Comscore Tracker

10 Fakta Penguin yang Wajib Kamu Tahu

Kira-kira mereka bisa dibohongin gak yaa? Hmmm.....

Lucu dan memiliki cara berjalan unik, burung penguin menjadi salah satu hewan favorit banyak orang. Burung yang sebagian besar hidup di wilayah kutub ini menjadi semakin populer setelah perilisan film Happy Feet, Surf's Up, dan Penguins of Madagascar. Setiap tanggal 25 April, masyarakat dunia merayakan hari penguin dunia. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran akan keberlangsungan hidup burung menggemaskan ini.

Untuk ikut merayakan hari penguin dunia, berikut 10 fakta penguin yang wajib kamu tahu, dan dijamin akan membuatmu sayang pada mereka!

1. Spesies penguin terbesar bisa mencapai tinggi 1,2 meter

10 Fakta Penguin yang Wajib Kamu TahuLongroom.com

Penguin Kaisar merupakan spesies penguin terbesar dengan tinggi mencapai 122 cm dan berat antara 22-45 kg. Mereka termasuk hewan endemik Antartika atau kutub selatan. Sementara itu, spesies penguin terkecil adalah Little Blue Penguin atau penguin biru kecil. Mereka memiliki tinggi rata-rata 40 cm.

Penguin zaman prasejarah bisa memiliki ukuran jauh lebih besar. Dari fosil yang pernah ditemukan, mereka bisa setinggi dan seberat orang dewasa, lho.

2. Pola warna bulu mereka untuk kamuflase

10 Fakta Penguin yang Wajib Kamu TahuUnsplash/gaspanik

Tak hanya ikonik, pola warna hitam putih pada bulu penguin memiliki kegunaan. Warna hitam atau gelap membuat mereka tampak menyatu dengan gelapnya air laut bila dilihat dari udara, sementara warna putih atau terang sesuai dengan permukaan laut yang terlihat terang dari area kedalaman.

Pola warna ini membuat mereka terhindar dari serangan predator seperti anjing laut, singa laut, paus, dan hiu. Hal ini juga memudahkan mereka menangkap mangsa seperti ikan, cumi-cumi, kepiting, udang, dan lain-lain.

3. Mereka tidak takut pada manusia

10 Fakta Penguin yang Wajib Kamu TahuPixabay/derdento-8324

Kalau suatu hari kamu berkunjung ke Antartika, jangan terkejut kalau penguin tidak takut padamu. Ini dikarenakan tidak adanya predator yang mengancam di daratan. Predator penguin kebanyakan berada di dalam laut. Jadi, mereka santai-santai saja dengan manusia, bahkan penasaran!

4. Mengandalkan suara untuk saling menemukan di antara koloni

10 Fakta Penguin yang Wajib Kamu TahuUnsplash/markk92

Penguin memiliki pendengaran yang terbilang rata-rata untuk burung. Pada beberapa spesies yang tidak memiliki sarang tetap, mereka mengandalkan suara untuk saling menemukan di antara gerombolan. Induk dan anak, maupun pasangan penguin akan mengeluarkan suara unik supaya mudah saling menemukan.

5. Semakin gembul, semakin mudah mendapatkan pasangan

10 Fakta Penguin yang Wajib Kamu TahuUnsplash/teodor

Pada beberapa spesies penguin, biasanya pejantan bertugas mengerami telur sementara betina pergi berburu. Oleh karena itu, pejantan yang memiliki cukup persediaan lemak dalam tubuh untuk melewati minggu-minggu tanpa makan adalah yang paling dicari para betina. Semakin gembul pejantan, semakin mereka disukai betina.

Baca Juga: Kenapa Penguin Tahan Udara Dingin Kutub? Ini 7 Faktanya Menurut Sains!

6. Kamu tidak akan menemukan penguin di Arktik

10 Fakta Penguin yang Wajib Kamu TahuUnsplash/ghost_cat

Sebagian besar spesies penguin ditemukan dan menjadi hewan endemik kutub selatan atau Antartika. Selain itu, ada satu spesies penguin bernama penguin Galapagos yang hidup di dekat garis khatulistiwa. Namun, kamu tidak akan menemukan penguin di kutub utara atau Arktik.

7. Mereka juga minum air laut

10 Fakta Penguin yang Wajib Kamu TahuUnsplash/maciekvid

Ketika haus, penguin biasanya minum air lelehan es yang membentuk kolam atau dari aliran air. namun, karena menghabiskan sekitar 75-80 persen hidupnya di lautan, penguin beradapatasi untuk minum air laut juga. Kelenjar supraorbital yang terletak di atas mata akan menghilangkan kelebihan garam di aliran darah. Kelebihan garam akan keluar melalui saluran hidung dan paruh dengan cara bersin.

8. Kelainan Isabelline membuat beberapa penguin dijauhi sesamanya

10 Fakta Penguin yang Wajib Kamu TahuWikipedia.org

Sekitar 50.000 ekor penguin dari berbagai spesies terlahir dengan bulu cokelat terang atau krem pada pola bulu yang seharusnya hitam. Kondisi ini disebut sebagai isabellinism. Penguin Isabelline cenderung hidup lebih singkat dari penguin normal karena mereka tidak bisa berkamuflase dengan baik dan sering sulit mendapatkan pasangan.

9. Mereka bergerombol untuk menghangatkan diri dan mengobrol

10 Fakta Penguin yang Wajib Kamu TahuUnsplash/htn_films

Penguin Kaisar biasanya saling bergerombol untuk menghangatkan diri di suhu minus derajat Celcius. Ketika beberapa penguin yang ada di tengah gerombolan merasa 'kepanasan', mereka akan keluar dan bergantian dengan yang ada di luar.

Hidup di koloni juga membuat penguin memiliki tingkat interaksi sosial dengan sesamanya yang terbilang tinggi. Tak jarang mereka terlibat konflik, dan penguin lain biasanya akan melerai.

10. Mereka suka berselancar di atas es dengan perut

10 Fakta Penguin yang Wajib Kamu TahuTennesseeaquarium.blogspot.com

Kamu pasti mengenal cara berjalan penguin yang menggemaskan. Namun, penguin ternyata lebih senang berselancar di atas perut mereka untuk masalah efisiensi dan lebih menghemat energi. Biasanya mereka juga memiliki jalur khusus yang sering mereka ambil untuk masuk ke dalam laut, sehingga membentuk seperti jalanan atau gang di antara tumpukan salju.

Itu tadi adalah 10 fakta penguin untuk merayakan hari penguin dunia. Apakah penguin hewan favoritmu? Jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan dan mengurangi emisi karbon dioksida, karena perubahan iklim menjadi salah satu ancaman terbesar bagi populasi penguin di kutub selatan.

Selamat hari penguin dunia!

Baca Juga: Tak Perlu ke Kutub, Kamu Bisa Lihat Ratusan Penguin di 5 Tempat Ini!

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

"And the servants of the Most Merciful are those who walk upon the earth gently, and when the ignorant address them [harshly], they say [words of] peace," Quran (25:63)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Just For You