Daftar Tanggal Merah Maret 2023: Hari Suci Nyepi

Meskipun cuma satu, tapi jatuhnya di hari Rabu!

Jakarta, IDN Times - Hari libur nasional dan cuti bersama telah ditetapkan oleh pemerintah dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menterti Nomor 1066 dan Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Dalam surat tersebut, diputuskan libur nasional dan cuti bersama berjumlah 16 hari dalam satu tahun.

Di bulan Maret sendiri, terdapat satu tanggal merah yang jatuh di hari Rabu. Yuk, kita cek bersama ada perayaan apa di hari tersebut!

Rabu, 22 Maret 2023: Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945

Daftar Tanggal Merah Maret 2023: Hari Suci Nyepiilustrasi Hari Raya Nyepi (IDN Times/Aditya Pratama)

Di bulan Maret, tanggal merah jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023. Hari tersebut diperingati sebagai Hari Raya Nyepi atau tahun baru Saka yang dirayakan oleh umat Hindu, khususnya di Pulau Dewata Bali. Di sana, seluruh warga atau turis harus berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktivitas di luar.

Melalui Nyepi, manusia diminta untuk merenung dan mengevaluasi diri tentang apa yang telah dilakukannya di masa lampau, serta untuk mengendalikan hawa nafsu. Oleh karena itu, mereka dilarang untuk menyalakan api (amati geni), bekerja (amati karya), berpergian (amati lelungan), dan juga bersenang-senang (amati lelanguan) selama 24 jam penuh.

Penetapan hari libur nasional dan cuti bersama

Daftar Tanggal Merah Maret 2023: Hari Suci NyepiDaftar Hari Libur Nasional 2023 (IDN Times)

Sementara itu, penetapan tanggal merah telah diputuskan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2023 pada Selasa (11/10/2022). Rapat tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy di kantor Kemenko PMK.

Menko PMK meyatakan bahwa pengukuhan libur nasional dan cuti bersama di tahun 2023 berdasarkan hasil pertimbangan selama dua tahun terakhir sejak pandemi Covid-19. Dengan begitu, tanggal merah yang telah ditentukan bisa menjadi rujukan bagi masyarakat dalam berbagai bidang dan pemerintah dalam merencanakan program kerja.

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah Desember 2023: Libur Hari Raya Natal

Itulah daftar tanggal merah bulan Maret 2023. Bagi umat Hindu, selamat merayakan Hari Raya Nyepi, ya!

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Cynthia Nanda Irawan
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya