Jubir Anies Minta Pencawapresan Gibran Dievaluasi Buntut Putusan MKMK 

Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman dicopot

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, mendorong agar partai politik pengusung Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melakukan evaluasi atas penetapan Gibran sebagai cawapres pada Pemilu 2024.

Usulan itu disampaikan usai Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menyampaikan bahwa Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman terbukti melakukan pelanggaran kode etik berat.

Ketua MKMK, Jimly Asshiddiqie menjatuhkan sanksi pemberhentian tidak dengan hormat kepada Anwar dari kursi Ketua MK meski MKMK tidak memecat Anwar sebagai hakim konstitusi.

"Ini kan berarti, seorang hakim MK yang divonis melanggar etika berat oleh MKMK, ya, sudah tidak punya otoritas moral untuk melanjutkan perannya," ujar Sudirman kepada IDN Times melalui pesan pendek pada Selasa (7/11/2023).

Meski Anwar tidak dipecat sepenuhnya dari MK, tetapi menurut Sudirman sudah ada pengakuan dari MKMK bahwa keputusan nomor 090/PUU-XXI/2023 bermasalah.

"Semoga partai-partai pengusung cawapres Gibran segera melakukan evaluasi ulang," tutur dia.

Sudirman menambahkan, putusan MKMK terkesan setengah hati. Hal tersebut jelas melukai rasa keadilan publik.

"Apalagi syarat untuk menjadi hakim MK yaitu seorang negarawan. Orang yang jelas-jelas menggunakan kewenangan publiknya untuk kepentingan pribadi atau keluarganya rasa tidak lagi berhak atas predikat negarawan," ujarnya lagi.

Sementara, Wakil Ketua Komandan Hukum dan Advokasi di Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Fahri Bachmid, menyebut pihaknya belum memiliki rencana untuk melakukan evaluasi terhadap pencawapresan putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu.

"Sampai detik ini, kami tidak ada pemikiran ke arah sana ya. Kami masih belum berpikir tentang langkah-langkah cadangan apapun. Kami masih confirmed bahwa pendaftaran Gibran telah selesai. Kami masih menunggu hasil evaluasi yang akan dikeluarkan oleh KPU dalam beberapa hari ke depan," ujar Fahri di program Gen Z Memilih by IDN Times yang tayang di YouTube pada Selasa malam.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang. 

Baca Juga: Pengganti Ketua MK Anwar Usman Harus Ditentukan dalam Dua Hari

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya