Comscore Tracker

Menakjubkan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Salju yang Perlu Kamu Tahu

Turunnya salju adalah saat paling indah di musim dingin

Sebagai penduduk yang hidup di negara dengan dua musim, melihat salju tentu menjadi sesuatu yang langka buatmu. Meski begitu, kamu tetap perlu tahu tentang hal-hal menarik seputar salju yang bakal bikin kamu takjub. Mau tahu apa saja? Simak uraiannya berikut.

1. Warna salju sebenarnya bukan putih, melainkan bening atau transparan seperti air

Menakjubkan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Salju yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Aaron Burden

Jika selama ini kamu menyangka warna salju yang kamu lihat di film atau foto di Instagram adalah putih, kamu salah. Warna sebenarnya dari salju adalah bening alias transparan.

Benda yang bersifat transparan gak mudah ditembus cahaya, sehingga cahayanya memantul. Pantulan cahaya yang gak terserap di dalam salju terpantulkan ke berbagai arah lagi. Itulah kenapa salju terlihat berwarna putih.

Salju juga bisa terlihat kebiruan lho. Ini disebabkan lapisan salju yang dalam dan tebal bisa menyaring cahaya dan menyerap gelombang cahaya warna merah. Akibatnya warna birunya terpantulkan.

2. Saat salju turun, suhu cenderung gak terlalu dingin

Menakjubkan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Salju yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Emanuel Hahn

Suhu udara justru menjadi lebih dingin setelah salju selesai turun. Suhu akan terus menurun disebabkan oleh dingin dari tumpukan salju dan angin yang bertiup.

Baca Juga: 10 Potret Unik Dieng Saat Bersalju, Serasa Musim Dingin di Eropa

3. Setidaknya salju telah menyelimuti 12 persen luas permukaan bumi

Menakjubkan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Salju yang Perlu Kamu Tahupexels.com/Flo Maderebner

Permukaan bumi yang tertutup salju adalah sebesar 12 persen dari luas keseluruhan atau setara dengan 21 juta kilometer persegi. Cadangan air segar yang dimiliki bumi sebagian besar beku menjadi es.

4. Bentuk salju banyak macamnya, namun semua partikel salju memiliki enam sisi yang sama besar

Menakjubkan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Salju yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Kacper Szczechla

Salju gak hanya berbentuk kepingan salju saja lho, namun ada juga yang berasal dari hujan salju dan butiran salju. Hujan salju merupakan tetesan hujan yang membeku menjadi es yang transparan. Sedangkan butiran salju adalah partikel es yang terbentuk di atmosfer yang membentuk sebuah gumpalan salju yang lembut.

Meski punya bentuk yang beragam, partikel salju selalu memiliki enam sisi yang sama besar. Ini disebabkan oleh molekul hidrogen dan oksigen dalam kristal es bergabung bersama untuk membentuk struktur heksagonal setiap waktu.

5. Pernah ditemukan kepingan salju terbesar dengan ukuran sampai 15 inci

Menakjubkan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Salju yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Aaron Burden

Menurut para ahli, kepingan salju umumnya berukuran kurang dari 1,5 inci. Namun, pada tahun 1887 seorang peternak di Fort Keogh, Montana menyatakan menemukan kepingan salju dengan lebar 15 inci dan tebal 8 inci. Temuannya tersebut tercatat dalam Guinness Book of World Records sebagai kepingan salju terbesar di dunia.

6. Tumpukan salju yang sering diinjak akan memadat dan menjadi es yang permukaannya sangat licin

Menakjubkan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Salju yang Perlu Kamu Tahupexels.com/Chris Peeters

Itulah mengapa negara yang mengalami musim salju kerap membersihkan salju yang menumpuk di jalan-jalan raya. Tujuannya agar gak banyak orang dan kendaraan yang tergelincir karena salju yang memadat dan menjadi licin. Mereka memanfaatkan garam dan kalsium klorida untuk menurunkan titik beku salju agar lekas mencair.

7. Badai salju yang turun dalam jangka waktu lama memiliki kekuatan setara dengan 120 bom atom

Menakjubkan, Ini 7 Fakta Menarik Tentang Salju yang Perlu Kamu Tahuunsplash.com/Craig Whitehead

Bila badai salju datang dengan begitu besar dalam jangka waktu yang lama, maka dapat menyebabkan 40 juta ton salju turun. Angka tersebut setara dengan kekuatan 120 bom atom lho. Wah, mengerikan ya.

Di balik butirannya yang cantik, salju rupanya menyimpan keunikan dan fakta yang menarik. Kamu yang berminat melihat salju, bisa berkunjung ke negara-negara di belahan bumi utara awal tahun ini hingga bulan Maret. Mau?

Baca Juga: Yang Perlu Kamu Siapkan Saat Menikmati Liburan Salju di Musim Dingin

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You