Comscore Tracker

[INFOGRAFIS] Fakta Perjuangan Indonesia Lawan Penjajah sampai Merdeka

Kamu perlu kenal Indonesia, negerimu, lebih dalam

Kita semua tahu bahwa Indonesia diproklamasikan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Yang belum banyak kita tahu adalah apa saja yang sudah dialami oleh Indonesia sejak pertama kali dijajah dan mengapa Indonesia bisa dijajah beberapa negara, dalam waktu yang terbilang lama. Semuanya akan dibahas secara singkat dan jelas dalam infografis di artikel ini.

[INFOGRAFIS] Fakta Perjuangan Indonesia Lawan Penjajah sampai Merdekawarscapes.com

Indonesia adalah negeri yang sangat kaya raya dalam sumber daya alamnya, begitu juga dengan keberagaman budayanya. Saking kayanya, sampai hal ini menarik perhatian seluruh dunia apalagi ketika mereka mulai menemukan Indonesia.

[INFOGRAFIS] Fakta Perjuangan Indonesia Lawan Penjajah sampai Merdekawowshack.com

Sebelum era kolonialisasi Eropa di Indonesia, Indonesia adalah negeri yang sangat berkuasa di dunia dengan banyaknya pelaut berjaya dari beberapa kerajaan besar di dalamnya. Indonesia sempat dinilai menjadi pusat peradaban karena ditemukannya berbagai fosil manusia purba dan teknologi super muktakhir zaman dahulu seperti pembangunan Candi Borobudur.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 17.000 pulau ada di dalamnya. Keberagaman di tiap daerah yang begitu banyaknya kini menjadi nilai lebih, padahal dulu sempat menjadi bumerang pemecah karena belum ada sesuatu/seseorang yang mempersatukan semuanya. Banyak peperangan saudara dan perebutan daerah terjadi di mana-mana.

Baca juga: [INFOGRAFIS] 10 Provinsi di Indonesia Ini Penduduknya Paling Banyak Lho!

Total ada sekitar 830 kerajaan dulunya di Indonesia. Alasan terbesar mengapa Indonesia bisa dijajah dalam waktu terbilang lama oleh beberapa negara adalah karena perjuangan Indonesia saat itu masih terpecah-pecah dari tiap kerajaan/kesultanan. Bahkan tiap kerajaan masih menyerang satu sama lain dan saling berebut kekuasaan.

[INFOGRAFIS] Fakta Perjuangan Indonesia Lawan Penjajah sampai Merdekawsj.com

Oleh karena itu, Sumpah Pemuda menjadi titik awal pemersatu Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928. Seluruh rakyat Indonesia bersumpah berjuang atas nama satu Negara Indonesia, bersemboyankan Bhinneka Tunggal Ika, yang artinya "walaupun berbeda-beda namun tetap satu jua". Bagaimana kisah Indonesia sejak awal penjajahannya hingga merdeka, berikut infografisnya:

[INFOGRAFIS] Fakta Perjuangan Indonesia Lawan Penjajah sampai MerdekaIDN Times/Sukma Shakti

Nah, sekarang kamu segaknya tahu gambaran besar perjalanan Indonesia dan perlawanan para pejuangnya kan? Bersyukurlah dengan apa yang bisa kita rasakan dan gunakan saat ini, karena di masa penjajahan, rakyat Indonesia gak seberuntung kita sekarang.

Manfaatkan segala yang ada dengan maksimal untuk bisa membuat bangga bangsa dan negaramu, serta selalu hargai jasa para pahlawan kita, karena itulah yang akan membuat Indonesia jadi bangsa yang besar kan?

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: 7 Penemu Indonesia Ini Justru Lebih Diakui Banget Secara Internasional

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya