Diwaspadai karena Dibeking Jokowi, Kaesang: Bekingan Saya Cuma Istri

Muhaimin sebut waspadai Kaesang dan PSI

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mengaku heran dengan pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang menyebut PSI harus diwaspadai jelang 2024. Sebab, Kaesang disebut punya bekingan dari ayahnya yakni Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Kaesang heran lantaran PSI di Pemilu 2019 lalu saja perolehan suaranya kurang dari dua persen.

"Karena mau bagaimanapun kan kita lihat kemarin di 2019, dapet berapa (suara) kemarin? 1,89 persen. Masa waspada dengan 1,89 persen," kata dia di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2023).

Putra bungsu Jokowi itu lantas menegaskan, bekingannya saat ini hanya berasal dari istrinya, Erina Gudono.

"Sekarang bekingan saya cuma istri saya," tegas Kaesang.

Baca Juga: Sehari Jadi Ketum, Kaesang Telat Datang Rapat Perdana di DPP PSI

1. Gebrakan Kaesang sebagai Ketum PSI, berpolitik dengan santun dan gembira

Diwaspadai karena Dibeking Jokowi, Kaesang: Bekingan Saya Cuma IstriKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep pimpin rapat perdana di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Jakarta Pusat. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kaesang juga menjelaskan gebrakan yang akan dibuat di era kepemimpinannya sebagai Ketum PSI. Dia mengajak seluruh simpatisan PSI agar berpolitik dengan gembira dan santun.

"Saya sudah katakan semua kepada teman-teman PSI untuk pemilu kali ini kita berpolitik dengan gembira, santun dan santuy. Gebrakannya santun dan santuy," ucap dia sambil tertawa.

Baca Juga: Fahri Hamzah Yakin Prabowo Bisa Berantas Korupsi di Indonesia

2. PSI akan gelar pertemuan dengan Perindo dalam waktu dekat

Diwaspadai karena Dibeking Jokowi, Kaesang: Bekingan Saya Cuma IstriKetua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep pimpin rapat perdana di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PSI, Jakarta Pusat. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Kaesang menegaskan, sampai saat ini belum ada ketua umum parpol lain yang menghubunginya, termasuk untuk menggelar silaturahmi politik maupun penjajakan dukungan di Pilpres 2024.

Dia kemudian berkelakar belum dihubungi elite parpol lain karena baru saja mengganti nomor gawainya.

"Untuk sekarang belum ada ketua parpol yang menghubungi atau dari partai-partai lain untuk menghubungi soalnya dua hari yg lalu nomor saya ganti," kata dia disambut tawa jajaran PSI.

Kendati begitu, Kaesang menuturkan, dalam waktu dekat PSI akan bersilaturahmi ke Perindo. Kaesang mengaku baru saja bertemu dengan Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo untuk keperluan konten.

"Dan kebetulan tadi juga saya sudah ketemu dengan Pak Hary Tanoe, saya juga sudah minta waktu beliau untuk nanti kami dari PSI sowan ke Partai Perindo," tutur dia.

"Karena kebetulan tadi saya shooting di tempatnya Pak Hary Tanoe. Jadi paling dekat kan. Kebetulan ketemu," imbuh Kaesang.

Baca Juga: Kaesang Jadi Ketum PSI, Ini Pesan Jokowi kepada Anak Bungsunya

3. Parpol lain harus waspada dengan bekingan Kaesang

Diwaspadai karena Dibeking Jokowi, Kaesang: Bekingan Saya Cuma IstriKetua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar memenuhi panggilan KPK pada Kamis (7/9/2023). (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, bakal calon wakil presiden (bacawapres) Koalisi Perubahan, Muhaimin Iskandar mengatakan ditunjuknya Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI, membuat semua partai politik lainnya harus berwaspada. Sebab, status Kaesang saat ini adalah putra presiden yang masih berkuasa.

"Ini tentu menjadi kewaspadaan kami semua partai-partai ini, di mana di belakang Mas Kaesang adalah presiden," kata Muhaimin di Sidoarjo, Selasa (26/9/2023).

Cak Imin mengaku mengenal Kaesang secara pribadi. Adik Wali Kota Solo itu, kata Cak Imin, memang dikenal sebagai sosok yang berani, termasuk dalam berpolitik.

"Di belakang Mas Kaesang ada Presiden yang tentu di satu sisi, kita ikut bahagia karena politik nasional semakin ramai, dinamis, dan ya kita berdoa. Welcome to the jungle, Mas Kaesang!" tutur dia lagi.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya