Comscore Tracker

8 Spesies Burung Nuri Paling Cantik dan Cerdas, Sungguh Bikin Takjub

Seandainya boleh dipelihara, kamu pilih yang mana?

Salah satu burung yang paling atraktif di dunia adalah burung nuri. Burung nuri berasal dari ordo Psittaciformes dan terdiri dari 393 spesies yang tersebar di wilayah tropis dan subtropis. Burung ini dikenal berkat keindahan warna dan kecerdasannya.

Dari sekian banyak spesies burung nuri, delapan spesies ini adalah yang paling cantik dan cerdas. Ketahui lebih lanjut, yuk!

1. Nuri bayan

8 Spesies Burung Nuri Paling Cantik dan Cerdas, Sungguh Bikin Takjubmedium.com/@GrrlScientist

Burung dengan nama latin Eclectus roratus ini berasal dari Kepulauan Solomon, Nugini, Sumba, Maluku serta Australia bagian timur laut. Spesies ini dimorfik seksual, artinya ada perbedaan mencolok antara burung betina dan jantan, jelas laman The Spruce Pets.

Burung betina berwarna merah dengan aksen kebiruan-ungu dan pejantan berwarna hijau cerah. Jika dipelihara dengan baik, burung nuri bayan bisa hidup hingga usia 50 tahun. Bagaimana sifatnya?

Nuri bayan dikenal cerdas, ramah pada manusia, suka bersosialisasi, berkarakter tenang, lembut dan penuh kasih sayang. Tetapi, burung ini cenderung sensitif dan cepat stres jika diabaikan.

2. Nuri Amazon berleher kuning

8 Spesies Burung Nuri Paling Cantik dan Cerdas, Sungguh Bikin Takjubpetguide.com

Mari beranjak ke nuri Amazon berleher kuning (Amazona ochrocephala parvipes). Burung ini cerdas dan sangat suka menjadi pusat perhatian. Menurut laman The Spruce Pets, burung ini cenderung membentuk ikatan yang sangat dekat dengan pemiliknya.

Namun, burung ini bisa menjadi agresif pada saat-saat tertentu. Tepatnya, saat nuri ini mendekati kematangan seksual dan mengalami lonjakan hormon, antara usia 4 bulan hingga 1 tahun.

Pada periode ini, burung ini mungkin akan menggigit dan tidak disarankan berdekatan dengan anak kecil. Biasanya, burung jantan akan lebih agresif dari betina.

3. Kakatua putih

8 Spesies Burung Nuri Paling Cantik dan Cerdas, Sungguh Bikin Takjubthealexandriazoo.com

Kakatua berasal dari ordo Psittaciformes, sama seperti burung nuri lain. Salah satu spesiesnya, kakatua putih (Cacatua alba) adalah yang paling pintar melakukan trik dan mudah dilatih, terang laman The Spruce Pets. Tak heran, burung ini sering dilibatkan dalam sirkus.

Burung ini jinak, jarang agresif, suka bersosialisasi dan membentuk ikatan kuat dengan pemiliknya. Selain itu, kakatua putih juga suka diperhatikan dan pengabaian akan membuat mereka stres.

Kakatua putih termasuk setia dengan pasangannya dan akan depresi bila dipisahkan. Dan burung ini akan mengeluarkan suara memekik keras apabila merasa antusias atau merasa tidak senang.

4. Beo Afrika abu-abu

8 Spesies Burung Nuri Paling Cantik dan Cerdas, Sungguh Bikin Takjubzmescience.com

Apa yang membuat beo Afrika abu-abu (Psittacus erithacus) terkenal? Burung ini mempunyai bakat luar biasa dalam meniru kata dan frasa secara akurat, tutur laman The Spruce Pets. Selain itu, burung ini juga bisa memahami ucapan manusia. Hmmm, cerdas sekali, ya?

Bahkan, burung ini dinobatkan sebagai yang paling cerdas di antara spesies nuri yang lain. Tidak hanya menirukan suara manusia, ia juga bisa menirukan suara telepon, lonceng, dan alarm kebakaran.

Jika dirawat dengan benar, burung ini akan tumbuh menjadi ramah, manis dan penuh kasih sayang pada pemiliknya. Tetapi, jika diabaikan, ia akan marah atau memekik untuk menunjukkan ketidakpuasannya.

Baca Juga: Miris! 16 Jenis Burung Bangkai ini Terancam Punah akibat Ulah Manusia

5. Macaw biru emas

8 Spesies Burung Nuri Paling Cantik dan Cerdas, Sungguh Bikin Takjubpetyak.com

Burung nuri dengan nama ilmiah Ara ararauna ini memiliki tampilan yang menawan. Bulunya berwarna biru dan emas dengan mata yang selalu terlihat penasaran. Sifatnya cerdas, manis, ramah pada manusia, punya kemampuan berbicara yang baik dan memiliki kemauan belajar yang tinggi, ujar laman The Spruce Pets.

Berkat kecerdasannya, burung ini sanggup mempelajari hingga 20 kata atau frasa. Melatihnya tidak sulit, asalkan konsisten dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Akan tetapi, burung ini cenderung berisik dan mengeluarkan suara memekakkan.

6. Macaw hyacinth

8 Spesies Burung Nuri Paling Cantik dan Cerdas, Sungguh Bikin Takjubpetguide.com

Melihat tatapan matanya yang penuh rasa ingin tahu, mungkin kamu akan langsung jatuh hati. Si cantik dengan warna bulu biru kobalt ini termasuk yang paling langka dan terancam punah. Anodorhynchus hyacinthinus memiliki sifat lembut, cerdas, mudah dilatih dan cenderung terikat kuat dengan pengasuhnya.

Macaw hyacinth punya beragam warna suara. Mulai dari geraman, dengkuran, melengking keras hingga pekikan tinggi, tutur laman The Spruce Pets. Memelihara burung ini butuh komitmen tinggi karena mereka suka diperhatikan dan tidak suka diabaikan.

7. Kakatua jambul belerang

8 Spesies Burung Nuri Paling Cantik dan Cerdas, Sungguh Bikin Takjubpetguide.com

Kakatua jambul belerang (Cacatua galerita) tak kalah cerdas dari kakatua putih. Ukurannya besar, aktif, pintar, tetapi sangat berisik. Hewan ini tidak direkomendasikan dipelihara oleh pemula, sebab butuh komitmen tinggi dan tidak bisa ditelantarkan, jelas laman The Spruce Pets.

Jika tidak dirawat dengan benar, ia akan menunjukkan kebiasaan destruktif, menyakiti diri sendiri dan melampiaskan stres dengan memekik keras. For your information, burung ini mempunyai kecerdasan setara dengan anak manusia berusia 1-2 tahun. Kakatua ini pun mudah dilatih dan suka bersosialisasi.

8. Macaw scarlet

8 Spesies Burung Nuri Paling Cantik dan Cerdas, Sungguh Bikin Takjubbarebonestours.com

Terakhir, ada macaw scarlet (Ara macao) yang dinobatkan sebagai burung nuri paling cantik dan berwarna. Burung ini cerdas, penuh energi, penyayang dan mudah dilatih. Burung ini harus dilatih, diberi perhatian dan dibiarkan bersosialisasi, jika tidak, ia bisa menjadi agresif dan destruktif.

Di alam liar, macaw scarlet hidup dalam kawanan kecil. Sehingga, jangan dibiarkan sendirian apabila ditangkarkan. Kecerdasan burung ini terlihat saat mempelajari trik dan bisa menghapal hingga 5-10 kosakata, terang laman The Spruce Pets.

Nah, itulah 8 spesies burung nuri paling cantik dan cerdas. Mana yang paling kamu kagumi?

Baca Juga: 10 Burung yang Terbang dengan Kecepatan Tinggi, Ngebut di Angkasa

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya