Comscore Tracker

7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotis

Mempunyai warna yang eksotis

Kuba menjadi salah satu negara kepulauan yang berada di Karibia, yang persis berada di tengah antara Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan. Negara Kuba yang terkenal akan kebudayaannya yang kental dan kondisi alam yang masih cukup alami. Pastinya terdapat berbagai jenis hewan yang endemik dari Kuba yang menarik, salah satunya adalah berbagai spesies burung. Negara ini memang sudah terkenal dengan banyaknya burung endemik yang tidak ditemukan pada wilayah lain di Benua Amerika.

Maka dari itu coba simak beberapa jenis burung asli dari Kuba yang memiliki bentuk eksotis dan hanya ditemukan di negara ini. 

1. Cuban Trogon

7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotisebird.org

Cuban trogon menjadi burung endemik dari Kuba sekaligus menjadi burung nasional negara ini. Habitat burung ini berada di hutan basah maupun kering serta dapat ditemukan di berbagai area di Kuba. Burung bernama latin Priotelus temnurus ini sangat menarik dengan perpaduan warna yang cantik antara hijau pekat, hitam, merah pada bagian samping dan putih pada tenggorokan hingga perutnya.  

2. Fernandina's flicker

7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotishbw.com

Fernandina's flicker termasuk jenis burung pelatuk yang hanya ditemukan di wilayah negara Kuba. Burung ini juga menjadi spesies dalam bahaya, yang mana jumlah hanya tersisa 600-800 ekor di alam liar akibat dari kerusakan lingkungan dan berkurangnya habitat alaminya. Burung dengan nama latin Colaptes fernandinae  ini memiliki warna yang cantik dengan corak perpaduan warna coklat, hitam, kuning dan hijau yang memikat mata. 

3. Gundlach's hawk

7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotisebird.org

Gundlach's hawk tergolong sebagai burung pemangsa yang endemik dari Kuba dan masuk dalam burung terancam punah akibat dari berkurangnya habitat alami. Burung predator ini termasuk dalam elang berukuran sedang yang mampu tumbuh hingga 50 cm serta mayoritas mangsa utamanya adalah burung lain. Warna elang ini juga sangat menarik dengan warna abu-abu pada bagian belakang, serta depan tubuhnya berwarna putih dengan kepala berwarna hitam. 

Baca Juga: 7 Burung Endemik Pegunungan Andes yang Beda dari Lainnya

4. Cuban kite

7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotispinterest.com

Salah satu burung predator lainnya yang juga endemik dari Kuba adalah Cuban kite dan masuk dalam status dalam bahaya akibat banyaknya penggundulan hutan serta hilangnya habitat alami disamping adanya perburuan. Burung bernama latin Chondrohierax wilsonii ini hanya tersisa antara 40-250 ekor di alam liar, dan memiliki mangsa utama berupa siput dan slug.  

5. Cuban Green Woodpecker

7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotisflickr.com

Cuban Green Woodpecker menjadi burung endemik Kuba yang mempunyai warna mencolok perpaduan antara hijau, putih dan merah. Burung bernama latin Xiphidiopicus percussus ini memiliki habitat alami di area hutan kering dan basah. Selain itu makanan utamanya adalah serangga, katak kecil dan buah-buahan. 

6. Cuban Parakeet

7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotisflickr.com

Cuban parakeet termasuk dalam spesies burung terancam yang ada di Kuba, tepatnya dapat ditemukan di Pulau Isla de la Juventud. Habitat utama terdapat di hutan basah, kering dan padang rumput sabana, dengan makanan utama berupa biji-bijian. Burung ini terancam akibat dari adanya kerusakan habitat dan ditangkap untuk dijadikan hewan peliharaan. 

7. Bare-legged owl

7 Burung Endemik dari Kuba dengan Bentuk Eksotishiveminer.com

Bare-legged owl menjadi spesies burung hantu endemik Kuba dan Isla de la Juventud yang masuk dalam jenis burung hantu dengan ukuran kecil, antara 20-23 cm dan berat 8 gram. Burung bernama latin Margarobyas lawrencii ini mempunyai mangsa utama berupa serangga, namun jarang ditemukan memangsa katak, ular atau burung lain. Selain itu burung hantu ini sering memanfaatkan sarang burung pelatuk yang dijadikan sebagai sarangnya.

Baca Juga: 5 Burung Unik yang Hanya Terdapat di Hutan Amazon

Brahm Photo Community Writer Brahm

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 05:15:05

Progress: 765.196 dari 813.350 TPS (94.07955%)

Just For You