Ditanya Kapan Deklarasi Dukung Ganjar, Ini Respons Ketum PAN Zulhas 

PAN tak tutup kemungkinan koalisi dengan PDIP

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan memastikan, partainya masih berproses dalam menentukan calon presiden yang akan didukung pada Pemilu 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Zulhas saat ditanya kapan mendeklarasikan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

"Politik ini kan proses ya, proses itu besar, bisa A, bisa B, bisa C, bisa D," kata dia saat ditemui awak media di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga: Partai Ummat Daftarkan 580 Bacaleg ke KPU, Separuhnya Eks Kader PAN

1. Zulhas minta bersabar soal deklarasi capres

Ditanya Kapan Deklarasi Dukung Ganjar, Ini Respons Ketum PAN Zulhas Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan bersama petinggi PAN dan kader PAN mendaftarkan bacaleg ke KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas, meminta agar publik bersabar soal proses politik tersebut.

Jika waktunya tepat, kata dia, PAN akan segera mengumumkan dukungannya terhadap capres tertentu.

"Namanya berproses, sabar saja tunggu waktunya," tutur Menteri Perdagangan (Mendag) ini.

Baca Juga: Pesan Gus Muwafiq kepada Ganjar: Jangan Lupakan Rakyat 

2. Pendaftaran capres masih lama

Ditanya Kapan Deklarasi Dukung Ganjar, Ini Respons Ketum PAN Zulhas Ilustrasi calon presiden (capres) saat berkampanye (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Di sisi lain, Zulhas menuturkan, pendaftaran capres dan cawapres masih cukup lama. Bahkan tahapan itu termasuk yang terakhir dari serangkaian tahapan Pemilu 2024.

"Ya nanti kita lihat lagi berproses pelan-pelan, jangan lupa dulu capres itu kan pendaftaran terakhir kan, jadi sabar saja, hari ini bisa beda dengan besok, besok bisa beda dengan lusa kan," tutur dia.

Baca Juga: PAN Daftarkan Bacaleg ke KPU, Sempat Ada Insiden Saling Dorong  

3. PAN tak tutup kemungkinan koalisi dengan PDIP

Ditanya Kapan Deklarasi Dukung Ganjar, Ini Respons Ketum PAN Zulhas Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan jajaran DPP daftarkan bacaleg ke KPU RI, Jakarta Pusat pada Kamis (11/5/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Zulhas menegaskan, dalam proses dan dinamika politik, PAN tak tutup kemungkinan akan bentuk koalisi dengan PDI Perjuangan (PDIP).

"Semua pasti berproses segala kemungkinan ya," imbuh dia.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya