Bukber di NasDem Tower, Anies-JK-Surya Paloh-Airlangga-AHY Satu Meja

JK sebut tak bahas isu politik saat bukber

Jakarta, IDN Times - Partai Nasional Demokrat menggelar buka puasa bersama di NasDem Tower, Jakarta Pusat pada Sabtu (25/3/2023) malam. Sejumlah petinggi partai politik seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Sekjen Partai Keadilan Sejahtera Aboe Bakar Al-Habsyi, Anies Baswedan, Jusuf "JK" Kalla hingga Ketum NasDem, Surya Palloh terlihat akrab dan duduk di satu meja yang sama. 

Kehadiran Airlangga dan JK di acara bukber tersebut menjadi tanda tanya publik. Sebab, Golkar sudah memberikan sinyal penolakan halus saat sempat diajak oleh PKS untuk merapat ke Koalisi Perubahan. 

Ketika dikonfirmasi, JK menyebut obrolan di meja makan tidak jauh-jauh dari buka puasa dan menyambut Ramadan 1444 Hijriah. "Keadaan ekonomi kita bagaimana ke depan," ungkap JK di NasDem Tower semalam. 

Ia pun menyebut bahwa acara bukber semalam bukan tempat yang pas untuk mendiskusikan mengenai pemilu 2024. Menurutnya, semua petinggi parpol yang memenuhi undangan Surya Paloh, hadir lantaran ingin bersilaturahmi dan berbuka puasa. 

"Kami tidak bicara politik. Itu ada tempatnya juga kalau mau bicara politik," tutur dia. 

Meski begitu JK sempat menjawab soal kriteria yang sesuai untuk dijadikan bakal cawapres bagi Anies Baswedan pada Pemilu 2024. JK mengatakan sosok bakal cawapres yang sesuai adalah yang mampu bekerja sama dengan bakal capres. 

"Cocoknya kalau bisa menambah suara nanti (di pemilu). Itu tergantung dari pandangan Anies dan partai-partai mana yang cocok (sebagai bakal cawapres)," tutur dia. 

Sementara, bila dilihat dari posisi duduk, AHY berada di samping kiri Anies Baswedan. Apakah ini menandakan pula posisi bakal cawapres yang akan diumumkan oleh Anies?

1. AHY akui komunikasi dengan Anies semakin intensif dilakukan

Bukber di NasDem Tower, Anies-JK-Surya Paloh-Airlangga-AHY Satu MejaPertemuan Anies Baswedan dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di rumah Anies, Selasa (21/3/2023). (dok. Partai Demokrat)

Sementara, Agus Harimurti Yudhoyono menyebut alasannya hadir di acara bukber di NasDem Tower lantaran ingin menjalin tali silaturahmi dengan semua tokoh, termasuk bersama Anies Baswedan. Pria yang akrab disapa AHY itu tak menampik usai meneken deklarasi piagam Koalisi Perubahan, komunikasinya dengan Anies semakin intensif. 

"Baik itu komunikasi di hadapan umum, maupun di belakang layar. Sebab, komunikasi yang baik itu didedikasikan untuk membangun visi kebangsaan bersama," ungkap AHY di NasDem Tower. 

Ia menyebut bersama dengan Anies, turut dibahas sejumlah isu yang sedang dihadapi Bangsa Indonesia dan solusinya ke depan. 

Baca Juga: Anies Ditanya soal Kedekatan dengan AHY: Selalu Dekat di Hati

2. Anies-AHY mengaku sejak dulu relasinya sudah dekat

Bukber di NasDem Tower, Anies-JK-Surya Paloh-Airlangga-AHY Satu MejaPertemuan Anies Baswedan dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di rumah Anies, Selasa (21/3/2023). (dok. Partai Demokrat)

Sementara, Anies mengakui relasinya dengan AHY sejak dulu sudah dekat. "Memang begini adanya. Insya Allah selalu dekat di hati," kata dia. 

Saat ditanyakan mengenai penentuan cawapres dari Koalisi Perubahan, AHY menyebut hal itu berada di tangan Anies. Termasuk ketentuan dan kriteria yang dicari dari sosok seorang bakal cawapres untuk memenangkan pemilu 2024. 

"Kami ingin memberikan ruang yang luas kepada calon presiden kami untuk bisa menentukan pasangannya. Ada kriteria-kriteria yang paling diketahui oleh Beliau dan menentukan pada akhirnya," tutur dia. 

Menurutnya, kebersamaan yang dibangun pada hari ini merupakan bagian dan upaya untuk memperkuat ikhtiar tersebut. "Sebab, ada juga butir yang disampaikan saat jumpa pers kemarin bahwa di dalam tiga tim ini ada tim kecil yang diminta untuk membantu memberikan masukan, advice (soal bakal cawapres). Meski keputusan akhirnya ada di capres," ujarnya. 

3. Airlangga ikut hadir di bukber NasDem karena mengenang masa-masa indah saat masih satu parpol

Bukber di NasDem Tower, Anies-JK-Surya Paloh-Airlangga-AHY Satu MejaKetua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto hadir di acara buka puasa bersama pada Sabtu, (25/3/2023) di NasDem Tower. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Sementara, ketika ditanyakan tujuan kehadiran Airlangga di acara bukber semalam, ia mengaku mengenang masa-masa indah ketika Surya Paloh, JK dan dirinya masih tergabung di dalam Partai Golkar. Seperti yang diketahui Paloh kini sudah memimpin Partai NasDem. Ketika masih menjadi kader Golkar, Paloh pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Partai. 

"Jadi kami mengingat masa-masa indah. Dan kami tentu ke depan berharap hubungan Partai Nasdem dan Partai Golkar selalu terjalin," kata Airlangga semalam. 

Airlangga menyampaikan, sebagai salah satu partai tertua, Partai Golkar harus terbuka terhadap seluruh partai yang ada. Menghadiri acara buka bersama Partai Nasdem dan menjalin komunikasi dengan parpol lain merupakan salah satu bentuk keterbukaan Golkar.

"Dan di antara kami tidak merasa ada sekat, walaupun partainya sudah berbeda, tetapi persahabatan terus berjalan. Apalagi di bulan kemenangan, di bulan Ramadhan ini," katanya lagi. 

Baca Juga: Rabu Pon, Airlangga-Surya Paloh Bertemu Bahas Posisi Partai

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya