Jokowi Disebut Dua Kaki Soal Capres, Projo: Dia Kaki Seribu!

Projo buat simulasi capres-cawapres

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo), Budi Arie Setiadi, buka suara terkait adanya anggapan Presiden Joko "Jokowi" Widodo main dua kaki dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Budi Arie menanggapi santai dengan menyebut Jokowi tidak hanya main dua kaki, tetapi justru main seribu kaki.

Kendati begitu, Projo memastikan "kaki seribu" Jokowi itu bertujuan untuk menghimpun aspirasi rakyat.

"Pak Jokowi bukan dua kaki, kaki seribu. Banyak, untuk rakyat. Orang dia (Jokowi) sudah bilang, saya mau bisikin nanti jutaan rakyat saya bisikin satu-satu. Masak dua, kakinya banyak, seribu. Karena untuk rakyat," kata dia dalam konferensi pers di Kantor DPP Projo, Jakarta Selatan, Kamis (25/5/2023).

1. Simulasi paslon capres-cawapres sesuai hasil Musra

Jokowi Disebut Dua Kaki Soal Capres, Projo: Dia Kaki Seribu!Jajaran relawan Pro Jokowi (Projo) dalam konferensi pers Langkah Politik Projo Pasca Musra (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Budi Arie memastikan pihaknya akan membuat simulasi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Projo akan menjaring nama-nama itu, melalui berbagai Konferensi Daerah (Konferda) dari para Dewan Pimpinan Cabang Projo di berbagai wilayah.

Budi Arie menjelaskan, nama yang dinominasikan dalam simulasi merupakan sosok yang digadang-gadang sebagai capres dan cawapres dari hasil Musyawarah Rakyat (Musra).

Dia menjelaskan, terdapat sepuluh simulasi capres-cawapres yang akan dimintakan pendapatnya di tiap konferda.

"Ya itu kan fakta yang kita rekam dan dapat baik dari Musra maupun lembaga survei," kata dia dalam konferensi pers di Kantor DPP Projo.

Baca Juga: Pernyataan Jokowi di Musra Dinilai Tak Mengarah ke Capres Tertentu

2. Daftar simulasi capres dan cawapres

Jokowi Disebut Dua Kaki Soal Capres, Projo: Dia Kaki Seribu!Jajaran relawan Pro Jokowi (Projo) dalam konferensi pers Langkah Politik Projo Pasca Musra (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Diketahui terdapat lima nama yang masuk simulasi paslon capres dan cawapres, yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Airlangga Hartarto, Sandiaga Uno, dan Mahfud MD.

Terhitung, Prabowo dan Ganjar masing-masing masuk dalam empat kali simulasi sebagai capres.

Berikut daftar sepuluh simulasi capres-cawapres versi Projo:

Prabowo-Ganjar
Prabowo-Airlangga
Ganjar-Prabowo
Ganjar-Airlangga
Airlangga-Sandi
Airlangga-Mahfud
Prabowo-Sandi
Ganjar-Sandi
Prabowo-Mahfud
Ganjar-Mahfud

Baca Juga: Projo: Pemilu 2024 Jadi Momentum Milenial dan Gen Z Berkembang

3. Projo sudah konsultasi dengan Jokowi

Jokowi Disebut Dua Kaki Soal Capres, Projo: Dia Kaki Seribu!(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Lebih lanjut, Budi Arie menegaskan, Projo telah konsultasi dengan Jokowi soal rencana menggelar konsolidasi simulasi capres-cawapres di berbagai daerah.

Projo juga mengklaim, pelaksanaan konsolidasi itu sudah sesuai arahan Jokowi yang meminta agar mereka "mendengar kembali suara rakyat".

"Kami telah konsultasi dengan Presiden Jokowi sebelum melakukan konsolidasi organisasi untuk menentukan arah pilihan politik Projo. Melalui Rakernas VI, Projo menentukan arah perjuangan politik di pilpres," imbuh dia.

Baca Juga: Relawan Jokowi Projo Siap Lawan Politik Identitas di Pemilu 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya