Jika Maju Pilpres 2024, Erick Thohir Dinilai Mampu Gaet Suara Milenial

Mayorita pemilih pada 2024 berasal dari kalangan anak muda

Jakarta, IDN Times - Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah mengatakan, Menteri BUMN, Erick Thohir memiliki pendukung besar dari generasi milenial.

Hal itu lantaran salah satu menteri kepercayaan Presiden Joko "Jokowi" Widodo (Jokowi) ini semakin kencang disuarakan oleh generasi milenial untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Baca Juga: Sekjen PAN: Saya Yakin Hati Erick Thohir Sudah Biru

1. Erick Thohir dinilai mampu gaet suara anak muda

Jika Maju Pilpres 2024, Erick Thohir Dinilai Mampu Gaet Suara Milenialilustrasi milenial (IDN Times/Nathan Manaloe)

Oleh sebab itu, kata Dedi, jika Erick Thohir maju pada Pilpres 2024, maka dia mampu menggaet elektoral dari kalangan generasi milenial hingga pemula.

"Erick Thohir bisa mendapatkan suara besar dari pemilih generasi milenial bahkan pemilih muda yang baru akan memilih pada 2024 punya potensi tergiring untuk memilih Erick Thohir," kata dia dalam keterangannya, Jumat (9/6/2023).

Menurut Dedi, Erick Thohir sangat menarik perhatian generasi milenial berkat citra positifnya saat menjabat sebagai menteri maupun Ketua Umum PSSI.

Dukungan itu juga menguat setelah Erick Thohir sukses mempersembahkan medali emas sepak bola pada ajang SEA Games Kamboja 2023 lalu.

Sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir pun disebut berhasil mengakomodir kebutuhan generasi muda. Seperti penyediaan lapangan pekerjaan. Salah satunya saat dibukanya lowongan kerja besar-besaran di Kementerian BUMN, banyak generasi milenial sangat antusias mengikuti seleksi rekrutmen untuk bisa lolos. Pada tahun lalu, tercatat ada 1,2 juta orang anak muda mendaftar dan mengikuti rekrutmen tersebut.

"Erick Thohir memiliki kesuksesan di posisi sekarang memanfaatkan momentum dekat dengan anak muda, bagaimana ia bisa merangkul dan kemudian di posisi PSSI sudah menunjukkan giat yang luar biasa," imbuh Dedi.

Baca Juga: Tak Beri Akses Penuh Silon ke Bawaslu, KPU: Menyangkut Data Privasi

2. Daftar pemilih sementara Pemilu 2024: milenial dan gen x mendominasi

Jika Maju Pilpres 2024, Erick Thohir Dinilai Mampu Gaet Suara MilenialIlustrasi Pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Diketahui, berdasarkan data yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah total Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mencapai 205.853.518.

Dari total pemilih sementara itu, komposisi generasi pemilih paling banyak berasal dari generasi milenial. Disusul Gen X, Gen Z, Baby Boomer, dan Pre-Boomer.

Berikut komposisi lengkap pemilih berdasarkan generasi:

1. Pre-Boomer: 3.645.502 pemilih (1,77 persen)
2. Baby Boomer: 28.377.425 pemilih (13,79 persen)
3. Gen X: 57.748.353 pemilih (28,05 persen)
4. Milenial: 69.061.943 (31,55 persen)
5. Gen Z: 47.020.295 (22,84 persen).

Baca Juga: Temui Banyak Parpol, PAN Dinilai Bisa Satukan Arah Politik

3. PAN dorong Erick Thohir maju sebagai cawapres

Jika Maju Pilpres 2024, Erick Thohir Dinilai Mampu Gaet Suara MilenialSekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno, menegaskan, Erick Thohir menjadi menu wajib untuk dibahas dalam setiap pertemuan partai politik (parpol).

Oleh sebabnya, Erick Thohir juga ikut dibahas saat PAN bertemu PDIP maupun Partai Gerindra. PAN selalu menyodorkan Erick sebagai cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto untuk Pilpres 2024.

"Untuk urusan Pak Erick Thohir, itu masuk dalam menu wajib pertemuan. Nah, itu juga yang kami sampaikan (ke Partai Gerindra)," kata dia kepada awak media, usai menggelar pertemuan dengan Gerindra di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023).

Eddy menjelaskan, PAN memang memiliki kedekatan khusus dengan Erick Thohir. Bahkan, Ketua Umum PSSI itu kerap hadir dalam kegiatan dan acara besar bersama PAN.

Dia juga menyoroti gaya berbusana Erick Thohir yang belakangan sering mengenakan kemeja bernuansa biru. Menurutnya, hal itu senada dengan warna khas PAN.

"Bahkan akhir-akhir ini kok kelihatan sering menggunakan kemeja bernuansa biru, pakaian bernuansa biru. Jadi kedekatan kita dengan Pak Erick Thohir itu sudah sangat kental," ucap dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Pengamat Nilai Erick Thohir Punya Modal Jadi Cawapres

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya