9 Planet Ini Memiliki Julukan yang Sangat Ekstrim, Sudah Tahu?

Manusia akan meleleh jika berada di planet ini
Planet adalah benda langit yang mengorbit suatu bintang di luar angkasa. Terdapat jutaan, bahkan miliaran planet bertebaran di ruang hampa sana.

Para ilmuwan seperti tiada henti menemukan planet-planet yang unik dan menarik untuk diteliti. Karakteristik demi karakteristik telah ditilik sedekat mungkin agar menemukan jawaban pasti dari planet asing yang ditemui.

Penemuan-penemuan itu telah memberi informasi dan teka-teki yang beragam. Siapa sangka, banyak sekali planet-planet yang tak mudah untuk dipahami karena terkendala jarak dan waktu.

Namun, ada pula yang berhasil diulik lebih jauh karakteristiknya, seperti beberapa planet berikut yang memiliki julukan unik dan tak biasa setelah diteliti. Penasaran? Yuk, cari tahu di bawah ini.

1. TrES 2b, planet tergelap

9 Planet Ini Memiliki Julukan yang Sangat Ekstrim, Sudah Tahu?nasa.gov/tres2b

Planet ini ditemukan pada 21 Agustus 2006. Masuk kedalam urutan planet luar tata surya yang teridentifikasi sebagai planet paling gelap pada tahun 2011. Planet ini bagaikan bola gas raksasa yang komposisi massanya mirip dengan Jupiter.

Mengorbit bintang GSC 03549-02811. Jarak dari Bumi ke TrES 2b diperkirakan sejauh 718 tahun cahaya. Wah, ternyata cukup jauh, ya.

2. WASP 12b, planet terhancur

9 Planet Ini Memiliki Julukan yang Sangat Ekstrim, Sudah Tahu?nasa.gov/Bacon
WASP 12b adalah sebuah eksoplanet yang ditemukan dengan SuperWASP pada 1 April 2008. Eksentrisitas planet ini mirip dengan Jupiter. Pada tahun 2013, WASP 12b teridentifikasi memiliki kandungan air berdasarkan pengamatan teleskop Hubble.

Posisi planet ini sangat dekat dengan bintang induknya. Temperatur WASP 12b luar biasa panas pada satu bagian yang selalu menghadap bintang induknya.

Sebaliknya, temperatur akan luar biasa dingin pada bagian yang tak pernah menghadap bintang induknya. Tak hanya itu, akan selalu ada angin topan yang menyelimuti planet ini, mirip dengan Jupiter.

WASP 12b seperti sebuah planet yang menjadi santapan bintang induknya sendiri. Ilmuwan memperkirakan WASP 12b akan dilahap habis bintang induknya 10 juta tahun yang akan datang.

3. HD 189733b, planet hujan kaca

9 Planet Ini Memiliki Julukan yang Sangat Ekstrim, Sudah Tahu?nasa.gov/ESO

Bila dilihat dari jauh, planet ini terlihat sangat cantik dengan warna biru yang menawan. Namun, karakteristiknya tak secantik penampakannya. Warna biru yang dihasilkan bukan dari refleksi lautan seperti di Bumi, melainkan dari hujan kaca yang meleleh ke permukannya.

Planet ini memiliki siklus cuaca yang mematikan. Angin bertiup hingga sejauh 2 km perdetiknya. Jaraknya mencapai 63 tahun cahaya dari Bumi.