Ketua Umum PAN Akui Adiknya Ditangkap Dalam OTT KPK

Adik Zulkifli menjabat sebagai Bupati Lampung Selatan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan mengakui bahwa adiknya, Zainuddin Hasan, Bupati Lampung Selatan, ikut terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis malam (26/7). Selaku kakak tertua, ia mengaku sedih atas apa yang menimpa adiknya.

"Saya sebagai wakil dari orang tua dan kakak tertua merasa prihatin dan sedih atas musibah yang terjadi," ujar Zulkifli melalui keterangan tertulis pada Jumat (27/7).

Lalu, apa langkah yang akan ditempuh oleh Zulkifli dan PAN? Apakah ia akan memberi bantuan hukum kepada Zainuddin?

1. Zulkifli meminta maaf kepada masyarakat Lampung

Ketua Umum PAN Akui Adiknya Ditangkap Dalam OTT KPKwww.instagram.com/@albumarema

Melalui keterangan tertulisnya, Zulkifli meminta maaf kepada masyarakat Lampung, sebab adiknya ikut terjaring dalam OTT lembaga anti rasuah. Ketua KPK, Agus Rahardjo mengatakan Zainuddin diamankan oleh penyidik karena diduga menerima suap dari proyek infrastruktur yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

"Sebagai kakak, saya memohon maaf kepada masyarakat Lampung Selatan khususnya dan seluruh masyarakat Lampung atas apa yang terjadi," ujar Zulkifli.

Ia menjelaskan sejak kecil, semua anggota keluarganya dididik untuk bekerja keras dan berbuat jujur. Tapi, toh tetap ada anggota keluarganya yang diduga telah berbuat korupsi. Zulkifli memandang hal tersebut sebagai ujian bagi keluarganya.

Baca juga:

2. Zulkifli dan PAN akan mengikuti semua proses hukum yang berlaku di KPK

Ketua Umum PAN Akui Adiknya Ditangkap Dalam OTT KPKANTARA FOTO/Aprilio Akbar

Lalu, apa yang akan dilakukan oleh Zullkifli? Ia mengatakan akan mengikuti semua proses hukum yang berlaku di lembaga anti rasuah. Ia juga sudah meminta kepada adiknya agar bersikap kooperatif.

"Sebagai Ketua Umum PAN, saya selalu mengingatkan agar semua kader di mana pun berada untuk menjauhi perilaku korupsi," kata Zulkifli.

Ia menyerahkan semua proses hukum ke tangan lembaga anti rasuah. Zulkifli dan PAN yakin KPK akan menangani kasus ini secara profesional.

3. Zainuddin akan dibawa ke kantor KPK

Ketua Umum PAN Akui Adiknya Ditangkap Dalam OTT KPKIDN Times/Sukma Shakti

Menurut keterangan dari juru bicara KPK, Febri Diansyah, dari OTT kemarin ada 12 orang yang diamankan.

"Mereka terdiri dari bupati, anggota DPRD Provinsi, kepala dinas dan swasta," ujar Febri melalui keterangan tertulis.

Rencananya, sebagian dari mereka akan diboyong ke kantor KPK pada siang ini. Lembaga anti rasuah memiliki waktu 1X24 jam untuk menentukan status hukum dari 12 orang tersebut.

Zainuddin menjadi kepala daerah ke-16 yang dijaring lembaga anti rasuah melalui OTT.

Baca juga: Lagi, KPK Geledah Ruang Kalapas Sukamiskin dan Sel Fuad Amin-Wawan

Topik:

Berita Terkini Lainnya