Pengamat Nilai Erick Thohir Punya Kriteria Mumpuni Jadi Wapres

Elektabilitas Erick Thohir cukup memumpuni

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi nama yang digadang-gadang sebagai calon wakil presiden (cawapres) terkuat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan, salah satu menteri andalan Presiden Joko "Jokowi" Widodo (Jokowi) ini memenuhi empat variabel untuk mengisi posisi sebagai wakil presiden (wapres) selanjutnya.

Baca Juga: BEM UI Unggah Video Puan Maharani Berbadan Tikus di Medsos

1. Variabel tokoh yang layak jadi cawapres

Pengamat Nilai Erick Thohir Punya Kriteria Mumpuni Jadi Wapresilustrasi Calon Presiden (IDN Times/Aditya Pratama)

Qodari lantas menjelaskan empat variabel tersebut yakni, memiliki elektabilitas tinggi, mampu menghimpun dukungan dari partai politik, memiliki kekuatan logistik, dan kecocokan pribadi dengan capres yang akan diusung.

“Kalau Pak Erick Thohir rasanya memiliki keempat-empatnya untuk diusung pada pilpres nanti sebagai cawapres,” kata Qodari dalam keterangan yang diterima IDN Times, Jumat (24/3/2023).

Dia menjelaskan, Erick Thohir memiliki elektabilitas tinggi sebagai cawapres. Dalam hasil survei terbaru dari Indo Barometer, Eks Presiden Inter Milan ini menjadi pilihan utama masyarakat dalam memilih cawapres.

Erick Thohir berhasil meraih elektabilitas teratas dalam simulasi cawapres. Dia mengalahkan Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua DPR RI Puan Maharani, hingga Pengusaha Chairul Tanjung.

“Variabel elektabilitas, tentunya capres menginginkan cawapres yang memiliki elektabilitas tinggi,” ujar Qodari.

Baca Juga: Elektabilitas Erick Thohir sebagai Cawapres Teratas, Ini Faktornya!

2. Erick Thohir mampu himpun dukungan parpol

Pengamat Nilai Erick Thohir Punya Kriteria Mumpuni Jadi WapresIlustrasi partai politik peserta pemilihan umum (pemilu) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dia lantas menilai, Erick Thohir mampu menghimpun dukungan dari partai politik. Di mana hingga saat ini terdapat dua partai yang dinilai telah memberikan sinyal dukungan yakni PAN dan PPP.

PAN bahkan secara terang-terangan ingin mengusung duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir di Pilpres 2024 mendatang.

“Bisa membawa dukungan partai politik dan Pak Erick Thohir itu sering disebut – sebut dan didukung di dua partai kalau saya liat yakni PAN dan PPP,” kata Qodari.

Baca Juga: Nasib Prima di Pemilu 2024 Akan Diputuskan KPU pada April 2023

3. Erick punya kekuatan logistik dan kedekatan denhan pihak capres

Pengamat Nilai Erick Thohir Punya Kriteria Mumpuni Jadi WapresKetum PSSI, Erick Thohir, di GBK Arena. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Terakhir, Erick Thohir dianggap punya kekuatan logistik dan kecocokan pribadi dengan capres yang akan diusung. Menurut Qodari, Erick Thohir sebagai profesional kelas dunia sudah tidak perlu diragukan lagi dalam hal logistik sedangkan kecocokan pribadi cenderung subjektif.

“Memiliki sumber daya dan logistik yang besar kalau Pak Erick Thohir orang tidak mempertanyakan lagi. Terakhir adalah tentang kecocokan pribadi, cawapres yang memenuhi empat kriteria ini adalah yang paling ideal,” ujarnya.

Namun jika melihat setengah tahun belakangan, Qodari melihat hubungan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir semakin dekat menjelang Pilpres 2024.

“Dalam setengah tahun terakhir ini kita lihat hubungan Pak Ganjar Pranowo dan Pak Erick Thohir semakin dekat dan makin punya chemistry ya,” imbuh dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya