Comscore Tracker

5 Bangunan Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga Sekarang

Mulai dari Knap of Howar hingga Kerajaan Knossos

Bagi kamu para penggemar sejarah atau arkeologi, pastinya kamu pernah berpikir mengenai bangunan-bangunan tua yang pernah ada di dunia. Memang, terdapat banyak sekali bangunan tua yang saat ini masih eksis. Bahkan, kebanyakan dari bangunan tersebut dibangun pada masa ribuan tahun sebelum tahun masehi.

Pastinya bangunan-bangunan tersebut saat ini sudah dilindungi, baik oleh negara masing-masing atau pun organisasi internasional seperti UNESCO. Berikut 5 bangunan tertua di dunia yang masih eksis hingga sekarang.

1. Knap of Howar, Skotlandia

5 Bangunan Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga Sekarangsaintsandstones.net

Knap of Howar merupakan bangunan tua yang terletak di Pulau Papa Westray, Skotlandia. Bangunan ini merupakan tempat tinggal bagi masyarakat pada zaman dahulu. Dilansir Oldest.org, bangunan ini dibentuk pada tahun 3600 Sebelum Masehi.

Di dalam situs ini, terdapat dua dinding bangunan yang besar dan berbentuk persegi panjang bulat yang berdekatan dengan pintu masuk yang menghadap ke laut. Meskipun sudah berumur sangat tua, bangunan ini masih utuh dapat walaupun sering dikunjungi oleh para wisatawan.

2. Kuil Ġgantija, Malta

5 Bangunan Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga Sekarangviator.com

Kuil Ġgantija merupakan salah satu kuil tertua di dunia. Kuil yang termasuk warisan budaya dunia oleh UNESCO ini berlokasi di negara Malta. Umur dari kuil ini diyakini sekitar tahun 3200-3600 Sebelum Masehi. 

Menurut cerita rakyat Gozitan, dalam sejarah pembangunan kuil ini, terdapat seorang wanita raksasa yang hanya makan kacang panjang dan madu dan dapat melahirkan seorang anak dari orang biasa. Dengan anak yang digantung di bahunya, wanita itu membangun kuil-kuil ini dan menggunakannya sebagai tempat ibadah.

Baca Juga: 5 Bangunan Kuno di Saarbrücken, Jerman yang Wajib Dikunjungi 

3. Kuil Tarxien, Malta

5 Bangunan Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga Sekaranghisour.com

Malta memang dikenal memiliki beberapa bangunan yang bersejarah. Selain memiliki Kuil Ġgantija, Malta juga memiliki salah satu bangunan tertua di dunia lainnya, yaitu Kuil Tarxien. Bangunan ini diyakini dibangun pada 2500-3600 Sebelum Masehi.

Fungsi dari bangunan ini ialah sebagai tempat pemujaan dan ritual. Salah satu ritual yang pernah dilakukan di bangunan ini pada zaman dahulu ialah pengorbanan hewan. Selain itu, di kuil ini juga ditemukan bekas-bekas hasil kremasi.

4. Shunet el-Zebib, Mesir

5 Bangunan Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga Sekarangwmf.org

Shunet el-Zebib merupakan bangunan yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Khasekhemwy di Mesir. Bangunan tersebut diyakini dibangun pada sekitar tahun 2750 Sebelum Masehi. Bangunan ini dibuat dari bata lumpur yang sangat kuat dan membentuk dinding yang sangat panjang.

Bangunan ini dibuat sebagai tempat penyembahan raja-raja sebelumnya. Meskipun masih bertahan hingga saat ini, banyak bagian dari bangunan ini yang sudah runtuh. Untuk menemukan bangunan bersejarah ini, kamu dapat mengunjungi sebuah daerah yang bernama Abydos di Mesir.

5. Kerajaan Knossos, Yunani

5 Bangunan Tertua di Dunia yang Masih Eksis hingga Sekarangthetinybook.com

Pada zaman dahulu, terdapat sebuah kerajaan di Yunani yang bernama Knossos. Sampai sekarang, masih ada situs peninggalan dari kerajaan tersebut berupa bangunan yang terletak di Crete, Yunani. Bangunan ini diyakini dibangun pada 1950 Sebelum Masehi.

Kerajaan ini mulai ditinggalkan penduduknya akibat bencana alam dan perang sipil yang terjadi di daerah mereka. Belum ada waktu secara spesifik mengenai kapan para penduduk di sana mulai meninggalkan Kerajaan Knossos. 

 

Nah, itu dia 5 bangunan tertua di dunia yang wajib kamu ketahui. Memang, kebanyakan dari bangunan-bangunan dalam daftar di atas berasal dari Eropa. Pastinya kita semua mengharapkan bangunan tersebut masih dapat dilindungi agar rusak atau runtuh.

Baca Juga: 9 Bangunan Kuno yang Masih Digunakan Sampai Hari Ini, Menakjubkan!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya