Cak Imin Ingin Susi Pudjiastuti Jadi Timses AMIN: Sudah Lama Saya Ajak

Susi komentari janji Cak Imin tak impor beras

Jakarta, IDN Times - Bakal calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar mengaku sudah lama membidik mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk bergabung dalam tim suksesnya. Ia sudah mengajak Susi bergabung ke Tim Pemenangan Nasional AMIN.

"Saya sangat berharap. Sudah lama ajak Bu Susi (untuk bergabung). Tapi, masih belum tahu (resposnya). Kami masih tunggu jawabannya," ungkap pria yang akrab disapa Cak Imin itu di Jakarta Pusat pada Jumat (27/10/2023). 

Meski begitu, Cak Imin belum memiliki rencana bertemu Susi dalam waktu dekat. Ia tetap berharap Susi bisa bergabung dan mengusung cita-cita yang diusung oleh AMIN di Pemilu 2024.

"Kami harap Beliau bisa bareng-bareng dengan kami mengusung cita-cita AMIN," kata dia. 

Sebelumnya, Susi sempat menyebut Cak Imin dan Anies Baswedan di media sosial terkait pemberitaan menyangkut janji keduanya soal stok beras. Dalam kunjungan Cak Imin ke Cirebon pada 25 Oktober 2023, ia berjanji tidak akan impor beras dan kebutuhan pangan dalam negeri harus terpenuhi. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menginginkan kemandirian pangan di Tanah Air. 

Apa respons Susi terhadap janji Cak Imin di hadapan para petani itu?

Baca Juga: Cak Imin Janji Berantas Judi Online Bila AMIN Menang di Pilpres 2024

1. Susi ancam tenggelamkan Anies dan Cak Imin jika tetap impor beras seandainya terpilih

Cak Imin Ingin Susi Pudjiastuti Jadi Timses AMIN: Sudah Lama Saya AjakCuitan Susi Pudjiastuti menanggapi janji Cak Imin ke para petani. (www.twitter.com/@susipudjiastuti)

Sementara, melalui akun media sosialnya di platform X, Susi mengancam bakal menenggelamkan Anies dan Cak Imin, seandainya impor beras tetap dilakukan jika keduanya berhasil memenangkan Pemilu 2024.

"Tenane (beneran)? Awas yo kalau janji bohong! Tenggelamkan!" demikian cuit Susi yang dikutip pada Jumat (27/10/2023). 

Cuitan itu direspons langsung oleh Cak Imin di platform X. Momen itu justru kembali digunakan Cak Imin untuk mengajak Susi bergabung ke dalam timses AMIN. 

"Serius dong! Ayo gabung! Kita gas Mbak!" kata Cak Imin. 

Di sisi lain, Anies belakangan ikut merespons dan membela Cak Imin. Ia menjelaskan soal larangan impor beras sudah masuk ke dalam visi misi pasangan yang disebut AMIN itu. 

"Siap! Sudah masuk ke dalam visi-misi nih, Bu. Bareng dengan program lain untuk petani dan nelayan. Pokoknya harus senang, untung, dan bisa menabung," ujar Anies di platform tersebut.

Sayangnya, Susi terkesan masih sulit dibujuk. Di platform tersebut, Susi mengaku tidak percaya dengan janji AMIN. 

"Durung percoyo karo jenengan (Tidak percaya dengan kalian)," demikian tulis Susi dengan memberikan emoji senyum. 

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Sopiri Anies Baswedan, Ajak Keliling Pangandaran

2. Anies temui Susi pada Juli 2023

Cak Imin Ingin Susi Pudjiastuti Jadi Timses AMIN: Sudah Lama Saya AjakEks Menteri KKP, Susi Pudjiastuti ajak Anies Baswedan berkeliling Pangandaran. (Dokumentasi Istimewa)

Anies sudah menyambangi kediaman Susi di daerah Pangandaran, Jawa Barat pada 25 Juli 2023. Susi kemudian menyopori Anies berkeliling Pangandaran. 

Alih-alih menggunakan pendingin udara, Susi memasang dua kipas angin kecil di bagian depan. Ia akan menyalakan kipas itu bila suasana udara di Pangandaran mulai panas. Mobil pikap yang dikendarai Susi pun masih menggunakan sistem manual dan bukan matic. 

Di video itu, Susi juga menyebut sangat peduli dengan isu sampah plastik yang kian menumpuk. Oleh karena itu, Susi selalu membawa botol minum saat bepergian.

"Saya orang yang peduli dengan sampah plastik. Maka ke manapun saya bawa tumbler sendiri. Mau siapapun tamu yang datang," tutur mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu. 

Anies pun salut terhadap sikap konkret Susi mencegah semakin bertambahnya sampah plastik. Namun, tidak dijelaskan apakah di dalam pembicaraan di antara keduanya turut membahas isu capres-cawapres. 

Baca Juga: Sindiran PPP: Sekarang Doa Gak Lagi Amin, Ada Amin yang Geser Gus Dur

3. Tim Pemenangan Nasional AMIN akan dikenalkan ke publik pekan depan

Cak Imin Ingin Susi Pudjiastuti Jadi Timses AMIN: Sudah Lama Saya AjakKetua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar ketika Magelang, Jawa Tengah. (www.instagram.com/@cakiminow)

Selain itu, Cak Imin mengeklaim susunan personel Tim Pemenangan Nasional AMIN masih dalam tahap penyelesaian akhir. Namun, ia tak memerinci nama-nama yang akan bergabung dalam tim pemenangan tersebut.

Ia hanya menargetkan Tim Pemenangan Nasional AMIN bisa rampung pekan depan.

"Pokoknya gak bisa diomongkan sebelum finish. Menyangkut orang dan kerelaan menjadi tim," ujar Prabowo.

Sementara itu, Instagram resmi Partai NasDem mengeluarkan poster yang berisikan rencana pengumuman Kapten Timnas Pemenangan AMIN. Poster itu bertuliskan "Coming Soon, Kapten Timnas Pemenangan AMIN."

https://www.youtube.com/embed/zCl38z3ne2c

Baca Juga: NasDem Akui Susi Pudjiastuti Penuhi Kriteria Jadi Bacawapres Anies

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya