Megawati Tiga Jam Temui Jokowi di Istana, Ini yang Dibahas

Jokowi dan Megawati bahas isu penting Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengonfirmasi pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Merdeka. Hasto menuturkan, pertemuan kedua tokoh itu membahas Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Dalam pertemuan tersebut tentu saja dibahas berbagai hal penting terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024," kata dia dalam keterangan yang diterima IDN Times, Sabtu (18/3/2023).

Baca Juga: Temui Relawan Projo, Jokowi Beri Arahan Ini Jelang Pemilu 2024

1. Megawati dan Jokowi bahas pemikiran dan gagasan Sukarno

Megawati Tiga Jam Temui Jokowi di Istana, Ini yang DibahasPertemuan Jokowi dan Megawati Soekarnoputri (dok. PDIP)

Hasto mengatakan pertemuan itu berlangsung selama tiga jam. Adapun, dalam dua jam pertama, pertemuan dilakukan secara khusus, di tempat yang penuh dengan memori Megawati ketika bersama ayahnya, Sukarno tinggal di Istana. 

"Bahkan Ibu Mega menunjukkan berbagai hal yang bersifat un-told story kepada Presiden Jokowi dan sekaligus menyampaikan bagaimana ide, pemikiran, gagasan dan cita-cita Bung Karno bagi Indonesia dan dunia," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Dipastikan Hadiri Penutupan Musra di GBK 13 Mei 2023

2. Suasana pertemuan sangat akrab

Megawati Tiga Jam Temui Jokowi di Istana, Ini yang DibahasSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto menjelaskan, pertemuan itu berlangsung dalam suasana akrab, mengingat hubungan antara Megawati dan Jokowi begitu dekat. Kemudian pertemuan diakhiri dengan makan bersama. 

“Bapak Presiden Jokowi mempromosikan Sayur Lodeh sebagaimana menjadi kegemaran Bung Karno; nasi goreng sea food; sop ayam kampung; dan tentu saja krupuk khas Solo," tutur dia.

Baca Juga: Gerindra Buka Peluang Prabowo-Ganjar, PDIP: Megawati yang Putuskan

3. Megawati dan Jokowi sempat bertemu di Istana Batu Tulis

Megawati Tiga Jam Temui Jokowi di Istana, Ini yang DibahasPresiden Jokowi dan Megawati tiba di Rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (dok. PDIP)

Lebih lanjut, Hasto mengungkapkan, Megawati secara periodik bertemu dengan Jokowi. Sebelumnya, Jokowi dan Megawati bertemu di Istana Batu Tulis Bogor, kali ini pertemuan diadakan di Istana Merdeka, Jakarta. 

"Pertemuan kedua pemimpin membahas berbagai persoalan bangsa, termasuk membangun kesepahaman terhadap arah masa depan, serta berbagai agenda strategis terkait kebijakan luar negeri menghadapi berbagai tantangan geopolitik; mendorong penguasaan ilmu pengetahuan, riset dan inovasi, termasuk mewujudkan kedaulatan pangan, sebagai jalan Indonesia berdikari," imbuh dia.

Baca Juga: Jokowi Harap Masyarakat Melayu-Banjar Aktif dalam Pembangunan IKN

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya