Permintaan Jokowi ke Mahfud Usai Jadi Bacawapres Ganjar

Jokowi kasih selamat ke Mahfud

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, dipanggil oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Selasa (24/10/2023) pukul 15.30 WIB di Istana Kepresidenan. Dalam pertemuan itu, Mahfud membahas mengenai dua poin.

Poin pertama menyangkut masalah umum terkait tugas sehari-hari. Jokowi meminta agar tugas sehari-hari sebagai Menko Polhukam dijaga keberlanjutannya. Kedua, mengenai penunjukannya sebagai bakal cawapres Ganjar.

"Presiden mengucapkan selamat sudah menjadi cawapres. Mudah-mudahan semua berjalan lancar," ujar Mahfud ketika memberikan keterangan di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat sore ini.

Mahfud juga menjelaskan akan mengajukan cuti karena maju dalam kontestasi politik di 2024. Cuti yang diberikan nantinya hanya satu hari dalam sepekan.

"Cutinya itu seminggu hanya satu hari. Saya sudah bilang ke Presiden 'Bapak, saya sementara akan cuti seminggu sekali pada saat musim kampanye.' Kan kalau (kampanye) hari libur tidak perlu cuti. Presiden pun setuju. Yang penting tugas dijaga sebaik-baiknya," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Jokowi pun meminta agar pemilu tetap berjalan damai dan menghasilkan pemimpin baru. IDN Times sempat menanyakan kembali apakah ini berarti Jokowi memberikan restu kepada Mahfud untuk maju sebagai pendamping Ganjar. Dia menegaskan sudah mengantongi restu dari Jokowi.

"Iya, sudah beliau mengucapkan selamat, selamat, kan sudah. Merestui. Kalau resminya, restu itu sudah diberikan 18 Oktober ketika saya deklarasi pagi. Bu Mega deklarasi pagi, sorenya saya mengirimkan surat ke Beliau karena Beliau sedang di luar negeri," tutur Mahfud.

Surat itu, kata Mahfud, langsung dijawab oleh Jokowi ketika sedang melakukan dinas ke luar negeri. Izin dari Jokowi, ujarnya lagi, diberikan melalui Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

"Ketemu dan memberikan penjelasan langsung (ke presiden) baru tadi," katanya.

Baca Juga: Gibran Bacawapres Prabowo, PDIP Lampung Fokus Menangkan Ganjar-Mahfud

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya