalui mekanisme yang jelas sesuai aturan main organisasi," ujar Bahlil di kediamannya, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu malam (22/7/2023). 

Bahlil merasa memenuhi syarat seandainya ikut diajukan menjadi calon ketua umum Golkar. Dia mengaku pernah duduk di struktural DPD Golkar di Papua. 

Ia menambahkan keadaan internal Golkar saat ini sudah memasuki lampu kuning. Menurut informasi yang ia dengar, konsolidasi yang sering dilakukan ke daerah masih jauh dari harapan. 

"Pada faktanya, survei Golkar terus turun. Dari semula dua digit, sekarang tinggal 6 persen. Elektabilitas Golkar di Pemilu 2019 ada di angka 13 persen. Tapi tidak pernah 6 persen, bos!" tutur dia. 

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu menjadi orang kedua yang secara terbuka tak menolak bila diajukan menjadi calon ketua umum untuk menggantikan Airlangga Hartarto.

Sebelumya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan, dalam wawancara pada program Rosi yang tayang di stasiun Kompas TV, juga mengaku siap turun gunung untuk diajukan menjadi calon ketua umum Golkar. 

1. Di bawah kepemimpinan Airlangga, Golkar dinilai tak ikut rasakan efek ekor jas dukung Jokowi

Bahlil Beri Kode Siap Maju Jadi Ketua Umum Golkar di Munaslub 2023ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Bahlil menilai seharusnya tingkat elektabilitas Golkar naik, lantaran kader Golkar banyak yang duduk di pemerintahan. Selain itu, tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Joko "Jokowi" Widodo mencapai lebih dari 80 persen. Namun, Golkar tidak ikut kecipratan pengaruh tersebut.

Justru momentum itu, kata Bahlil, dimanfaatkan dengan baik oleh Partai Gerindra dan PDI Perjuangan (PDIP). "Harusnya Golkar juga ikut naik dong. Toh dia juga dukung Jokowi, dengan approval rating di angka 80 persen. Seharusnya berimbas juga ke Golkar. Kenapa yang dapat hanya PDIP dan Gerindra?" tanya dia. 

Bahlil kemudian mengambil contoh Partai Gerindra yang tingkat elektabilitasnya di sejumlah survei berhasil melampaui Golkar. "Itu artinya, dia betul-betul memanfaatkan secara elektoral tingkat kepuasan publik terhadap Pak Jokowi bagi Gerindra. Artinya, dia ngurus itu," katanya. 

Baca Juga: Luhut Tak Menolak jika Diusulkan Jadi Ketum Golkar di Munaslub

2. Luhut bersedia ikut dicalonkan asal tak harus berkelahi dengan Airlangga

Bahlil Beri Kode Siap Maju Jadi Ketua Umum Golkar di Munaslub 2023Sejumlah elite Partai Golkar (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Pernyataan serupa juga sudah lebih dulu disampaikan Luhut dalam wawancara khusus dalam program Rosi. Ia mengakui kondisi internal Golkar sudah gawat, sehingga butuh langkah cepat untuk dibenahi. 

Pria yang menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar itu tak menampik ia dikontak Dewan Pakar Partai Golkar. Dia mengaku didorong untuk maju sebagai ketua umum melalui mekanisme Munaslub. Dewan Pakar menilai Airlangga sudah gagal membawa Golkar menjadi parpol yang lebih besar.

"Mereka memang minta saya (menjadi ketua umum). Mereka (Dewan Pakar) bilang 'bapak majulah sebagai ketua umum Partai Golkar'. Saya bilang, saya sudah tidak pada posisi seperti itu, tapi mereka cerita ini dan itu. Akhirnya, saya bilang lagi silakan saja kalian bikin ini, tapi saya gak mau berkelahi," ungkap Luhut pada 20 Juli 2023. 

Syarat kedua dari Luhut yaitu seandainya Munaslub 2023 benar-benar digelar, ia tak ingin ada permainan politik uang hanya untuk menggulingkan Airlangga dari kursi ketua umum. Ia juga menyebut kekhawatiran situasi Golkar semakin memburuk sudah disampaikan sejak lama. Lebih dari delapan bulan, ia mendengar keluhan-keluhan terkait sikap Golkar yang tidak jelas jelang Pemilu 2024. 

"Jadi, sudah delapan bulanan kita bermasalah seperti ini. Saya berharap, kita bisa cari solusinya," tutur dia. 

Dalam wawancara itu, Luhut pun mengakui Golkar masih tetap dikenal hingga di akar rumput. Namun, ia mengingatkan hal tersebut perlu dirawat dan konstituen harus didatangi. 

"Waktu saya masih menjadi Danrem di Madiun, saya ikut kampanye bersama Golkar. Ketika itu yang suka sama Golkar banyak dan sampai sekarang ke bawah, masih kuat. Tetapi, itu kan perlu dipelihara, didatangi, dan diomongin," ujarnya. 

3. DPP Partai Golkar tak setuju digulirkan Munaslub jelang Pemilu 2024

Bahlil Beri Kode Siap Maju Jadi Ketua Umum Golkar di Munaslub 2023Ketua tim pemenangan koalisi inti dari Golkar, Nusron Wahid (batik kuning, tengah), ketua tim pemenangan koalisi inti dari PKB, Faisol Riza (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar, Nusron Wahid, tak setuju dengan adanya desakan dari sejumlah politisi senior agar segera digelar Munaslub pada 2023. Menurut dia, kepemimpin Golkar di bawah Airlangga belum bisa dibilang gagal, sehingga tidak tepat bila dievaluasi pada tahun ini. 

"Kecuali kalau nanti sudah gagal total itu baru melakukan proses evaluasi. Pintu masuknya ada di evaluasi. Evaluasi kan kalau sudah ada hasil, ini kan waktunya sedang proses. Tinggal kita lihat nanti hasilnya bagaimana," ungkap Nusron kepada media di Jakarta pada 13 Juli 2023.

Nusron menambahkan pencapresan Airlangga masih belum layak dievaluasi. Sebab hingga kini, proses dinamika politik nasional masih terus berjalan.

"Prosesnya kan masih bergulir ya. Soal masalah pencapresan ini masih berkomunikasi kanan kiri sehingga belum waktunya untuk melakukan proses evaluasi itu," tutur dia. 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

 

Baca Juga: Airlangga: Siapapun yang Minat Jadi Ketum Golkar, Tunggu Munas 2024

https://www.youtube.com/embed/v9alPt4aYTk

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya