Tornado Terjang Oklahoma AS, Puluhan Ribu Rumah Mati Lampu 

Sejumlah rumah rusak akibat tornado

Jakarta, IDN Times - Cuaca buruk terus melanda sebagian besar wilayah Amerika Serikat pada awal pekan ini. Setidaknya satu tornado telah dikonfirmasi melanda Oklahoma tengah pada hari Minggu (26/2/2023) malam waktu setempat.

Dilansir NBC News, Selasa (28/2/2023), Layanan Cuaca Nasional mengatakan bahwa sebuah tornado di daerah Shawnee, sebuah kota di sebelah timur Oklahoma City, telah dikonfirmasi.

Kepala Pemadam Kebakaran Shawnee Tony Wittmann mengatakan, usai kejadian dia tidak mengetahui adanya korban luka, tetapi sejumlah rumah rusak serta pipa gas retak dan kabel listrik tumbang di sebelah utara Interstate 40.

Baca Juga: Tornado Hantam Albama, 6 Warga AS Tewas

1. Tornado dan cuaca ekstrem sebabkan listrik terganggu

Tornado Terjang Oklahoma AS, Puluhan Ribu Rumah Mati Lampu ilustrasi tornado (unsplash.com/Nikolas Noonan)

Tercatat sejumlah rumah rusak, pohon-pohon dan kabel-kabel tumbang. Namun, belum jelas apakah ada korban cedera akibat tornado.

Setidaknya, hampir 62 ribu pelanggan listrik tidak mendapatkan aliran listrik di Oklahoma, menurut pelacak jaringan PowerOutage.us.

2. Beberapa wilayah di AS berisiko alami cuaca ekstrem

Tornado Terjang Oklahoma AS, Puluhan Ribu Rumah Mati Lampu ilustrasi tornado tali (unsplash.com/Nikolas Noonan)

Layanan Cuaca Nasional memperingatkan bahwa kondisi permukaan yang kering dan berangin diperkirakan akan meningkatkan risiko cuaca ekstrem di beberapa bagian di Colorado Tenggara, Panhandle Oklahoma dan Texas, New Mexico timur, dan beberapa bagian dari Texas.

Bagian lain dari negara ini menghadapi salju, hujan, angin kencang dan kemungkinan tornado minggu ini.

"Siklon lintang tengah yang dalam akan menyebarkan hujan dan badai petir di Lembah Ohio Barat Daya dan Atlantik Tengah hari ini," kata Dinas Cuaca Nasional, dilansir NBC News.

3. Ternoda telah menyapu berbagai wilayah di AS

Tornado Terjang Oklahoma AS, Puluhan Ribu Rumah Mati Lampu ilustrasi tornado kerucut (twitter.com/USTornadoes)

Sedikitnya tiga tornado mendarat di Illinois utara pada hari Senin. Dua di antaranya mendarat di Joliet bagian barat dan di ujung utara Naperville. Tornado ketiga dilaporkan terjadi pada Senin pagi di Champaign, di Illinois tengah.

"Informasi tambahan mengenai tornado-tornado ini akan diberikan hari ini," demikian cuitan Layanan Cuaca Nasional di Chicago.

Pusat prediksi badai layanan cuaca telah mengeluarkan peringatan risiko kecil akan terjadinya badai petir yang parah di beberapa bagian Lembah Ohio.

Baca Juga: Apa Itu Microburst? Fenomena Alam yang Dampaknya Mirip Tornado

Topik:

  • Sunariyah
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya