Elektabilitas Anjlok, Anies: Survei Memotret atau Membentuk Opini?

Anies heran survei selalu muncul setiap minggu

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, menanggapi hasil survei elektabilitas yang sering menempatkannya di urutan terakhir.

Dia menegaskan, hasil survei elektabilitas bukan menjadi persoalan. Menurutnya, yang jauh lebih penting bahwa pemilu presiden membutuhkan perjuangan, bukan hanya hasil survei.

Anies mengaku sempat heran dengan rutinnya hasil survei elektabilitas yang keluar setiap pekannya. Dia lantas bertanya, apakah hasil survei elektabilitas yang rutin tersebut membentuk opini di publik.

"Jadi saya sampai kadang-kadang berpikir, ini survei memotret opini atau survei membentuk opini ya? Karena kok tiap minggu," ujar Anies usai mengikuti acara Milad ke-21 PKS di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (20/5/2023).

Anies menuturkan, elektabilitasnya ada di posisi terakhir bukan hal yang baru. Dia pun mengaku terbiasa ada di posisi bawah seperti sebelumnya saat dia maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa menghormati hak lembaga survei dalam memaparkan data temuannya. Dia juga menjadikan hasil survei itu sebagai pemicu semangatnya untuk semakin bekerja keras.

"Tak apa-apa, itu haknya surveyor. Saya melihat ini sebagai pemicu untuk kita kerja lebih keras, menjangkau semua dan mengajak untuk berkompetisi dalam rekam jejak, gagasan dan karya," imbuhnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Pede Menang, Anies Baswedan Pantun di Milad PKS: 2023 Kerja, 2024 Jaya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya