Comscore Tracker

5 Hewan Endemik di Pulau Hispaniola yang Wajib Kamu Ketahui

Hewannya unik-unik banget

Pulau Hispaniola terletak di antara Karibia yang terbagi menjadi dua negara dengan kultur yang berbeda, yakni Republik Dominika dan Haiti. Hal tersebut dikarenakan kedua negara ini dijajah oleh dua negara berbeda, di mana Haiti dikuasai oleh Prancis, sedangkan Republik Dominika menjadi jajahan Spanyol.

Meskipun memiliki kultur dan kondisi ekonomi yang berbeda jauh, kondisi alam di dua negara ini memiliki kesamaan dengan iklim tropis, serta mempunyai hutan yang masih cukup alami. 

Sama halnya dengan Pulau Kuba yang terletak persis di sebelah barat, Pulau Hispaniola ini juga menyimpan berbagai keanekaragaman hayati yang menarik dan hanya terdapat di pulau ini.

Buat kalian yang ingin tahu lagi, yuk ikuti ulasan mengenai binatang endemik Pulau Hispaniola berikut ini.

1. Hispaniolan Solenodon

5 Hewan Endemik di Pulau Hispaniola yang Wajib Kamu Ketahuinewsweek.com

Hispaniolan Solenodon termasuk dalam hewan purba yang masih hidup hingga saat ini, atau disebut sebagai fosil hidup. Mamalia ini hanya dapat ditemukan di Pulau Hispaniola, di Haiti ataupun Republik Dominika.Binatang bernama latin Solenodon paradoxus pertama kali ditemukan oleh Johann Friedrich von Brandt pada tahun 1833.

Menurut wikipedia sebelumnya juga terdapat Marcano's solenodon yang berukuran leboh kecil serta menjadi hewan endemik pulau ini, tapi sejak kolonisasi Bangsa Eropa di Hispaniola, binatang ini menjadi terdesak hingga punah. Sedangkan Hispaniolan solenodon masuk dalam klasifikasi endangered atau dalam bahaya. 

Ukuran Hispaniolan solenodon mampu mencapai panjang antara 49-72 cm dan mempunyai berat hingga 800 gram. Sementara warnanya berupa coklat tua hingga kemerahan. Binatang pengerat ini dapat ditemukan pada area utara dan selatan Pulau Hispaniola.

2. Hispaniolan Trogon

5 Hewan Endemik di Pulau Hispaniola yang Wajib Kamu Ketahuihbw.com

Hispaniolan Trogon merupakan jenis burung yang masuk dalam keluarga Trogonidae, yang hanya dapat ditemui di Pulau Hispaniola. Selain itu burung ini menjadi burung nasional Haiti dan termasuk salah satu dari dua burung Trogon yang ada di Karibia. Habitat burung ini ada di hutan tropis, maupun hutan subtropis yang ada di berbagai area Pulau Hispaniola.

Sementara makanan burung ini umumnya serangga, namun juga memungkinkan untuk memakan vertebrata kecil dan buah-buahan.

Baca Juga: 7 Hewan Tidak Biasa yang Dapat Kamu Jumpai di Jepang, Unik-unik lho!

3. Hispaniola Brown Racer

5 Hewan Endemik di Pulau Hispaniola yang Wajib Kamu Ketahuihaititrust.org

Selanjutnya terdapat Hispaniola Brown Racer yang merupakan jenis ular asli dari Pulau Hispaniola. Ular ini memiliki bentuk fisik berwarna cokelat serta tidak memiliki bisa, karena termasuk salah satu keluarga ular Boa sebagaimana dilansir Restavekfreedom.org.

Ular bernama latin Haitiophis anomalus ini menjadi bisnis besar di Haiti, yang mana banyak diperjualbelikan karena warnanya yang eksotis dan menarik perhatian.

4. Hispaniolan hutia

5 Hewan Endemik di Pulau Hispaniola yang Wajib Kamu Ketahuiinaturalist.org

Hispaniolan hutia adalah jenis hutia yang asli dari Pulau Hispaniola serta menjadi salah satu binatang genus Plagiodontia yang masih eksis. Panjang tubuh hewan ini mencapai 312 mm, dengan ekornya sepanjang 153 mm.

Hispaniolan hutia memiliki habitat di hutan serta berhabitat pada area dengan ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut. Status konservasi binatang bernama latin Plagiodontia aedium ini termasuk dalam bahaya, diakibatkan oleh adanya kerusakan lingkungan.

5. Hispaniolan giant tree frog

5 Hewan Endemik di Pulau Hispaniola yang Wajib Kamu Ketahuiflickr.com/cdesoto/

Terakhir ada Hispaniolan giant tree frog merupakan spesies katak pohon yang asli dari Pulau Hispaniola. Katak ini tersebar di berbagai area di pulau ini, termasuk Haiti dan Republik Dominika.

Habitat katak ini juga terdapat di perkebunan, seperti cokelat dan kopi, namun ketika bertelur katak ini berada di air mengalir. Spesies amfibi ini masuk kriteria vulnerable atau terancam akibat dari kerusakan habitat berkurangnya aliran air serta deforestasi.

Itulah hewan-hewan unik di Pulau Hispaniola. Apakah kamu pernah menemukannya di tempat lain?

Baca Juga: 7 Hewan Pengerat Liar yang Imut dan Gemas Banget, Mau Pelihara?

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya