Mahfud Ngaku Belum Ditawari Jadi Cawapres Ganjar

Mahfud pastikan pantau semua dinamika politik jelang 2024

Jakarta, IDN Times - Menko Polhukam, Mahfud MD mengaku belum mendapat tawaran dari pihak koalisi pendukung Ganjar Pranowo untuk menjadi cawapres di Pemilu 2024.

"Belum, belum ditawari (jadi cawapres Ganjar)," ucap Mahfud saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023).

Baca Juga: Siapapun Cawapresnya, Elektabilitas Ganjar Dinilai Tetap Tinggi

1. Mahfud siap jawab jika ditawari jadi cawapres

Mahfud Ngaku Belum Ditawari Jadi Cawapres GanjarBakal capres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo ketika berbincang dengan Menko Polhukam, Mahfud MD pada Sabtu, 9 September 2023. (www.twitter.com/@ganjarpranowo)

Mahfud memastikan dirinya siap menjawab apabila ditawarkan jadi cawapres. Jawaban itu akan disampaikan kepada bacapres Ganjar Pranowo.

"Nanti saya jawab kepada Pak Ganjar," tutur dia.

Baca Juga: Resmikan Relawan Repro 08, Muzani Sebut Cawapres Prabowo Masih Dibahas

2. Mahfud terbuka komunikasi dengan semua pihak, termasuk PDIP

Mahfud Ngaku Belum Ditawari Jadi Cawapres GanjarMenkopolhukam, Mahfud MD (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Mantan Ketua MK ini menegaskan terbuka terhadap semua pihak untuk membahas terkait dinamika politik, termasuk dengan PDI Perjuangan (PDIP). Mahfud juga mengaku memantau setiap fenomena politik jelang Pemilu 2024.

"Ya komunikasi dengan semua lah, karena kan saya menko, Menko Bidang Politik, jadi dengan semua kekuatan politik dan semua fenomena politik saya harus ikut karena saya harus jaga keseimbangan, jadi saya berkomunikasi dengan semuanya," ucap dia.

Baca Juga: Banyak Tokoh Gabung TPN Ganjar, Ada Pensiunan Militer

3. PDIP sebut nama Mahfud jadi pertimbangan utama dampingi Ganjar

Mahfud Ngaku Belum Ditawari Jadi Cawapres GanjarBacapres dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo (IDN Times/Istimewa)

Sebelumnya, nama Mahfud disebut-sebut makin menguat oleh PDIP untuk menjadi pendamping Ganjar pada Pemilu 2024. Apalagi, Mahfud diketahui sering bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri meski Mahfud menepis ada pembicaraan soal isu cawapres. 

Hal itu diperkuat dengaan pernyataan politisi PDIP, Masinton Pasaribu bahwa nama Mahfud semakin intensif dibahas di internal parpol untuk mendampingi Ganjar. Pengalaman Mahfud di pemerintahan, kata Masinton, menjadi salah satu pertimbangan. 

"Prof Mahfud MD adalah salah satu tokoh yang intensif dibahas untuk mendampingi Mas Ganjar. Pengalaman kepemimpinan beliau di lembaga negara dan pemerintahan yang tegas dan konsisten menjadi pertimbangan utama untuk dipasangkan bersama Mas Ganjar Pranowo. Itu semua demi melanjutkan kepemimpinan Indonesia ke depan," kata Masinton kepada media di Jakarta pada 19 September 2023 lalu. 

Ia menambahkan, bila Ganjar berpasangan dengan Mahfud, maka dapat mempercepat proses pembangunan yang sudah dilakukan oleh Jokowi selama memimpin hampir 9 tahun.

"Bila tokoh ini disandingkan akan menjadi energi dan kekuatan untuk mempercepat akselerasi pembangunan yang sudah dilakukan oleh Pak Jokowi selama dua periode (memimpin). Jadi, kita tunggu saja," tutur dia. 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Survei Cawapres: Elektabilitas Mahfud MD Kalahkan RK, Gibran dan Erick

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya