Timnas AMIN Janji Bakal Transparan Soal Dana Kampanye di Pemilu 2024

Sudirman klaim dana terbesar berasal dari relawan sendiri

Jakarta, IDN Times - Ketua harian tim pemenangan nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), Sudirman Said menjanjikan bakal bersikap transparan terkait sumber pendanaan kampanye di Pemilu 2024. Salah satunya dengan cara tidak menerima dana kampanye dari tindak kejahatan. 

"Tentu saja kita akan transparan dan jualan kita kan memang mendorong pemberantasan korupsi dan penegakan hukum, sehingga tidak mungkin dimulai dengan hal-hal yang kurang baik," ujar Sudirman menjawab pertanyaan IDN Times di Rumah Perubahan, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (16/11/2023). 

Ia pun mengungkap bahwa sumber terbesar pendanaan kegiatan AMIN termasuk kampanye bukan donatur untuk capres dan cawapres. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu menyebut dana terbesar justru disumbang oleh para relawan sendiri. 

"Coba Anda lihat, baju-baju mereka, kaos mereka, rompi, hingga topi warna-warni dibuat sendiri. Itu kalau dijumlahkan berapa biayanya. Andalan utama kami, karena ini adalah gerakan rakyat, maka masyarakat yang akan mendanai gerakan ini," tutur dia. 

Ia mengibaratkan kampanye 2024 seperti perang gerilya, di mana tidak ada markas besar. Yang sedang terjadi, kata Sudirman, yakni masing-masing pihak memberlakukan sistem iuran. 

"Itu yang saat ini sedang terjadi. Kami sekali lagi menyampaikan penghargaan, terima kasih dan rasa syukur bahwa itu semua terus berjalan," katanya. 

1. Anies akan umumkan susunan lengkap tim pemenangan hingga ke level deputi pada akhir pekan

Timnas AMIN Janji Bakal Transparan Soal Dana Kampanye di Pemilu 2024Ketua pelaksana tim pemenangan nasional AMIN, Sudirman Said (tengah) ketika memberikan keterangan pers pada Kamis, 16 November 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Sudirman mengatakan susunan timnas pemenangan AMIN akan terus bertambah. Secara struktur akan diisi deputi-deputi yang bekerja bersama dengan co-captain. 

"Individu yang diumumkan Pak Anies pada Senin kemarin baru merupakan core (tim inti) dan belum mencerminkan seluruh struktur tim yang akan menjadi tim resmi," ujar Sudirman. 

Menurutnya, konsep yang digunakan dalam pembentukan di dalam tim pemenangan AMIN bukan seperti piramida biasa. Melainkan piramida terbalik. Artinya, kata dia yang paling utama adalah para penggerak di lapangan yang sudah bekerja sejak lama. 

"Sedangkan, kami yang diumumkan pada Senin kemarin, sifatnya supporting dan ada di paling belakang. Kira-kira begitu filosofi cara kerja tim AMIN," tutur dia. 

Ia menambahkan dalam waktu satu hingga dua hari ke depan, Anies akan mengumumkan anggota baru yang masuk ke dalam struktur tim pemenangan. "Insya Allah hari Sabtu atau Minggu akan diumumkan ke masyarakat," katanya lagi. 

Baca Juga: Daftar Lengkap Timnas Pemenangan AMIN Hadapi Pemilu 2024

2. Banyak tokoh yang didekati mengaku takut bergabung ke tim pemenangan AMIN

Timnas AMIN Janji Bakal Transparan Soal Dana Kampanye di Pemilu 2024Capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan kenalkan jersey tim pemenangan AMIN. (IDN Times/Santi Dewi)

Di sisi lain, Sudirman membenarkan bahwa ada keengganan dari sejumlah tokoh yang namanya dicantumkan sebagai bagian dari timnas pemenangan AMIN. Oleh sebab itu, mereka menantang para tokoh tersebut agar bersedia membantu tim pemenangan AMIN. 

"Maka, kami menganggapnya itu tenaga tabungan. Akan banyak tokoh-tokoh yang sesungguhnya bekerja di balik layar karena tidak bersedia namanya dicantumkan di dalam tim pemenangan nasional," tutur dia tanpa menyebut tokoh yang dimaksud. 

Sementara, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti belum bisa dipastikan apakah akan bisa bergabung dengan timnas AMIN atau tidak. Meski hingga kini Susi masih berkomunikasi baik dengan Anies dan Muhaimin. 

"Tapi, dari sisi wacana, kecenderungan, values, Ibu Susi tampaknya menjadi bagian dari usaha-usaha perubahan. Mudah-mudahan. Kami menghormati seandainya Beliau tidak berkenan masuk ke dalam tim. Tapi, kami dalam posisi komunikasi yang baik," katanya.

Sejauh ini, Anies dan Muhaimin sudah mengumumkan total ada 16 individu yang bergabung ke dalam timnas AMIN. Timnas AMIN dipimpin oleh mantan purnawirawan dari TNI Angkatan Udara (AU), Muhammad Syaugi Alaydrus. 

3. Sudirman akui tak ada pengusaha yang menonjol tim pemenangan AMIN

Timnas AMIN Janji Bakal Transparan Soal Dana Kampanye di Pemilu 2024Capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan menunjukkan jersey AMIN. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, ketika ditanyakan soal alasan Anies-Muhaimin memilih ketua tim pemenangan yang bukan berlatar belakang pengusaha, Sudirman menyebut keputusan itu sudah ada atas kesepakatan bersama. Meski begitu, di kubu mereka, juga ada sosok pengusaha walaupun tidak menonjol. 

"Tetapi, seperti yang saya katakan tadi, peran pendanaan paling besar datang dari masyarakat atau rakyat. Karena itu meskipun aliran dana ke tim pemenangan nasional barang kali tidak sebesar yang lain, tetapi sesungguhnya yang bergerak di lapangan jauh dari apa yang bisa kami kumpulkan," kata Sudirman. 

Bila dilihat dari line up yang sudah diumumkan, anggota tim pemenangan yang berlatar belakang pengusaha antara lain Leontinus Alpha Edison (mantan pendiri Tokopedia) dan Novita Dewi (Direktur Utama Jakarta Experience Board (JXB) periode 2019-2023). 

https://www.youtube.com/embed/IWO6QlwpdJU

Baca Juga: Anies Ditemani Kapten Timnas AMIN Temui Surya Paloh, Bahas Strategi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya