Laskar Aman Wadahi Warga NTT di Jabodetabek Deklarasikan Anies Capres

Deklarasi dukungan dibacakan di Gedung Djoeang, Menteng

Jakarta, IDN Times - Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan (Laskar Aman) mewadahi warga diaspora Nusa Tenggara Timur (NTT) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. 

Deklarasi tersebut berlangsung di Aula Gedung Djoeang, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/3/2023).

Baca Juga: Habiskan Malam Minggu di Tunjungan, Anies Baswedan Diteriaki Presiden

1. Meruntuhkan anggapan Anies ditolak di NTT

Laskar Aman Wadahi Warga NTT di Jabodetabek Deklarasikan Anies CapresBakal capres Anies Baswedan ketika melakukan sosialisasi di Sumbawa Barat pada akhir Januari 2023. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Ketua Umum (Ketum) Laskar Angkatan Muda Anies Baswedan (Laskar Aman), Ervanus Tou, menjelaskan deklarasi ini terwujud oleh keinginan warga NTT di Jabodetabek. 

Selain itu juga sebagai bentuk keseriusan dan komitmen Laskar AMAN mendukung dan memenangkan Anies Baswedan sebagai calon Presiden Republik Indonesia. 

Dukungan dari warga NTT Jabodetabek, kata Ervan, menjadi bukti bahwa Anies bisa diterima dan didukung oleh berbagai kalangan masyarakat. Termasuk dukungan warga NTT Jabodetabek yang sering kali dianggap sebagai warga anti Anies. 

"Ada anggapan Pak Anies Baswedan banyak ditolak di NTT apalagi statusnya sebagai salah satu calon kuat Presiden 2024. Namun deklarasi dukungan hari ini oleh warga NTT Jabodetabek tentu meruntuhkan anggapan tersebut dan membuktikan bahwa Anies ternyata mendapat tempat di hati masyarakat NTT. Ini menandakan bahwa Anies juga didukung oleh warga bangsa hampir dari seluruh daerah dan pulau di Indonesia ini," ujar dia dalam keterangannya. 

Baca Juga: Anies Sebut Ada yang Mau Ubah Konstitusi, Airlangga: Menko Itu Ada 4

2. Anies dinilai sosok yang tepat menjawab isu SARA

Laskar Aman Wadahi Warga NTT di Jabodetabek Deklarasikan Anies CapresBakal calon presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan saat berbicara di Bandung. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Ervan mengungkapkan sebelum deklarasi, pihaknya berkoordinasi dengan warga NTT diaspora Jabodetabek yang mendukung Anies. Dia mengklaim, tanggapan masyarakat cukup beragam dan nama Anies juga menjadi perhatian. 

Hal itu dibuktikan dengan tekad dan komitmen warga NTT Diaspora Jabodetabek untuk memenangkan mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut sebagai presiden di 2024.  

Sebagai putra NTT, Ervan meyakini bahwa Anies merupakan sosok yang tepat untuk menjawab kecemasan dan ketakutan masyarakat terkait isu-isu SARA yang sengaja dimainkan untuk menjatuhkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Menurut Ervan, Anies merupakan figur tepat untuk menjawab kecemasan bahkan ketakutan yang sengaja diadu-domba oleh pihak tertentu. Seolah-olah, Anies merupakan figur yang tak sejalan dengan prinsip hidup berbangsa dan bernegara. 

"Saya orang Flores, NTT yang hidup di Jakarta. Kami tak mengalami adanya kebijakan Anies Baswedan yang membeda-bedakan," ucap dia.

Padahal, kata Ervan, Anies merupakan tokoh nasionalis-religius yang telah membuktikan kepemimpinannya di DKI Jakarta. Dia menilai, selama ini Anies diframing dengan narasi-narasi negatif, itu suatu yang tak benar. 

"Kami optimistis jika Anies Baswedan memimpin bangsa Indonesia akan lebih baik. Karena Anies Baswedan telah terbukti memberikan rasa keadilan bagi semua warga DKI Jakarta sehingga kehidupan masyarakat menjadi aman tanpa adanya polarisasi," tutur Ervan. 

Baca Juga: Bawaslu Buka Suara soal SMS Berantai Larang Anies Kampanye di Jatim

3. Laskar Aman berharap bisa saling mendukung

Laskar Aman Wadahi Warga NTT di Jabodetabek Deklarasikan Anies Capres(Instagram/@aniesbaswedan)

Ervan pun berharap setelah deklarasi ini, warga diaspora NTT Jabodetabek bisa membantu keluarga di NTT untuk lebih mengedepankan politik kebangsaan dan saling menghargai setiap perbedaan pilihan politik. 

"Semoga pasca deklarasi ini, politik kebangsaan lebih diutamakan dengan siap menghargai setiap perbedaan politik. Lebih dari itu, semoga NTT menjadi provinsi contoh bagi wilayah lain untuk menghormati setiap calon yang ada, karena mereka semua putra-putri terbaik bangsa saat ini yang sama-sama memiliki cita-cita luhur untuk melayani bangsa ini menjadi lebih baik, lebih maju dan lebih sejahtera," harap Ervan. 

Selain Deklarasi, warga diaspora NTT Jabodetabek ini, terlebih dahulu dibekali dengan diskusi politik yang dikemas dalam Dialog Kebangsaan. Acara ini dihadiri ratusan warga dari berbagai daerah di NTT yang berdomisli di Jabodetabek.

Dialog kebangsaan yang mengusung tema, 'Membangun Harmoni, Merawat Persatuan' ini menghadirkan narasumber di antaranya Politisi Nasdem dan Ketua Dewan Penasehat Laskar Aman, Damian Bilo; Wakil Ketua Mahkamah Partai DPP Demokrat dan Dewan Pakar DPP Laskar Aman, MM Ardy Mbalembout; Politisi NasDem dan Mantan Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno; dan Aktivis Tokoh Pemuda NTT, Rifaiz Lamahoda.

Baca Juga: Anies Sebut Ada yang Mau Ubah Konstitusi, Airlangga: Menko Itu Ada 4

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya