Johnny Plate Tersangka, PKS: Pencapresan Anies Baswedan Terus Jalan

PKS akan tetap fokus pada proses pemenangan capres Anies

Jakarta, IDN Times - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu mengaku turut prihatian dengan penetapan Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat, Johnny G. Plate sebagai tersangka kasus korupsi Base Transceiver Station (BTS). Namun, ia juga memuji sikap Ketum Partai NasDem, Surya Paloh, yang bersikap negarawan dan memilih menghormati proses hukum. 

"Ini sebuah tindakan yang bijak dan Beliau menunjukkan sikap tabah dalam menghadapi ujian yang tengah terjadi di Partai NasDem," ungkap Syaikhu di dalam keterangan tertulis pada Kamis, (18/5/2023). 

Ia pun mengaku yakin dengan sikap negarawan Paloh, maka soliditas Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) tidak akan terpengaruh. "Insya Allah Koalisi Perubahan tetap solid dan fokus pada proses pemenangan calon presiden Anies Baswedan," tutur dia. 

Ia juga memastikan bahwa agenda-agenda Koalisi Perubahan untuk Persatuan akan terus berjalan usai mendeklarasikan Anies sebagai capres di pemilu 2024. "Agenda perubahan dengan mengusung capres Anies Baswedan akan terus berjalan sesuai dengan kesepakatan yang telah dan terus kami matangkan di Koalisi Perubahan," katanya. 

Apa kata Partai Demokrat sebagai anggota lainnya di KPP?

1. PKS doakan NasDem bisa melalui ujian usai Plate ditetapkan jadi tersangka

Johnny Plate Tersangka, PKS: Pencapresan Anies Baswedan Terus JalanKetua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh ketika memberikan pidato. (www.instagram.com/@suryapaloh.id)

Lebih lanjut, Syaikhu mendoakan Partai NasDem bisa melalui ujian dan cobaan yang tengah terjadi. Ia berharap NasDem bisa melalui ujian tersebut dengan proses internal yang baik. 

Sementara, Plate ditetapkan dan langsung ditahan selama 20 hari di rumah tahanan Salemba cabang Kejaksaan Agung pada Rabu, (17/5/2023). Menurut Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus, Kuntadi, pihaknya menetapkan Plate sebagai tersangka usai menemukan cukup bukti bahwa ia diduga terlibat dalam korupsi pembangunan BTS. 

"Berdasarkan hasil pemeriksaan hari ini, setelah kami evaluasi, kami simpulkan telah terdapat cukup bukti yang bersangkutan diduga terlibat di dalam peristiwa tindak pidana korupsi proyek pembangunan infrastruktur BTS 4G paket 1, 2, 3, 4, dan 5," ujar Kuntadi di kantor Kejagung kemarin. 

Baca Juga: Surya Paloh Sempat Tanya Plate 3 Kali soal Keterlibatan di Korupsi BTS

2. Partai Demokrat tetap solid di dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan

Johnny Plate Tersangka, PKS: Pencapresan Anies Baswedan Terus JalanPertemuan Anies Baswedan dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di rumah Anies, Selasa (21/3/2023). (dok. Partai Demokrat)

Sementara, komitmen serupa turut disampaikan oleh Partai Demokrat. Juru bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, mengatakan penetapan status Plate menjadi tersangka tidak berpengaruh sama sekali ke KPP. 

"Proses ini tidak berpengaruh apa-apa terhadap koalisi perubahan. Kami tetap solid, karena modal utama Koalisi Perubahan adalah kesolidan," ungkap Herzaky di dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Kamis (18/5/2023). 

Herzaky menyatakan partainya menghormati proses hukum yang tengah berjalan terhadap Johnny. Demokrat, kata dia, turut mendoakan Johnny dan NasDem agar segera menemukan jalan keluar yang terbaik.

“Kami berempati dan turut mendoakan Bapak Johnny G Plate dan Partai Nasdem agar bisa segera menemukan jalan keluar yang terbaik,” ujarnya lagi. 

3. NasDem tak pecat Johnny G Plate, kedepankan prinsip asas praduga tak bersalah

Johnny Plate Tersangka, PKS: Pencapresan Anies Baswedan Terus JalanMenteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Rabu (17/5/2023). (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan tidak memecat Johnny G. Plate sebagai kader partai tersebut. Bahkan, NasDem, kata Paloh akan memberikan bantuan hukum bagi Plate. 

"Terkait dengan status Johnny Gerald Plate sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai NasDem, Partai NasDem menyatakan bahwa tidak ada pemecatan terhadap yang bersangkutan dengan mengacu pada azas praduga tak bersalah dengan mendalami proses hukum," ungkap Paloh di dalam keterangan pada Kamis (18/5/2023). 

Paloh juga menginstruksikan para kader untuk tidak mudah terprovokasi atas kasus ini.

"Menginstruksikan kepada seluruh kader dan jajaran pengurus di seluruh tingkatan untuk tidak terpancing terhadap segala bentuk provokasi terkait kasus ini," katanya. 

Ia meminta kepada semua kader agar fokus untuk meraih kemenangan pemilu 2024. "Fokuslah pada kerja-kerja organisasi dan politik partai utamanya dalam rangka pemenangan Pemilu 2024 mendatang," tutur dia lagi.

Baca Juga: Mahfud: Penetapan Tersangka Johnny G Plate Berdasarkan Bukti

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya