5 Fakta TOI-2180 b, Planet Baru yang Mirip Jupiter

Keberadaannya dikonfirmasi pada awal Januari 2022

Beberapa waktu lalu, NASA mengumumkan sebuah penemuan planet luar tata surya (eksoplanet) baru, yakni TOI-2180 b. Planet tersebut ditemukan oleh sekelompok ilmuwan lokal bersama para astronom dari Universitas California di Riverside (UCR).

Memiliki ukuran yang hampir sama dengan Jupiter, TOI-2180 b ternyata masih menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. Penasaran apa saja itu? Yuk, simak fakta-faktanya di bawah ini!

1. Ditemukan lewat metode transit

5 Fakta TOI-2180 b, Planet Baru yang Mirip Jupiterilustrasi planet yang berputar mengelilingi bintang induknya. (dok. NASA)

Sekelompok ilmuwan lokal dan astronom UCR menemukan TOI-2180 b lewat metode transit dengan bantuan satelit pemburu planet milik NASA, yakni Transiting Exoplanet Survey Satelite (TESS). Planet seukuran Jupiter tersebut terdeteksi TESS tatkala melewati bintang induknya.

Penemuan TOI-2180 b telah dipublikasi lewat jurnal ilmiah Astronomical Journal pada 13 Januari 2022 lalu. Pada waktu yang sama, studi tentang planet gas di luar tata surya ini juga dipresentasikan dalam American Astronomical Society Virtual Press.

2. Massanya tiga kali lebih besar dari Jupiter

5 Fakta TOI-2180 b, Planet Baru yang Mirip Jupitercitra planet Jupiter (dok. NASA)

Berdasarkan keterangan dari NASA, planet TOI-2180 b memiliki massa yang tiga kali lebih besar dari Jupiter. Meskipun begitu, diameter dari planet ini sama persis dengan planet kelima di tata surya tersebut.

Hal itu menunjukkan bahwa TOI-2180 b jauh lebih padat daripada Jupiter. Akan tetapi, para ilmuwan masih belum mengetahui secara detail komposisi dari planet yang jaraknya 379 tahun cahaya dari Bumi ini.

3. Suhunya jauh lebih hangat dari Jupiter

5 Fakta TOI-2180 b, Planet Baru yang Mirip JupiterIlustrasi planet luar tata surya yang ditemukan NASA. (dok. NASA)

Menurut data dari NASA, TOI-2180 b memiliki suhu yang lebih hangat dari Jupiter, yakni 76 derajat celsius. Para ilmuwan juga memastikan bahwa suhu tersebut jauh lebih hangat dari suhu Bumi dan Saturnus.

TOI-2180 b diketahui memiliki jarak sekiranya 379 tahun cahaya dari Bumi. Meskipun masih dalam tanda tanya, para ilmuwan percaya jika planet ini disusun oleh 105 kali elemen yang lebih besar dari hidrogen dan helium yang ada di Bumi.