Comscore Tracker

Mengenal Rumus Skala dan Contoh Perhitungannya 

Ada 3 jenis skala

Masih ingat salah satu pelajaran matematika yang membahas tentang skala? Apakah ada yang masih menguasai? Atau mungkin ada yang mengaplikasikannya dalam pekerjaan atau kegiatan saat ini? Atau malah sudah lupa sama sekali? 

Umumnya, skala dapat dijumpai dalam peta atau denah maupun globe dunia. Skala inilah yang menjadi petunjuk bagi pengguna peta, denah atau globe dunia dalam mengetahui perbandingan antara jarak di peta dan jarak sebenarnya. Kalau begitu, mari kita simak bersama ulasan lengkap tentang rumus skala mulai dari pengertian, faktor, jenis, sampai contoh perhitungannya berikut ini.

1. Pengertian skala

Mengenal Rumus Skala dan Contoh Perhitungannya ilustrasi globe (emigrate2.co.uk)

Skala merupakan sebuah perbandingan antara jarak yang tertera pada gambar dengan jarak asli di kenyataannya. Umumnya skala ini biasa ditemukan pada peta atau globe, yang mana menggambarkan jarak asli dari gambaran peta yang tersedia.

Sebuah peta ataupun denah akan digambarkan dengan memakai skala tertentu supaya dapat mewakili kondisi sesungguhnya. Skala yang tertera ini adalah sebuah perbandingan alias rasio yang terjadi antara jarak di kertas dengan jarak sebenarnya yang ada di permukaan bumi dengan menggunakan satuan yang sama.

Skala yang ada dalam peta ataupun globe pasti mengalami pengecilan. Artinya, ukuran dari gambar tersebut lebih kecil ketimbang ukuran sebenarnya, alias dapat disebut dengan faktor skala. 

2. Faktor skala

Mengenal Rumus Skala dan Contoh Perhitungannya archdaily.com

Untuk faktor dari skala terbagi menjadi dua, yakni:

  • Faktor Pembesaran, yakni jika faktor skala k atau k : 1 dengan K > 1
  • Faktor Pengecilan, yakni jika faktor skala k atau 1 : k dengan 0 < k < 1

Lebih mudahnya, faktor pembesaran merupakan perbandingan antara ukuran hasil pembesaran dan ukuran benda aslinya. Sedangkan faktor pengecilan sendiri merupakan perbandingan ukuran benda yang dikecilkan dengan ukuran benda aslinya

Baca Juga: Rumus Kecepatan Rata-rata, Jarak, Waktu, dan Contoh Soal

3. Jenis skala

Mengenal Rumus Skala dan Contoh Perhitungannya Skala Garis (portalkelas.com)

Skala juga memiliki beberapa jenis, yakni skala angka, skala verbal, dan juga skala garis. Berikut penjelasannya:

  • Skala verbal

Skala verbal merupakan skala yang dinyatakan dengan kalimat atau verbal. Skala pada peta umumnya tidak menggunakan satuan pengukuran metrik. Contohnya adalah peta-peta di Inggris ang mengatakan 1 inci = 5 mil. Jenis skala tersebut secara umum digunakan oleh masyrakat Eropa.

  • Skala garis

Skala garis atau disebut juga dengan skala grafis ini ditampilkan dengan garis lurus yang dibagi menjadi beberapa ruas. Ruas ini menunjukkan adanya satuan panjang yang sama. 

Contohnya:

0_2_4_6_8_10 km

0_1_2_3_4_5 cm

Cara membaca skala ini yaitu, setiap 1 cm pada peta mewakili 2 km di lapangan. Hal ini di dapat dari membagi penyebut kilometer terakhir (10 km) dengan penyebut centimeter terakhir (5 km). Hasil tersebut menghasikan jarak 2 km.

  • Skala angka

Skala angka merupakan skala yang sering kita lihat. Skala ini membandingkan jarak di peta dengan jarak yang sebenarnya. Contohnya adalah 1:500.000. Skala tersebut dibaca setiap 1 cm pada peta, mewakili 500.000 pada ukuran sebenarnya. 

4. Rumus skala

Mengenal Rumus Skala dan Contoh Perhitungannya Rumus skala (idschool.net)

Tak sampai di situ saja, terdapat ketentuan dimana satuan pada skala wajib sama. Berikut ini rumus untuk membantu menentukan skala, jarak sebenarnya, dan juga jarak pada peta: 

  • Rumus Skala = ukuran di peta / ukuran sebenarnya
  • Rumus Jarak sebenarnya = ukuran di peta / skala
  • Rumus Jarak di peta = jarak sebenarnya x skala.

5. Contoh perhitungan

Mengenal Rumus Skala dan Contoh Perhitungannya unsplash.com/ lilartsy

Agar lebih memahaminya, berikut ini contoh perhitungan skala. Yuk, disimak!

  • Contoh Perhitungan 1

Terdapat jarak di antara Kota Jakarta dan Kota Bogor ialah mencapai 150 km, jika jarak yang ditentukan memcapai 5 cm, maka hitunglah skalanya!

Jawab:

Jarak sebenarnya = 150 k = 15.000.000 cm

Jarak di peta = 5 cm

Skala = 5 : 15.000.000 (kemudian sederhanakan dengan cara membagi kedua sisi dengan angka 5) = 1 : 3.000.000 (inilah skala yang seharusnya anda tuliskan pada peta Jakarta Bogor milik anda)

  • Contoh Perhitungan 2

Terdapat jarak antara Kota Semarang dan Kota Jogja di peta sepanjang 4 cm. jika skala yang tertulis di peta tersebut menunjukkan angka 1 : 500.000, maka hitunglah jarak sebenarnya dari kota Semarang dan Kota Jogja tersebut!

Jawab:

Jarak di peta = 4 cm

Skala = 1 : 500.000

Jarak sebenarnya = Jarak di peta dibagi dengan skala

= 4 : 1 / 500.000

= 4 x 500.000 / 1 = 2.000.000 cm = 20 km (inilah jarak sebenarnya dari Kota Semarang ke Kota Jogja sesuai dengan peta yang ada di soal)

  • Contoh Perhitungan 3

Terdapat jarak antara Kota Tegal dan Kota Pekalongan yang sebenarnya adalah 15 km, kemudian Maharani mendapat tugas untuk menggambar peta dari Kota Tegal ke Kota Pekalongan dengan menggunakan skala 1 : 500.000, lalu berapa jarak antara Kota Tegal dan Kota Pekalongan yang digambarkan dalam peta buatan Maharani?

Jawab:

Jarak sebenarnya: 15 km = 1.500.000 cm

Skala = 1 ; 500.000

Jarak di peta = Jarak sebenarnya dibagi dengan skala

= 1.500.000 x 1 / 500.000

= 3 cm (inilah jarak antara Kota Tegal dan Kota Pekalongan yang akan tergambarkan di peta buatan Maharani) 

Itulah tadi pembahasan lengkap tentang rumus skala yang terdapat di peta atau denah maupun globe dunia. Mulai dari pengertian, faktor, jenis, sampai ke contoh perhitungannya.

Baca Juga: Rumus Lingkaran: Luas, Keliling, Diameter dan Contoh Soal

Topic:

  • Cynthia Nanda Irawan
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya