PPP Akui Elus-elus Nasaruddin Umar Agar Jadi Cawapres Ganjar Pranowo

Nasaruddin adalah Rais PB NU dan dapat diterima luas publik

Jakarta, IDN Times - Di saat partai politik lain menyimpan rapat-rapat strategi mereka, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) justru mengungkap langkah yang sedang dilakukan. Parpol dengan lambang ka'bah hitam itu sedang mengelus-elus Imam Masjid Istiqlal, Kiai Nasaruddin Umar agar bisa jadi bakal cawapres Ganjar Pranowo. Hal itu disampaikan oleh Ketua Majelis Pertimbangan Partai PPP, Muhammad Romahurmuziy ketika menemui Bendahara Umum PDI Perjuangan, Olly Dondokambey. 

"Kiai Nasarudin Umar termasuk tokoh bangsa yang sedang kami elus-elus untuk menjadi cawapres Mas Ganjar," ungkap Romahurmuziy di dalam keterangan tertulis pada Selasa (16/5/2023). 

Pria yang akrab disapa Rommy itu menjelaskan Nasarudin Umar memiliki kriteria yang dibutuhkan dan sesuai jadi bakal cawapres PPP. "Kiai Nasar memiliki kriteria yang sesuai yaitu tokoh luar Jawa, memiliki warna keagamaan yang moderat, Rais Syuriah PB Nahdlatul Ulama (NU) dan bisa diterima luas oleh banyak kalangan," tutur dia.

Ia juga menyebut datang ke Manado, Sulawesi Utara mendahului kedatangan Ganjar yang rencananya akan ke sana pada Kamis, (18/5/2023). Rencananya kedatangan Ganjar tersebut juga bakal didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal, Kiai Haji Nasarudin Umar. 

"Beliau akan menjadi pembicara dalam halalbihalal warga Sulut di Manado," katanya. 

Lalu, bagaimana dengan nasib Sandiaga Uno? Apakah ia tetap masuk ke dalam daftar bacawapres yang dibidik oleh PPP?

1. Ganjar bakal mulai safari di Manado, Sulawesi Utara pada Kamis, 18 Mei 2023

PPP Akui Elus-elus Nasaruddin Umar Agar Jadi Cawapres Ganjar PranowoGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berbincang dengan perwakilan kades, camat dan Wabup Wonogiri usai rakor di Desa Ngadirojo. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Lebih lanjut, Rommy mengatakan bahwa Ganjar akan memulai konsolidasi ke Sulawesi Utara pada Kamis, (18/5/2023). "Tadi, saya berkonsolidasi dengan Pak Olly (Gubernur Sulawesi Utara) dan rekan-rekan PPP Sulut, di antaranya untuk menyiapkan safari Mas Ganjar," ujarnya. 

Sementara, menurut informasi, selama berada di Sulut, Ganjar bakal mengunjungi sejumlah tempat termasuk Kota Manado dan Tomohon. Selain itu, mereka bakal melakukan konsolidasi internal dengan para kader banteng di Sulut. 

Sejumlah agenda sudah disiapkan untuk dihadiri Gubernur Jateng tersebut, di antaranya jalan sehat bersama. Kemudian, Ganjar bakal didoakan oleh para tokoh agama di Sulut. Ganjar juga dijadwalkan menghadiri rakor pemenangan PDIP serta halal bihalal.

Baca Juga: Temui Mardiono Empat Mata, Sandi Uno Segera Umumkan Kepindahan ke PPP

2. Nama Sandiaga Uno tetap ada di dalam daftar bakal cawapres PPP

PPP Akui Elus-elus Nasaruddin Umar Agar Jadi Cawapres Ganjar PranowoPolitikus Partai Gerindra, Sandiaga Uno, ikut dalam acara semarak harlah 50 PPP pada Minggu, (12/2/2023) (www.instagra.com/@dpp.ppp)

Sementara, nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, disebut Rommy tetap masuk dalam daftar bacawapres PPP. Menurutnya, Nasarudin Umar hanya salah satu alternatif. 

"Kan Pak Nasar, salah satu (alternatif bakal cawapres). Nama Sandi masih ada lah," kata Rommy. 

Wakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani mengaku dua hari lalu baru berkomunikasi dengan Sandi. Ia pun sempat menanyakan apakah jadi bergabung ke PPP atau tidak. 

"Komunikasi ke saya dua hari yang lalu, Pak Sandi kirim WA ke saya. Beliau jawab 'sabar, bro!' Saya jawab 'kita mah selalu sabar'. Dijawab lagi di WA 'wkwkwkwk'," ungkap Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa, (16/5/2023). 

Arsul pun menyebut PPP tidak memberikan target kapan Sandi harus bergabung dan menjadi kader parpol dengan warna dominan hijau tersebut. PPP, kata Arsul, bakal menghormati apapun pilihan Sandi. 

"Bergabung ke PPP, kami mengucap syukur dan alhamdulilah. Gak bergabung pun tentu kami juga tetap harus mengucap alhamdulilah," katanya. 

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR itu pun mengakui bahwa tidak hanya nama Sandi saja yang diajukan PPP sebagai bacawapres Ganjar. Ada pula nama lain yang bakal disodorkan ke PDIP. 

3. Ganjar janji hanya berkampanye di hari libur karena masih menjabat gubernur

PPP Akui Elus-elus Nasaruddin Umar Agar Jadi Cawapres Ganjar PranowoPresiden Joko "Jokowi" Widodo (kanan) usai melaksanakan salat id bersama Capres PDIP, Ganjar Pranowo (kiri) di Solo (Dok. Tim Media Ganjar Pranowo)

Sementara, Ganjar mengaku bahwa ia hanya akan menggunakan waktu libur untuk melakukan safari politik sebagai bacapres dari PDIP. Hal itu lantaran ia masih bekerja sebagai Gubernur Jawa Tengah. 

"Karena saya masih menjadi gubernur, tentu saya harus bisa membedakan waktu tugas dan fungsinya," kata Ganjar pada 30 April 2023 lalu.

“Maka di hari libur saya akan jalan. Tapi kan selebihnya saya masih ditugasi untuk memberesi PR PR (Pekerjaan Rumah) saya di Jawa Tengah," tutur dia.

Sementara, Ganjar pada 30 April 2023 lalu turut mendampingi Mega menyambut kunjungan petinggi PPP ke kantor DPP PDIP di Jakarta. Tujuan kedatangan PPP yakni menyampaikan dukungan resmi bagi pencapresan Ganjar di pemilu 2024. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Pamit dari Gerindra, Sampaikan Permintaan Maaf ke Prabowo

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya