Kaesang Masuk PSI, Cak Imin: Parpol Lain Waspada di Belakang Ada RI 1

"Welcome to the jungle, Mas Kaesang!"

Jakarta, IDN Times - Bakal cawapres dari Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar, mengucapkan selamat kepada Kaesang Pangarep yang ditunjuk sebagai ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pria yang akrab disapa Cak Imin itu menilai, menjadikan putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu sebagai ketum merupakan pilihan yang berani. Bahkan, dalam pandangan Cak Imin, hal tersebut dapat mengubah konstelasi peta politik di Tanah Air. 

"Pertama, tentu saya mengucapkan selamat kepada putra Presiden, Mas Kaesang. Ini akan mengubah konstelasi (politik), tentu saja," ujar Cak Imin di dalam keterangan tertulis, Selasa (26/9/2023). 

Ia mengaku mengenal Kaesang secara pribadi. Adik Wali Kota Solo itu, kata Cak Imin, memang dikenal sebagai sosok yang berani, termasuk dalam berpolitik. 

Cak Imin juga mewanti-wanti parpol lain agar bersikap waspada melihat Kaesang di PSI. Sebab, status Kaesang saat ini adalah putra presiden yang masih berkuasa. 

"Di belakang Mas Kaesang ada Presiden yang tentu di satu sisi, kita ikut bahagia karena politik nasional semakin ramai, dinamis, dan ya kita berdoa. Welcome to the jungle, Mas Kaesang!" tutur dia lagi. 

1. Cak Imin sebut masuknya Kaesang ke PSI jadi hal yang dipertimbangkan parpol lain

Kaesang Masuk PSI, Cak Imin: Parpol Lain Waspada di Belakang Ada RI 1Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar hadir dalam rapat koordinasi Caleg PKB se-Kalimantan Selatan di Tanah Bumbu (dok. PKB)

Di sisi lain, Cak Imin berharap dengan masuknya Kaesang ke politik praktis bisa memberikan warna yang demokratis. Berdasarkan komunikasinya dengan Kaesang, putra bungsu Jokowi itu dikenal humoris dan komunikatif. 

"Saya agak dekat karena terakhir sering ngobrol dengan Mas Kaesang. Maka, selamat berjuang di dunia politik," kata dia. 

Cak Imin menambahkan, dengan masuknya Kaesang ke PSI, bakal menjadi kekuatan tambahan yang patut dipertimbangkan oleh parpol lain.

"Kami semua menyambutnya dengan serius," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Kaesang Jadi Ketum, Pengamat: PSI Partai Anak Muda yang Bapakisme

2. Langkah PSI jadikan Kaesang ketum tak lebih karena ingin gaet pemilih Jokowi

Kaesang Masuk PSI, Cak Imin: Parpol Lain Waspada di Belakang Ada RI 1Pengamat politik sekaligus Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti memprediksi 4 pelanggaran yang perlu diwaspadai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Selasa (10/5/2022). (Youtube/RKN Media).

Sementara, menurut analis politik dari Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah tidak lagi tepat memproklamirkan diri sebagai partai anak muda usai menunjuk Kaesang jadi ketua umum. Sebab, baru dua hari Kaesang bergabung jadi kader, tiba-tiba sudah ditunjuk menjadi ketum parpol berlambang mawar putih itu. 

"Kalau pun mereka mau menyebut partai anak muda, maka PSI adalah partai anak muda yang bapak-isme karena masih menggantungkan hidup sama bapaknya. Bukan partai anak muda yang mandiri," ungkap Ray ketika dihubungi IDN Times melalui telepon, Senin (25/9/2023). 

Ia menilai demikian, lantaran langkah PSI menjadikan Kaesang sebagai ketum tidak terlepas dari posisi sang ayah yang saat ini menjabat Presiden RI. Harapannya, elektabilitas PSI bisa terdongkrak karena memilih Kaesang sebagai ketum. 

"Kenapa mereka yakin dengan memilih Kaesang bisa mendongkrak elektabilitas? Ya, karena Pak Jokowi punya basis massa. Itu PSI sendiri yang bilang," tutur dia. 

Bagi Ray, proses sejak awal Kaesang diterima menjadi kader hingga diumumkan menjadi ketum pada Senin (25/9/2023) adalah hal yang menggelikan, yang terjadi di ruang politik pada bulan ini. Sebab, Kaesang tidak perlu melalui proses kaderisasi, bak sulap ia langsung meraih kursi ketum. 

"Saya kurang tahu persis mekanisme internal seperti apa dalam hal ini dapat menunjuk seseorang untuk dapat menjadi ketua umum. Bila merujuk ke suasana ini, maka sangat patut kita geli melihatnya," katanya lagi. 

3. Kaesang resmi ditunjuk menjadi Ketua Umum PSI

Kaesang Masuk PSI, Cak Imin: Parpol Lain Waspada di Belakang Ada RI 1Kaesang Pangarep mengenakan pakaian adat Minahasa, Sultra. (instagram.com/kaesangp)

Sebelumnya, pada Senin malam, Kaesang resmi diumumkan menggantikan Giring Ganesha menjadi ketua umum PSI. Giring sendiri diangkat menjadi anggota Dewan Pembina PSI. Penetapan Kaesang menjadi Ketua Umum PSI berlangsung di The Ballroom at Djakarta Theater dalam acara Kopdarnas.

"Surat Keputusan Dewan Pembina Partai Solidaritas memutuskan, menetapkan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia," ujar Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

Setelah pembacaan surat keputusan, Kaesang kemudian diberi bunga mawar oleh Giring. Dalam Kopdarnas itu, Grace juga membacakan pengangkatan Raja Juli Antoni sebagai Sekjen PSI.

"Surat Keputusan Dewan Pembina tentang pengangkatan anggota Dewan Pembina DPP Partai Solidaritas Indonesia, memutuskan, menetapkan, pengangkatan Bro Giring Ganesha sebagai anggota Dewan Pembina DPP PSI," tutur dia. 

Kaesang seolah diberikan karpet merah untuk duduk sebagai ketua umum. Bahkan, Kartu Tanda Anggota (KTA) PSI diantarkan langsung oleh Grace dan elite parpol tersebut kepada Kaesang. Proses penyerahan KTA dilakukan di depan kediaman Jokowi di Solo pada 23 September 2023 lalu. 

https://www.youtube.com/embed/pa5wMZBaEYs

Baca Juga: Sah! Kaesang Pangarep Jadi Ketua Umum PSI

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya