Daftar Tanggal Merah Mei 2024: Hari Buruh hingga Hari Raya Waisak

Jangan lupa siapin rencana liburan bulan ini

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri yang dikeluarkan oleh Sekretariat Kabinet RI mengenai hari libur nasional dan cuti bersama, pemerintah memutuskan total 27 hari libur dengan 17 hari libur nasional dan 10 hari cuti bersama pada tahun 2024.

Kabar baiknya, pada bulan Mei terdapat tiga tanggal merah yang jatuh di hari Rabu dan Kamis. Mau tahu peringatan apa saja yang ada di tanggal merah tersebut? Yuk, simak bersama daftar tanggal merah Mei 2024 di bawah ini! 

1. Rabu, 1 Mei 2024: Hari Buruh Nasional

Daftar Tanggal Merah Mei 2024: Hari Buruh hingga Hari Raya Waisakilustrasi kalender bulan Mei (pexels.con/Nothing Ahead)

Tanggal merah pertama bulan Mei jatuh di hari Rabu, 1 Mei 2024. Tanggal yang setiap tahunnya diperingati sebagai hari buruh ini menjadi hari libur nasional untuk menghormati perjuangan pekerja dalam mendapatkan hak-hak yang adil dan perlindungan kerja yang layak.

Hari buruh di Indonesia sendiri berawal dari 1 Mei 1920 saat kaum buruh Indonesia melakukan unjuk rasa untuk menuntut hak-hak yang lebih baik dari pemerintah kolonial Belanda. Penetapan hari buruh sebagai hari libur nasional sendiri baru dimulai pada tahun 2013 yang ditetapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

2. Kamis, 9 Mei 2024: Kenaikan Yesus Kristus

Daftar Tanggal Merah Mei 2024: Hari Buruh hingga Hari Raya Waisakilustrasi gereja (Unsplash.com/Daniel Tseng)

Hari libur selanjutnya jatuh pada hari Kamis, 9 Mei 2024. Tanggal ini memperingati Kenaikan Yesus Kristus. Perayaan ini merupakan salah satu dari rangkaian Paskah di mana umat Kristen akan merayakan peristiwa naiknya Yesus ke surga setelah kebangkitan dari kematiannya.

Perayaan yang selalu jatuh di hari Kamis ini merupakan hari besar bagi umat Kristen yang diadakan 40 hari setelah hari raya Paskah. Selain berdoa bersama dan menyanyikan lagu rohani, tradisi yang juga dilakukan pada hari besar ini adalah puasa dan penyangkalan diri. Kegiatan tersebut merupakan bentuk persiapan dan pengudusan umat Kristen untuk menyusul kebangkitan dan kenaikan Yesus.

3. Kamis, 23 Mei 2024: Hari Raya Waisak 2568 BE

Daftar Tanggal Merah Mei 2024: Hari Buruh hingga Hari Raya Waisakperayaan lampion Waisak (unsplash.com/Austin Neill)

Tanggal merah terakhir bulan ini jatuh pada hari Kamis, 23 Mei 2024. Hari ini merupakan peringatan Hari Raya Waisak 2568 BE. Hari Raya ini memiliki makna untuk memperingati 3 peristiwa besar dalam ajaran Buddha, yaitu hari lahir Sidharta Gotama (calon Buddha Gautama), momen Sidharta mendapatkan pencerahan ilmu, hingga wafatnya Buddha Gautama Parinibbana.

Selain melakukan persembahan atau sembahyang di vihara, pada Hari Raya Waisak, umat Buddha akan melakukan tradisi ritual melepas lampion yang kerap dilakukan di candi. Selain itu, sebelum Hari Raya Waisak, umat Buddha akan melakukan tradisi mandi atau membersihkan patung Siddharta. Hal tersebut dimaksudkan untuk mensucikan hati dan pikiran.

Daftar Tanggal Merah Mei 2024: Hari Buruh hingga Hari Raya Waisakdaftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024 (IDN Times)

Nah, jadi itu dia daftar tanggal merah Mei 2024. Untuk kalian yang merayakan perayaan keagamaan di atas, selamat merayakan, ya!

Penulis: Rani Purwanti

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah Maret 2024: Hari Suci Nyepi hingga Paskah

Topik:

  • Sierra Citra
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya