Comscore Tracker

17 Mei Hari Komunikasi Internasional: Sejarahnya 

Sekarang Komunikasi Internasional digunakan untuk politik

Jakarta, IDN Times - Hari Komunikasi Internasional jatuh pada 17 Mei dan sebagai manusia tentu kamu menjalankan komunikasi setiap harinya. Sehingga walaupun 17 Mei tidak ditandai sebagai tanggal merah, kamu perlu tahu sejarah Hari Komunikasi Internasional.

Komunikasi sendiri adalah proses penyampaian pesan secara langsung maupun tidak langsung. Dan idealnya memerlukan feedback untuk menjadi komunikasi yang interaktif.

Sementara itu, komunikasi internasional sendiri diartikan sebagai kajian dalam lingkup internasional atau informasi yang masuk dan keluar melalui batas negara. Komunikasi internasional biasanya dilakukan oleh pelaku politik atau wakil negara dalam menyampaikan informasi yang berkaitan dan berguna bagi negara.

1. Apa itu komunikasi internasional?

17 Mei Hari Komunikasi Internasional: Sejarahnya Ilustrasi Komunikasi Internasional (mitranslations.com)

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, hubungan antarnegara menjadi semakin dinamis sehingga membuat komunikasi internasional semakin diperlukan guna mencapai keinginan bersama. Agar mencapai komunikasi yang lugas dan jelas, maka dibentuklah saluran media bersifat internasional.

Mulanya radio, telegraf, televisi, dan internet ditemukan secara berturut-turut oleh Guglielmo Marconi, Samuel Morse, John Logie Baird, Robert E.Kahn serta Vintin G.Cerf. Kelima tokoh tersebut merupakan penemu media yang kemudian dinilai sangat efektif untuk menyebarkan informasi tentang kejadian dari seluruh dunia. Dengan begitu komunikasi internsional dapat dijangkau dengan mudah.

Lama-kelamaan, komunikasi internasional cenderung lebih dipengaruhi oleh keperluaan negara dalam memenuhi kepentingan secara internasional. Bahkan tidak jarang komunikasi antar bangsa ini memicu hubungan politik.

Baca Juga: Alat Komunikasi Jadul, Ini 5 Kode Pager yang Menarik untuk Diketahui

2. Sejarah Hari Komunikasi Internasional

17 Mei Hari Komunikasi Internasional: Sejarahnya Ilustrasi telepon zaman dahulu (queensjournal.ca)

Komunikasi berasal dari Bahasa Roma yang artinya retorik, yaitu seni berbicara. Sebab pada masanya komunikasi hanya melalui mulut ke mulut secara tatap muka. Bahkan sesekali melalui teriakan dari satu bukit ke bukit lainnya karena cara komunikasi belum seberagam masa kini.

Lalu di tahun 1920 hingga 1930, akhirnya telegraf ditemukan. Telegraf adalah alat komunikasi jarak jauh yang berbentuk kode melalui kabel dan menggunakan aliran listrik. Lama-kelamaan dunia semakin maju, industri surat kabar mulai ditemukan. Surat kabar berkontribusi dan mengambil peran penting untuk mendorong perkembangan telegraf dan seiring berjalannya waktu telegraf tidak lagi menggunakan kode.

Setelah surat kabar ditemukan, agensi surat mulai menjamur mulai dari Eropa, Amerika, hingga Asia. Salah satu agensi surat yang paling terkenal saat itu adalah Router dan Havas.

Alat komunikasi yang semakin berkembang tersebut akhirnya memicu kemunculan musik dan perfilman. Tapi, tanpa disadari, komunikasi melalui musik dan film sangat memengaruhi pola pikir semua orang. Bahkan hingga saat ini industri perfilman Indonesia secara tidak langsung telah menyumbang keuntungan negara lain.

3. Komunikasi Internasional saat ini

17 Mei Hari Komunikasi Internasional: Sejarahnya Ilustrasi komunikasi modern (resourcetechniques.co.uk)

Komunikasi internasional pertama kali digunakan untuk menyampaikan informasi penjajahan dan sebagai alat propaganda. Radio saat itu dipilih sebagai alat penyampian informasi terkait perang dingin antar Amerika dan Uni Soviet. Radio dianggap sangat efektif dan ringkas dalam proses penyebaran isu propaganda.

Secara singkat, akhirnya komunikasi internasional tidak lagi digunakan untuk melakukan penjajahan ataupun informasi perdangangan melainkan sudah dijadikan acuan bagi negara dalam melakukan komunikasi politik, ekonomi, dan bisnis antara negara untuk mencapai kesepakatan bersama. Tidak jarang komunikasi internasional sangat dibutuhkan sehari-hari.

Dengan begitu komunikasi internasional yang sangat penting. Seluruh dunia menyepakati bahwa Hari Komunikasi Internasional ditandai pada 17 Mei.

Itu dia informasi mengenai Hari Komunikasi Internasional. Tanpa tokoh yang berperan dalam perkembangan komunikasi, tentunya kita tidak akan bisa melalukan komunikasi secara mudah seperti sekarang.

Baca Juga: Ini Fakta Komunikasi Pemerintah dan Kebijakannya pada Krisis Iklim 

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya