Comscore Tracker

Cowok Lebih Cepat Turunkan Berat Badan daripada Cewek, Ini Alasannya!

Kamu ngerasa gitu juga gak? Nah, baca dulu penjelasannya

Ladies, mungkin kalian menyadari fakta bahwa para pria cenderung lebih cepat kehilangan berat badan dan betapa tidak adilnya hal itu. Ada beberapa alasan tentang adanya perbedaan fisiologis yang memang di luar kendali kita semua.

Setelah mengetahui faktor-faktor perbedaan yang ternyata memang ada antara pria dan wanita di bawah ini, semoga kalian tetap menjalankan program penurunan berat badan cara kalian sendiri ya.

Karena, selalu membandingkan hasil dengan para pria, meskipun cara yang dilakukan sama, membuat kalian berpikir bahwa usaha kalian tidak ada kemajuan dan membuat kalian lebih mudah menyerah.

1. Pria memiliki lebih banyak otot

Cowok Lebih Cepat Turunkan Berat Badan daripada Cewek, Ini Alasannya!publicbroadcasting.net

Tubuh pria memiliki 10-15 persen lebih banyak otot dibandingkan dengan yang dimiliki wanita. Ini yang menyebabkan pria lebih mudah menurunkan berat badan karena semakin banyak otot yang dimiliki maka semakin banyak kalori dapat terbakar.

2. Kadar estrogen wanita lebih banyak

Cowok Lebih Cepat Turunkan Berat Badan daripada Cewek, Ini Alasannya!medicalnewstoday.com

Wanita memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi daripada pria. Kadar estrogen adalah hormon yang berfungsi untuk menjaga lemak di tubuh wanita. Hemat kata, 'lemari' lemak di tubuh wanita lebih besar dari pria.

3. Respon tubuh wanita lebih lambat ketika olahraga

Cowok Lebih Cepat Turunkan Berat Badan daripada Cewek, Ini Alasannya!completewellbeing.com

Menurut sebuah penelitian, tubuh pria merespon lebih cepat saat sedang berolahraga. Sedangkan bagi para wanita, ketika berolahraga tubuh mereka merespon lebih lambat, bahkan tak jarang tubuh wanita harus beralih dulu ke mode kelaparan atau kelelahan sebelum benar-benar dapat mencernakan work-out yang sedang dilakukan.

Baca Juga: Berat Badan Susah Turun? Jangan-jangan karena 7 Masalah Kesehatan Ini

4. Kapasitas paru-paru wanita lebih kecil

Cowok Lebih Cepat Turunkan Berat Badan daripada Cewek, Ini Alasannya!medicalnewstoday.com

Kapasitas paru-paru para wanita lebih kecil dibandingkan dengan pria. Sehingga, seringnya para wanita seakan harus melakukan usaha lebih keras walaupun melakukan olahraga yang sama dengan pria.

5. Distribusi lemak yang berbeda

Cowok Lebih Cepat Turunkan Berat Badan daripada Cewek, Ini Alasannya!medicalnewstoday.com

Kelebihan lemak pada pria biasanya tertimbun di perut bagian bawah. Sedangkan pada wanita, lemak berlebih biasanya menumpuk di pinggul dan pantat. Secara psikologis, hal ini membuat pria terlihat lebih mudah kehilangan berat badan, padahal kenyataannya mereka sedang tidak kehilangan berat badan sama sekali.

6. Wanita lebih baper terhadap makanan

Cowok Lebih Cepat Turunkan Berat Badan daripada Cewek, Ini Alasannya!health.com

Menurut studi para peneliti di Brookhaven National Laboratory, menyebutkan bahwa para pria jauh lebih baik mematikan hasratnya saat mencium aroma atau meihat penampilan suatu makanan. Sedangkan untuk wanita, jika sudah berurusan dengan makanan, bahkan mereka bisa bertindak layaknya perang dalam diri mereka sendiri terlebih dahulu. Dan tentunya hal itu butuh tenaga ekstra.

Mulai sekarang, berhenti membandingkan usaha-usaha menurunkan berat badan kalian dengan para pria ya, girls! Nyatanya memang udah beda dari sananya, sih.

Baca Juga: Ups, Ternyata Kafein Tidak Dapat Membantumu Menurunkan Berat Badan!

Topic:

  • Patricia Firscha
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You