Comscore Tracker

7 Fakta Unik Simpanse, Spesies yang Paling Mendekati Manusia

Hewan yang katanya paling mirip manusia, benarkah?

Dalam jutaan spesies yang ada di dunia ini, tahukah kamu bahwa simpanse adalah spesies yang paling mirip dengan manusia? 

Faktanya, kita berbagi DNA yang besar porsinya dengan simpanse. Dan seperti kita juga, mereka juga menggunakan alat-alat untuk mencapai tujuan mereka. Selain itu mereka juga membentuk kelompok sosial.

Untuk lebih lengkapnya, simak 7 fakta tentang simpanse berikut!

1. Paling banyak bukan berada di Indonesia

7 Fakta Unik Simpanse, Spesies yang Paling Mendekati Manusiadiscovermagazine.com

Memang, simpanse adalah salah satu jenis kera besar di planet kita, seperti gorila dan orangutan. Mereka memiliki lengan panjang hingga lutut, kaki pendek, dan rambut hitam di sekujur tubuhnya. 

Tetapi simpanse hidup di hutan tropis dan sabana hutan di Afrika Barat dan Tengah. Walaupun populasinya terpecah-pecah, kelompok simpanse terbesar ditemukan di Gabon, Kongo dan Kamerun. 

2. Berbagi DNA yang sama dengan manusia

7 Fakta Unik Simpanse, Spesies yang Paling Mendekati Manusiameetinnovators.com

Ya, inilah mengapa simpanse mirip dengan manusia. Simpanse berbagi 95-98 persen DNA-nya dengan manusia. 

Dari DNA ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, seperti manusia, mereka juga dapat menampilkan ekspresi wajah, memiliki jari-jari besar, dan tangan yang dapat menggenggam. Simpanse juga dapat tertawa ketika bermain, dapat berpelukan ketika menunjukkan kasih sayang, dan dapat berjalan dengan tegak.

3. Membentuk kelompok sosial

7 Fakta Unik Simpanse, Spesies yang Paling Mendekati Manusialivescience.com

Di alam liar, simpanse hidup dalam komunitas yang terdiri dari 15 hingga 80 anggota yang dipimpin oleh seekor simpanse pejantan-alfa (alpha-male) yang dominan. 

Di dalam komunitas ini, mereka tidur, melakukan perjalanan, dan memberi makan pada sub-kelompok yang lebih kecil berukuran 10 anggota. Namun sub-kelompok ini fleksibel, di mana anggotanya dapat berganti dengan cepat dan rutin. 

4. Primata paling cerdas setelah manusia

7 Fakta Unik Simpanse, Spesies yang Paling Mendekati Manusiapantophile.com

Dalam kingdom animalia, terdapat kelompok primata yang terdiri dari manusia, termasuk kera dan monyet. 

Di kelompok tersebut, simpanse adalah primata paling cerdas setelah manusia. Mereka dapat berkomunikasi dengan cara-cara yang mengesankan. 

Contohnya, para simpanse dapat berbicara satu sama lain menggunakan gerakan yang berbeda, ekspresi dan tinggi-rendah vokal, serta teriakan, dengusan, dan jeritan. 

5. Ahli merawat

7 Fakta Unik Simpanse, Spesies yang Paling Mendekati Manusiacolumbian.com

Nyatanya, simpanse adalah perawat yang ahli dan memiliki kepedulian satu sama lain. Simpanse dapat menghabiskan banyak waktu mereka untuk menyisir, menghilangkan kotoran, parasit, dan kulit mati masing-masing simpanse lainnya. 

Bagi mereka, dengan kegiatan merawat seperti itu, mereka dapat menjalin hubungan sosial yang lebih erat. Merawat simpanse lain juga dapat membangun persahabatan baru.

6. Menggunakan alat untuk membantu mencapai tujuan

7 Fakta Unik Simpanse, Spesies yang Paling Mendekati Manusiadiscovermagazine.com

Kera besar ini merupakan salah satu dari sedikit hewan yang menggunakan alat sebagai medium untuk mencapai tujuannya. 

Simpanse dikenal dapat memecahkan kacang-kacangan menggunakan batu, menangkap serangga dari sarang menggunakan tongkat, dan berlindung dari hujan menggunakan daun.

Mengesankan bukan? 

7. Bayi tua

7 Fakta Unik Simpanse, Spesies yang Paling Mendekati ManusiaTime

Mengapa bayi tua? Simpanse betina umumnya melahirkan satu anak simpanse (terkadang kembar) setiap lima hingga enam tahun sekali. Selama enam bulan pertama, bayi simpanse akan menempel pada bulu di perut induknya dan kemudian naik ke punggung induknya sampai usia dua tahun. 

Kemudian, si anak simpanse akan menghabiskan tujuh sampai sepuluh tahun ke depan di sisi ibunya untuk belajar bagaimana memperoleh makanan, menggunakan alat, dan membangun sarang untuk tidur. 

Baca Juga: 7 Fakta Unik DNA Manusia, Ternyata 96 Persen Mirip Simpanse

Noor Adha Satrio Photo Writer Noor Adha Satrio

Pekerja di bidang komunikasi. Gemar menikmati karya sinematik dan beragam jenis literatur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya