Comscore Tracker

8 Bukti Efek Placebo Itu Manjur, Berpikir Positif Memang Nyata Berguna

Jika kita percaya bisa sukses dan bahagia, kita akan bisa

Ketika ada orang sukses yang mengatakan bahwa mereka percaya akan hidup lebih baik, kebanyakan netizen mengatakan jika yang sukses adalah orang yang beruntung saja atau yang kaya saja. Masih banyak orang yang meragukan kekuatan berpikir positif. Padahal kekuatan berpikir positif ini telah teruji secara ilmiah dan memang benar-benar ada.

Dinamakan efek placebo, ini adalah istilah yang lebih banyak dipergunakan di dunia kedokteran yang mana pasien menjadi lebih cepat sembuh karena berpikir positif. Banyak sekali riset yang telah dilakukan terkait hal ini. Berikut ini adalah beberapa fakta dari efek placebo yang telah ditemukan dari studi-studi tersebut.

1. Efek Placebo muncul untuk melindungi pasien dari kekecewaan

8 Bukti Efek Placebo Itu Manjur, Berpikir Positif Memang Nyata Bergunasocial.eyeforpharma.com

Elisha Perkins telah menerapkan konsep efek placebo sejak abad 18. Dokter tersebut mencoba menyembuhkan pasiennya dengan sebuah alat buatannya.

Alat tersebut terbuat dari besi dan kuningan, namun Perkins mengatakan kepada pasiennya bahwa alat itu berasal dari bahan spesial. Dia pun menetapkan biaya besar untuk pengobatannya dan menariknya, para pasien mengatakan merasa lebih baik setelahnya.

2. Efeknya berdampak secara mental maupun fisik

8 Bukti Efek Placebo Itu Manjur, Berpikir Positif Memang Nyata Bergunavideoblocks.com

Secara mental mungkin bisa lebih dipercaya, tapi dampak fisiknya ini telah terbukti secara ilmiah. Pada 2005, penelitian dari University of Michigan mengecek kesehatan dari 14 anak muda. Rahang mereka disuntikkan air garam untuk memberikan rasa sakit. Beberapa waktu kemudian, partisipan uji coba itu diberikan efek placebo dan diberitahu bahwa obatnya sedang tahap bekerja.

Saat men-scanning otak, peneliti melihat jika di beberapa area otak ada hormon endorfin yang teraktivasi. Partisipan riset pun mengatakan mereka merasakan sakit yang berkurang dan rasa toleransinya meningkat.

3. Efek placebo semakin besar jika simbolnya kuat

8 Bukti Efek Placebo Itu Manjur, Berpikir Positif Memang Nyata Bergunamdsupplies.com

Di antara 1956 hingga 1965 serta 2000 hingga 2006 terdapat riset yang menguji coba efek placebo terhadap jarum suntik. Riset ini mencoba membuktikan jika efek placebo tak hanya bereaksi pada obat-obatan saja, namun juga hal ini.

Hasil riset berhasil membuktikannya. Malahan suntikan tersebut memiliki efek placebo yang lebih kuat ketimbang obat. Dari sini ditarik kesimpulan jika kekuatan efek placebo semakin besar jika barang dengan simbol yang kuat ikut dimainkan.

4. Kesuburan seseorang juga bisa terpengaruh

8 Bukti Efek Placebo Itu Manjur, Berpikir Positif Memang Nyata Bergunatime.com

Sebuah studi mengumpulkan 55 wanita yang sedang berusaha hamil. 33 partisipan diberikan efek placebo dan 22 partisipan lainnya mendapatkan obat kesuburan. 5 dari grup efek placebo berhasil hamil, sedangkan yang diberikan obat terdapat 7 orang.

Pada tes lain, tingkat kehamilan mencapai angka 40 persen saat mendapatkan placebo. Peneliti beranggapan jika kehamilan itu bisa terjadi karena stres dari partisipannya berkurang saat mengikuti tes ini.

Baca Juga: ADHD, Gangguan Mental yang Menyerang Jutaan Anak 

5. Placebo bisa menghilangkan efek obat-obatan

8 Bukti Efek Placebo Itu Manjur, Berpikir Positif Memang Nyata Bergunacontractscotland.co.uk

Peneliti di Jerman dan Inggris mencoba membalik efek placebo. Sebuah grup diberikan semacam aspirin dan setengahnya diberitahu jika mereka mendapatkan aspirin, setengahnya lagi tidak. Mereka yang diberitahu jika obat yang mereka minum itu bukan aspirin menunjukkan secara penuh efek aspirin itu hilang dari tubuhnya.

6. Efek placebo juga berpengaruh pada masalah harga

8 Bukti Efek Placebo Itu Manjur, Berpikir Positif Memang Nyata Bergunathekrazycouponlady.com

University of Cincinnati melakukan uji coba terhadap 12 orang yang sedang menjalani perawatan Parkinson. Semua partisipan grup ini mendapatkan efek placebo, namun sebagian peserta diberitahu jika obat yang mereka minum jauh lebih mahal daripada obat lainnya. Mereka yang mendapatkan obat “mahal” memiliki peningkatan kesehatan yang jauh lebih baik daripada yang mendapat obat “murah.”

7. Tak hanya itu, bahkan nama brand turut memiliki efek placebo

8 Bukti Efek Placebo Itu Manjur, Berpikir Positif Memang Nyata Bergunapatch.com

Studi akan efek placebo juga berhasil menemukan jika nama produsen obat sangat mempengaruhi khasiatnya. Kecenderungan orang-orang melihat nama sebuah brand dan mengoneksikannya terhadap kualitas barang yang dikeluarkan sangat kuat.

8. Efek placebo bekerja lebih baik daripada yang kita pikirkan

8 Bukti Efek Placebo Itu Manjur, Berpikir Positif Memang Nyata Bergunamedimetry.com

Efek placebo paling kuat jika dihubungkan dengan penanganan terhadap kejiwaan, seperti pemberian obat anti depresan atau anti kecemasan. Tak perlu jauh-jauh meminum obat. Bahkan datang ke psikiater atau ke dokter yang memiliki terapi kuat saja mampu menyembuhkan dan dikatakan resep yang mereka berikan jauh lebih menyembuhkannya daripada yang lain.

Inilah mengapa ketika melihat dan berbincang dengan orang-orang sukses, banyak dari mereka pasti memiliki pikiran yang positif dalam menjalankan usahanya. Karena itu kamu sendiri harus menjalani hidup dengan pikiran positif agar bisa sukses dan tetap sehat.

Baca Juga: Ini 7 Tahap Proses dalam Berduka secara Ilmiah, jika Mentalmu Sehat

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You