Comscore Tracker

Demi Hemat Listrik, Kamu Bisa Menghentikan 7 Kebiasaan Buruk Ini Lho!

Membuang listrik sama saja dengan merusak lingkungan

Surabaya, IDN Times - Kamu percaya tidak jika energi yang kamu pakai, seperti listrik untuk menyalakan lampu di rumahmu itu sebenarnya mengambil dari alam? Kalau tidak menghematnya, kamu hanya akan membuang sumber daya alam tak tergantikan tersebut dengan sia-sia. Itulah yang coba dikampanyekan oleh teman-teman yang bergabung dalam acara Earth Hour, Switching Off, pada Sabtu kemarin (30/3).

Acara yang diselenggarakan semarak di seluruh negara tersebut mengkampanyekan dan mengajak masyarakat untuk peduli dengan sekitarnya. Setidaknya untuk di Surabaya sendiri, acara Switching Off yang berupa aksi pemadaman lampu tersebut terselenggara di beberapa tempat sekaligus. Salah satunya adalah di hotel Shangri-la Hotel Surabaya.

Kalau sering menggunakan listrik ya, secara otomatis kita banyak melakukan permintaan kepada instansi yang menyediakan energi tersebut. Untuk memenuhinya, instansi-instansi tersebut akan menggunakan lebih banyak bahan bakar batu bara, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, alias terjadi eksploitasi besar-besar. Akibatnya biodiversitas akan terganggu. Itu yang coba kami sampaikan kepada masyarakat lewat acara ini,” terang Adriani Valianda Tobing selaku ketua Earth Hour regional Surabaya.

Berbicara tentang penghematan energi sendiri nih, apakah teman-teman sudah melakukan hal tersebut? Atau malahan kalian sering melakukan pemborosan energi dan membuangnya secara cuma-Cuma? Itu karena pemborosan energi itu bisa datang dari kebiasaan kalian sehari-hari lho. Kebiasaan seperti apa sih? Ini dia kebiasaan tersebut.

Demi Hemat Listrik, Kamu Bisa Menghentikan 7 Kebiasaan Buruk Ini Lho!IDN Times/Abraham Herdyanto

1. Terus menyalakan lampu di rumah

Demi Hemat Listrik, Kamu Bisa Menghentikan 7 Kebiasaan Buruk Ini Lho!hackernoon.com

Walaupun sederhana, namun kebiasaan menyalakan lampu di rumah ternyata adalah salah satu alasan tertinggi untuk penggunaan energi. Tentu saja kamu bisa mengubah kebiasaan ini. Caranya bisa dimulai dengan selalu mematikan lampu tiap kali kalian meninggalkan ruangan atau rumah.

2. Menggunakan lampu pijar

Demi Hemat Listrik, Kamu Bisa Menghentikan 7 Kebiasaan Buruk Ini Lho!independent.co.uk

Lampu pijar mengambil banyak sekali energi listrik. Untuk lebih menghemat energi, ada baiknya kamu berganti lampu menjadi lampu LED yang lebih efisien dalam mengonsumsi listrik. Bisa juga kamu menggunakan lampu CFL.

3. Membiarkan barang elektronik tetap tersambung dengan listrik

Demi Hemat Listrik, Kamu Bisa Menghentikan 7 Kebiasaan Buruk Ini Lho!thisismoney.co.uk

Barang-barang elektronik tetap menggunakan energi walaupun mereka dalam kondisi mati. Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencabut koneksi listrik ketika TV, komputer atau charger smartphone-mu ketika tidak digunakan.

Baca Juga: Terang Terus, 5 Kota Ini Disebut-sebut Paling Boros Listrik Sedunia

4. Membuka lemari es

Demi Hemat Listrik, Kamu Bisa Menghentikan 7 Kebiasaan Buruk Ini Lho!magnoliastripes.com

Kamu pasti tidak sadar jika kegiatan ini sebenarnya memakan banyak energi. Setidaknya setiap tahun, orang selalu melakukan kebiasaan ini selama 10 jam hanya untuk memandang isi lemari es tanpa melakukan apa-apa. Padahal hal itu telah menghabiskan energi setidaknya mencapai tujuh persen dari keseluruhan energi yang digunakan tiap tahun.

5. Mencuci pakaian dengan air panas

Demi Hemat Listrik, Kamu Bisa Menghentikan 7 Kebiasaan Buruk Ini Lho!washlaundry.com

Kalau kamu menggunakan mesin pencuci baju yang memiliki fitur air panas, sebaiknya jarang-jarang saja menggunakan fitur tersebut. Hanya dengan tidak menggunakannya, kamu sudah bisa menghemat energi penggunaanmu hingga 50 persen. Gunakan air dingin terkecuali ada kondisi khusus yang memang memerlukan air panas.

6. Lupa mengganti penyaring udara

Demi Hemat Listrik, Kamu Bisa Menghentikan 7 Kebiasaan Buruk Ini Lho!movingsubzerorefrigeratorsorangecounty.com

Ini adalah kebiasaan para pengguna air conditioner (AC). Mereka yang menggunakan alat ini sering kali lupa untuk mengganti penyaring udaranya secara berkala dan itu membuat AC berjalan tidak efektif. Hasilnya, AC harus menggunakan energi lebih untuk menarik dan menyaring udara. Setidaknya kamu perlu mengganti penyaring udara tersebut tiap tiga bulan.

7. Menyalakan lemari es yang tidak berisi

Demi Hemat Listrik, Kamu Bisa Menghentikan 7 Kebiasaan Buruk Ini Lho!djiboutijones.com

Memiliki lemari es yang besar untuk menyimpan makanan adalah hal bagus, namun sia-sia jika tidak ada isinya. Lemari es tidak berisi mampu menghabiskan daya hingga 103 kWh.

Karena itu, jika lemari esmu tidak ada isinya akan lebih baik untuk tidak mengisinya. Toh itu juga menghemat uangmu.

Listrik memang diciptakan untuk membuat hidup lebih nyaman, tapi selalu ada cara untuk menghematnya. Lagi pula di sisi lain, kamu juga bisa menghemat biaya dari kegiatan tersebut. Coba hentikan hal-hal sederhana di daftar ini dan lihat apa yang terjadi.

Baca Juga: Earth Hour, Wali Kota Makassar Ajak Warga Matikan Listrik Sejenak

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You