Mental Kerja Erick Thohir Dinilai Layak Ditiru Partai Politik

Mental juara agar kader tak sekadar jadi petugas partai

Jakarta, IDN Times - Pakar Psikologi dari Universitas Airlangga (Unair), Suryanto, menilai, mental juara yang digaungkan oleh Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir pada ajang SEA Games 2023 layak ditiru partai politik.

Di PSSI, dorongan psikologis mental juara Erick Thohir berhasil mendorong Timnas Sepak Bola U-22 Indonesia meraih medali emas di ajang SEA Games 2023.

Baca Juga: Jokowi di Puncak Musra: Indonesia Butuh Pemimpin yang Tepat

1. Mental juara dibutuhkan kader parpol agar tak jadi sekadar petugas partai

Mental Kerja Erick Thohir Dinilai Layak Ditiru Partai PolitikIlustrasi partai politik peserta pemilihan umum (pemilu) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Menurutnya, mental kerja keras itu layak untuk membangun bangsa Indonesia ke depan. Dia meyakini, dengan diterapkannya mental juara, maka kader-kader parpol yang mengemban jabatan publik dapat bertransformasi mengayomi masyarakat secara utuh dan tidak terkekang sebagai petugas partai.

“Pemimpin nasional nantinya bukan lagi semata-mata menjadi petugas partai. Tetapi sebagai petugas masyarakat Indonesia," kata Suryanto dalam keterangannya, Rabu (24/5/2023).

Baca Juga: 7 Masalah yang Wajib Dikonsultasikan dengan Psikolog

2. Mengandung ideologi dasar negara

Mental Kerja Erick Thohir Dinilai Layak Ditiru Partai Politiksoutheast-asia-information.com

Suryanto menjelaskan, mental juara tersebut dapat diterapkan ke berbagai sektor kehidupan bernegara. Selain itu, mental juara yang disampaikan Erick Thohir disebut mengandung ideologi Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4).

"Ideologi P4 tersebut memiliki nilai adi luhur bangsa Indonesia. Seperti memiliki jiwa tidak mudah disuap, kedisiplinan, memberikan contoh keteladanan, dan memiliki integritas tinggi," ucap dia.

Baca Juga: 5 Perbedaan Sikap Tegas dan Otoriter, Seorang Pemimpin Wajib Tahu!

3. Jiwa adi luhur jadi modal utama pemimpin nasional

Mental Kerja Erick Thohir Dinilai Layak Ditiru Partai PolitikIlustrasi Pemimpin . (IDN Times/Aditya Pratama)

Di sisi lain, dia mengatakan, pemimpin yang memiliki jiwa adi luhur merupakan modal utama untuk pemimpin nasional yang dapat membawa Indonesia menjadi negara yang maju.

“Nilai adi luhur bisa menciptakan keteladanan pemimpin yang baik. Keteladanan pemimpin ini modal membangun bangsa. Penerapan mental juara Erick Thohir tak hanya di sektor olahraga semata, dengan program yang jelas, berkelanjutan dan keteladanan pemimpin, mental juara ini bisa diaplikasikan ke berbagai sektor," ucap dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Aliran Korupsi BTS Diduga Masuk 3 Parpol, Mahfud: Hukum yang Tentukan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya