TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Selalu Jadi Pertanyaan, Ini Lho 5 Fakta Unik Baju Astronot

#SainSeru Kenapa baju astronot dibuat longgar ya?

theverge.com

Astronot tentu sudah tidak asing lagi dalam dunia astronomi. Mereka telah berjasa dalam menggali sejarah mengenai hal-hal yang berada di luar planet Bumi. Banyak sekali penemuan tentang galaksi, planet, hingga partikel cahaya yang sulit dijelaskan bentuk maupun wujudnya.

Para astronot harus beradaptasi dengan tidak adanya gravitasi di luar Bumi sehingga diperlukan kesehatan yang fit dan tidak boleh berada dalam gangguan sedikitpun. Banyak risiko di luar angkasa yang menghampiri para astronot. Maka dari itu, mereka perlu mengenakan kostum khusus saat melakukan misi di luar angkasa.

Nah, berikut ini 5 fakta unik mengenai baju astronot yang jarang diketahui.

 

1. Baju astronot memiliki kriteria khusus

nasa.gov

Material yang digunakan dalam baju astronot mempunyai kriteria khusus terhadap wilayah luar angkasa. Kandungan kimia yang ada di luar angkasa harus dapat ditangkal oleh baju astronot sehingga dapat beradaptasi dengan baik. Lalu radiasi sinar matahari juga mampu ditangkal oleh baju tersebut. 

Di luar angkasa, kita tidak akan tahu seberapa banyak kandungan yang terdapat dalam jutaan bintang di angkasa dan juga temperatur ruang yang sangat luas tersebut. Maka dari itu, beberapa hal sudah diujikan terlebih dahulu dari para ilmuwan untuk menjadikan standarisasi khusus dari sebuah baju astronot.

2. Baju astronot lebih cocok untuk gravitasi nol

nasa.gov

Jika dipakai di Bumi, maka baju tersebut tidak baik untuk dipakai karena baju tersebut cukup berat dan berbahan tebal. Baju astronot memudahkan para astronot untuk bergerak mengitari planet yang dipijakinya. Hal ini terkait massa atau beban baju tersebut seimbang dengan gravitasi nol yang berada di luar angkasa. Seperti satelit alami Bumi, yaitu Bulan, banyak astronot sudah menginjakkan kakinya di sana dengan menggunakan baju tersebut.

3. Ukuran yang begitu longgar

theverge.com

Ukuran baju astronot tidak boleh dibuat pas dan harus longgar. Hal tersebut dikarenakan pengaruh gravitasi nol yang lebih cocok dibuat dengan baju berukuran yang tidak pas sehingga tidak terjadi gangguan. Jika dipakai di Bumi, hal tersebut tentu akan sangat mengganggu karena tingkat kelembaban yang ada pada baju astronot lebih tinggi di Bumi dan juga dipengaruhi oleh gravitasi.

4. Sangat tidak nyaman

nasa.gov

Baju astronot tidak begitu nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama. Mereka akan merasakan kurang nyaman dan pasti akan segera melepaskannya saat kembali ke dalam pesawat antariksa untuk lebih leluasa dalam melakukan segala aktivitas.

Mereka tentu tidak akan minum dan makan dengan menggunakan baju tersebut karena akan sangat mengganggu. Maka dari itu, banyak astronot menyiapkan baju cadangan untuk melapisi tubuhnya selama di luar angkasa.

Verified Writer

Reinhart Ignasius

Biasalah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya